Cara Praktis Mengaktifkan Windows Defender pada Windows 8 dan 10

Kapasitas yang dimiliki oleh program antivirus buatan Windows ini pun cukup ringan, jadi sangat cocok untuk digunakan pada laptop atau PC yang mempunyai spesifikasi yang rendah sekalipun. Program ini sebenarnya akan menyala secara otomatis, namun terkadang menajdi nonaktif jika pernah dimatikan. Lalu bagaimana sih caranya mengaktifkannya lagi? Yuk simak ulasan berikut ini!

0

Kebanyakan pengguna sistem operasi Windows ini masih kurang yaking dengan kemampuan dari Windows Defender ini. Hal ini bisa dilihat dari kebanyakan pengguna sistem operasi Windows ini biasanya menginstall dan menggunakan aplikasi antivirus lainnya, seperti Avira, Kaspersky, BitDefender atau Norton.  Sistem keamanan yang dimiliki oleh Windows Defender ini memang terhitung standar. Meskipun begitu, program ini cukup bisa diandalkan dan efektif dalam melindungi perangkatmu guys.

Windows Defender adalah program antivirus yang disediakan oleh Windows untuk para penggunanya. Namun kebanyakan pengguna sistem operasi Windows ini masih kurang yaking dengan kemampuan dari Windows Defender ini.

Hal ini bisa dilihat dari kebanyakan pengguna sistem operasi Windows ini biasanya menginstall dan menggunakan aplikasi antivirus lainnya, seperti Avira, Kaspersky, BitDefender atau Norton.  Sistem keamanan yang dimiliki oleh Windows Defender ini memang terhitung standar. Meskipun begitu, program ini cukup bisa diandalkan dan efektif dalam melindungi perangkatmu guys.

Kapasitas yang dimiliki oleh program antivirus buatan Windows ini pun cukup ringan, jadi sangat cocok untuk digunakan pada laptop atau PC yang mempunyai spesifikasi yang rendah sekalipun. Program ini sebenarnya akan menyala secara otomatis, namun terkadang menajdi nonaktif jika pernah dimatikan. Lalu bagaimana sih caranya mengaktifkannya lagi? Yuk simak ulasan berikut ini!

Cara mengaktifkan Windows Defender pada Windows 8

Cara mengaktifkan program antivirus besutan Windows ini sangat mudah dilakukan bagi kamu para pengguna Windows . berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah aplikasi Windows Defender dengan cara menekan tombol Windows pada keyboard dan ketikkan Windows Defender pada kolom pencarian. Klik ikon dari Windows Defender tersebut jika sudah muncul pada hasil pencarian.
  2. Klik tab setting, lalu pilihlah opsi Real-time protection pada panel sebelah kiri
  3. Centang pada kotak Turn on real-time protection (recomended) dan klik tombol save change yang terdapat pada bagian bawah. 
  4. Selesai deh! sekarang program Windows Defender pada laptop atau PC yang kamu gunakan sudah aktif deh guys.

Cara mengaktifkan Windows Defender pada sistem operasi Windows 10

Windows Defender juga bisa diaktifkan pada sistem operasi Windows versi terbaru, yakni Windows 10. Kamu nantinya juga bisa menonaktifkan kembali program ini jika tidak ingin menggunakannya lagi. Bahkan kamu bisa menonaktifkan program ini secara permanen loh guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan Windows Defender pada Windows 10 melalui menu settings:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka meni settings dengan cara menekan Start pada layar Windows 10 ataupun dengan menekan tombol Windows yang ada pada keyboard. Klik ikon gerigi pada menu Start tersebut. Kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + I untuk membukanya.
  2. Kamu akan dibawa ke laman pengaturan, sekarang pilih opsi Update and Security
  3. Pilihlah opsi Windows Defender pada jendela Update & Security
  4. Ubahlah pengaturan pada bagian real-time protection, yaitu dengan mengubahnya adari Off menjadi On untuk mengaktifkan Windows Defender.
  5. Selesai! Sekarang program Windows Defender pada laptop atau PC milikmu sudah aktif guys.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengaktifkan Windows Defender pada sistem operasi Windows 8 dan 10 yaa guys. Mudah dan praktis sekali kan caranya. Kamu juga bisa mengaktifkan Windows Defender ini melalui Group Policy Editor loh jika kamu ingin mencoba cara yang lainnya.

Namun cara ini hanya berlaku untuk para pengguna Windows 10 Pro dan Enterprise saja. Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows 10 Home Edition, maka kamu bisa mengaktifkan Windows Defender menggunakan cara diatas saja guys. Yuk amankan perangkatmu dari sekarang. Semoga bermanfaat yaa.

READ  Cara Ampuh Menghapus Chace di Laptop, Anti Lemot!

Leave A Reply

Your email address will not be published.