Cara Praktis Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus di Android Tanpa Root

Beberapa penyebab yang membuat akun WhatsApp milikmu terhapus adalah menghapus dengan sengaja akun di HP lama karena menukar HP dengan yang baru dan melakukan uninstall aplikasi WhatsApp sehingga semua datanya hilang. Ternyata kamu tetap bisa memulihkan data dari akun WhatsApp lamamu tersebut loh guys.

0

Akun WhatsApp yang terhapus secara tidak sengaja tentu akan membuatmu panik dan kehilangan akal. Pasalnya WhatsApp kini sudah menjadi aplikasi komunikasi yang sangat penting dan banyak digunakan. Namun kamu tak perlu khawatir dalam hal ini guys. Akun WhatsApp yang terhapus sekalipun bisa dikembali kan kok. Caranya pun tidak terlalu sulit dann ribet untuk dilakukan loh. Akun WhatsApp bisa terhapus karena beberapa penyebab.

Akun WhatsApp yang terhapus secara tidak sengaja tentu akan membuatmu panik dan kehilangan akal. Pasalnya WhatsApp kini sudah menjadi aplikasi komunikasi yang sangat penting dan banyak digunakan. Namun kamu tak perlu khawatir dalam hal ini guys. Akun WhatsApp yang terhapus sekalipun bisa dikembali kan kok. Caranya pun tidak terlalu sulit dann ribet untuk dilakukan loh. 

Akun WhatsApp bisa terhapus karena beberapa penyebab. Beberapa penyebab yang membuat akun WhatsApp milikmu terhapus adalah menghapus dengan sengaja akun di HP lama karena menukar HP dengan yang baru dan melakukan uninstall aplikasi WhatsApp sehingga semua datanya hilang. Ternyata kamu tetap bisa memulihkan data dari akun WhatsApp lamamu tersebut loh guys. Kamu pasti penasaran bagaimana cara melakukannya kan? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus dengan Google Drive

Cara pertama mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus adalah dengan memanfaatkan backup WhatsApp di Google Drive guys. Memang WhatsApp sudah melakukan backup ke Google Drive secara default. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah aplikasi WhatsApp yang baru saja kamu install di ponselmu. 
  2. Lakukan login menggunakan nomor telepon yang kamu gunakan pada akun WhatsApp lamamu yang sudah terhapus. Proses login ini seperti membuat akun baru guys dan kamu harus melakukan verifikasi menggunakan kode OTP juga.
  3. WhatsApp akan melakukan scanning secara otomatis untuk mencari data backup yang tersimpan pada akun Google Drive milikmu jika verifikasi kode OTP ini berhasil kamu lakukan.
  4. Pilihlah tombol restore Ketika proses scanning selesai dan WhatsApp menemukan folder backup tersebut yaa guys. 
  5. Lengkapi profil WhatsApp milikmu, mulai dari nama dan juga foto. Tekan tombol next jika semuanya sudah lengkap ya. 
  6. Selesai! Kamu akan dibawa ke halaman utama WhastApp dan aplikasi ini akan melakukan restorasi semua ruang percakapan yang tersimpan pada file backup

Cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus secara manual

Cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus kedua adalah dengan melakukannya secara manual guys. Cara ini berguna jika kamu tidak pernah melakukan backup data WhatsApp ke Google Drive guys. Sebenarnya WhatsApp sendiri melakukan backup otomatis dimana filenya disimpan di File Manager guys. Nah kamu bisa menggunakan file ini. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah aplikasi File Manager yang ada di ponselmu. Setelah itu buka folder WhatsApp dan pilih folder Database.
  2. Kamu akan menemukan file backup di dalam folder ini guys yang diurutkan berdasarkan tanggal backup dari yang terlama sampai yang terbaru dilakukan. 
  3. Pilih data backup yang ingin kamu gunakan. Setelah itu, ubahlah nama file tresebut dari msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12
  4. Uninstall aplikasi Whatsapp yang terpasang di ponselmu, lalu install kembali.
  5. Buka aplikasi WhatsApp tersebut dan lakukan registrasi ulang menggunakan nomor Whatsappp yang lama. Ikuti semua proses.
  6. Pilih opsi restore yaa guys.
  7. Tunggu beberapa saat dan selesai deh!

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengembalikan akun WhatsApp milikmu yang terhapus termasuk data – data di dalamnya yaa guys. Mudah dan praktis sekali kan. Tidak perlu aplikasi tambahan. Apalagi proses root. Tidak perlu guys. Semoga bermanfaat yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.