Cara Praktis Menginstall Windows 10 Menggunakan Rufus, Hanya Pake Flashdisk!

Rufus sendiri merupakan software yang digunakan untuk membuat flashdisk bootable supaya bisa dijadikan media install sistem operasi. Kamu bisa mengunduh dan menggunakan software ini secara gratis yang ukurannya pun sangat kecil, Cuma 1 MB saja guys. Yuk simak cara menginstall Windows 10 menggunakan Rufus berikut ini!

0

Soalnya sistem operasi yang satu ini menawarkan tingkat kompatibilitas yang tinggi dengan program yang beredar. Proses menginstall Windows ke laptop atau PC biasanya membutuhkan CD/DVD. Namun saat ini sudah banyak sekali laptop yang sudah tidak dilengkapi dengan CD-ROM. Tak perlu khawatir guys karena kamu bisa menginstall Windows tanpa DVD-ROM loh. Menginstall Windows kini bisa kamu lakukan hanya dengan modal flashdisk dan aplikasi Rufus saja loh. Cara ini sangat praktis dan bisa dilakukan di semua laptop guys.

Windows adalah salah satu sistem operasi untuk laptop dan PC yang memiliki pengguna terbanyak di dunia. Soalnya sistem operasi yang satu ini menawarkan tingkat kompatibilitas yang tinggi dengan program yang beredar. Proses menginstall Windows ke laptop atau PC biasanya membutuhkan CD/DVD. Namun saat ini sudah banyak sekali laptop yang sudah tidak dilengkapi dengan CD-ROM. Tak perlu khawatir guys karena kamu bisa menginstall Windows tanpa DVD-ROM loh.

Menginstall Windows kini bisa kamu lakukan hanya dengan modal flashdisk dan aplikasi Rufus saja loh. Cara ini sangat praktis dan bisa dilakukan di semua laptop guys. Rufus sendiri merupakan software yang digunakan untuk membuat flashdisk bootable supaya bisa dijadikan media install sistem operasi. Kamu bisa mengunduh dan menggunakan software ini secara gratis yang ukurannya pun sangat kecil, Cuma 1 MB saja guys. Yuk simak cara menginstall Windows 10 menggunakan Rufus berikut ini!

Sebelum melakukan proses instalasi, kamu harus memiliki file mentahan Windows 10 terlebih dahulu dengan format .iso. Kamu juga perlu menyediakan flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Mengunduh dan memasang software Rufus

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh software Rufus dan memasangnya di PC atau laptop yang akan kamu install. Setelah itu, pasanglah flashdisk pada laptop tersebut dan bukalah aplikasi Rufus yang sudah terpasang tersebut. Pastikan kolom device sudah menunjukkan flashdisk dan total ruang penyimpanannya.

  • Menyiapkan ISO Windows 10

Pilihlah menu select untuk membuat flashdisk bootable Windows 10. Pergilah ke direktori tempat kamu menyimpan mentahan .iso Windows 10. Pilih file dan klik opsi open untuk membukanya. 

  • Mengatur ISO Windows 10

Kamu akan melihat versi Windows 10 yang kamu gunakan pada bagian Boot Selection. Pilihlah Partision scheme:MBR dan Target system: BIOS (or UEFI-CSM) dengan cara mengakses pada menu dropdown

  • Memilih format bootable flashdisk

Ubahlah nama flashdisk yang kamu gunakan pada tab Format Options pada kolom Label. Pastikan file system:NTFS dan bukalah Show advanced format options dan centang pada kolom yang ada. 

  • Memulai membuat bootable flashdisk

Jika semua prosedur tersebut sudah kamu lakukan, klik tombol START untuk memulai proses menggunakan Rufus untuk menginstall Windows 10. Jendela peringatan akan muncul dan menginformasikan bahwa flashdisk akan diformat, klik opsi OK untuk melanjutkannya. 

  • Tunggu proses bootable Flashdisk

Proses bootable flashdisk ini akan memerlukan waktu sekitar 10 – 12 menit, terganting besar dari mentahan Windows 10 yang kamu gunakan dan juga kecepatan dari flashdisk tersebut. Proses ini selesai jika ada tulisan READY, tekan tombol CLOSE

  • Mulai menginstall Windows 10 menggunakan flashdisk

Sekarang flashdisk sudah siap digunakan sebagai pengganti DVD-ROM guys. Selanjutnya lakukan proses instalasi Windows 10 sesuai dengan cara biasanya kamu menginstall Windwos 10. Bedanya kamu tidak perlu menggunakan CD lagi sekarang. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya menggunakan Rufus untuk membuat flashdisk milikmu menjadi bootable, sehingga bisa kamu gunakan dalam menginstall Windows 10. Jadi kamu tidak perlu DVD-Rom untuk menginstall Windows 10 guys. Cukup gunakan flashdisk dan software Rufus ini saja. Tidak terlalu ribet kok, hanya perlu mengikuti step  secara bertahap. Semoga berguna yaa.

READ  Cara Aman Menghapus Windows Old Sampai Bersih

Leave A Reply

Your email address will not be published.