Cara Praktis Mengecek Suhu Laptop, Bisa Tanpa Aplikasi!

Walaupun laptop sudah dilengkapi dengan thermal paste terbaik sekalipun, tetap saja berisiko. Belum lama ini ada kejadian laptop meledak loh karena dibiarkan terlalu panas. Pastinya kamu tak ingin hal ini terjadi pada laptop kesayanganmu kan guys. Yuk simak cara mudah mengecek suhu laptop pada Windows 10 berikut ini!

0

Suhu laptop sangat penting untuk dipantau apalagi jika kamu memang sering menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Misalnya saja kamu menggunakan laptopmu samapi delapan jam dalam sehari. Maka kamu perlu memantau suhunya guys. Apalagi jika kamu menggunakannya untuk melakukan pekerjaan yang termasuk berat, misalnya rendering animasi 3D, desain grafis serta streaming gaming. Laptop yang dibiarkan terlalu panas dalam waktu yang lama akan membuat komponennya menjadi rusak, seperti bagian motherboard guys.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat kamu menggunakan laptop adalah suhunya guys. Yap! Suhu laptop sangat penting untuk dipantau apalagi jika kamu memang sering menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Misalnya saja kamu menggunakan laptopmu samapi delapan jam dalam sehari.

Maka kamu perlu memantau suhunya guys. Apalagi jika kamu menggunakannya untuk melakukan pekerjaan yang termasuk berat, misalnya rendering animasi 3D, desain grafis serta streaming gaming. Laptop yang dibiarkan terlalu panas dalam waktu yang lama akan membuat komponennya menjadi rusak, seperti bagian motherboard guys.

Walaupun laptop sudah dilengkapi dengan thermal paste terbaik sekalipun, tetap saja berisiko. Belum lama ini ada kejadian laptop meledak loh karena dibiarkan terlalu panas. Pastinya kamu tak ingin hal ini terjadi pada laptop kesayanganmu kan guys. Yuk simak cara mudah mengecek suhu laptop pada Windows 10 berikut ini!

Cara mengecek suhu laptop tanpa menggunakan aplikasi

Suhu laptop bisa kamu cek tanpa menggunakan aplikasi apapun loh guys. Jadi kamu tak perlu repot deh mengunduh dan menginstall aplikasi baru. Kamu bisa mengecek suhu laptop melalui menu BIOS. BIOS sendiri merupakan menu yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan pengaturan dasar Windows. Salah satu menu yang bisa kamu akses adalah Hardware Monitor yang memungkinkan kamu bisa memantau suhu perangkat keras, termasuk CPU guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan restart pada laptop yang akan kamu cek suhunya
  2. Setelah laptopmu hidup kembali, tekanlah tombol BIOS (F2) sebelum proses booting pada laptop selesai. Tombol BIOS setiap laptop ini berbeda – beda yaa guys. Namun biasanya adalah F2, F10 atau tombol Del
  3. Carilah menu untuk melakukan pengaturan Hardware Monitor. Biasanya menu ini disingkat juga dengan H/W Monitor. Walaupun beberapa BIOS juga menggunakan nama yang lain, misalnya saja Status, PC Health dan sebagainya.
  4. Sekarang cek suhu CPU laptopmu melalui keterangan PC Health status
  5. Selesai deh! kamu berhasil mengetahui berapa suhu laptopmu guys

Cara mengecek suhu laptop saat bermain game

Bagi kamu yang suka bermain game juga perlu mengecek suhu laptop secara berkala, termasuk saat kamu sedang bermain game. Memaksakan main game saat suhu cukup panas akan berisiko guys. Pengecekan suhu laptop saat bermain game bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi Real Temp guys. Aplikasi khusus yang akan memonitor suhu laptopmu. Aplikasi ini diciptakan untuk semua prosesor intel, biak single core, dual core, quad core dan juga core i7 guys. 

Kamu akan diberikan informasi suhu berdasarkan data yang disajikan oleh Fluke 62 IR Thermometer. Perangkat bawaan yang terdapat pada motherboard laptop. Selain itu, aplikasi Real Temp ini juga dapat digunakan pada OS Lawas. Sebut saja Windows Xp, Windows 2000, Vista, 7 dan juga Windows  guys. Kamu juga bisa menggunakannya pada Windows 10 baik 32-bit maupun 64 bit. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengecek suhu laptop yaa guys. Kamu bisa menggunakan cara pertama yang tidak mengharuskanmu memasang aplikasi tertentu ataupun menggunakan aplikasi Real Temp. Keduanya memiliki kelebihan masing – masing. Cara pertama mengharuskan kamu melakukan restart pada laptop dulu. Namun cara kedua tidak sama sekali.

READ  Cara Mudah Memasang Bluetooth di Laptop, Sebelumnya Tidak Ada!

Leave A Reply

Your email address will not be published.