Cara Praktis Mengubah File MP4 ke MP3 di Android

Banyak digunakan untuk berbagai video di Youtube dan dijadikan standar format audio. Beberapa orang ingin mengubah file dari MP4 menjadi MP3 karena hanya ingin menyimpan audionya saja. Misalnya saja kamu ingin menyimpan audio dari sebuah MV lagu yang diunggah ke Youtube. Banyak artis yang mengunggah lagu barunya dalam bentuk MV di Youtube terlebih dahulu, baru merilis versi audionya saja. Lalu bagaimana sih caranya mengubah file dengan format MP4 menjadi MP3? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

File dengan format MP dan MP4 memiliki beberapa perbedaan, dari namanya saja sudah beda. Salah satu persamaan kedua format file ini adalah keduanya sama – sama memiliki audio di dalamnya.  MP3 dibuat dengan bit rate dimana kamu bisa mengatur kualitasnya menjadi tingga dan rendah, sehingga masih menjadi format audio yang paling sering digunakan. MP3 juga dijadikan sebagai standar untuk file audio. Sementara MP4 adalah format untuk menyimpan data berupa audio dan video.

File dengan format MP dan MP4 memiliki beberapa perbedaan, dari namanya saja sudah beda. Salah satu persamaan kedua format file ini adalah keduanya sama – sama memiliki audio di dalamnya.  MP3 dibuat dengan bit rate dimana kamu bisa mengatur kualitasnya menjadi tingga dan rendah, sehingga masih menjadi format audio yang paling sering digunakan. MP3 juga dijadikan sebagai standar untuk file audio. Sementara MP4 adalah format untuk menyimpan data berupa audio dan video. Banyak digunakan untuk berbagai video di Youtube dan dijadikan standar format audio.

Beberapa orang ingin mengubah file dari MP4 menjadi MP3 karena hanya ingin menyimpan audionya saja. Misalnya saja kamu ingin menyimpan audio dari sebuah MV lagu yang diunggah ke Youtube. Banyak artis yang mengunggah lagu barunya dalam bentuk MV di Youtube terlebih dahulu, baru merilis versi audionya saja. Lalu bagaimana sih caranya mengubah file dengan format MP4 menjadi MP3? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara mengubah file MP4 menjadi MP3 di Android

Cara pertama mengubah file MP4 menjadi MP3 adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah MP3 Video Converter. Kamu bisa melakukan cara ini di Android guys. Tak perlu repot menggunakan laptop atau PC. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh aplikasi MP3 Video Converter melalui Google Play Store. Setelah itu pasang aplikasi tersebut di Androidmu.
  2. Bukalah aplikasi MP Video Converter yang sudah kamu pasang tadi
  3. Pilih file video yang ingin kamu ubah menjadi MP3. Kamu bisa mengubah lokasi penyimpanannya nanti dan juga menambahkan informasi mengenai lagu tersebut dengan cara menekan opsi informasi dan menuliskan deskripsi tentang lagu tersebut.
  4. Tekan tombol convert untuk mengubah format dari MP4 tersebut jika video yang kamu pilih sudah benar
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses konversi menjadi MP3 selesai dilakukan
  6. Selesai! Sekarang kamu berhasil mendapatkan file dengan format MP3 guys

Cara mengubah file MP4 menjadi MP3 tanpa aplikasi

Cara kedua ini bisa kamu lakukan di laptop atau PC karena tidak membutuhkan aplikasi Android. Caranya adalah dengan menggunakan situs atau website yang menyediakan layanan convert secara online. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah browser yang terdapat pada perangkat yang kamu gunakan
  2. Bukalah situs CloudConvert pada browser tersebut. 
  3. Tekan tombol Select File yang terdapat di bagian tengah laman dan pilihlah video yang ingin kamu ubah menjadi format MP3. Cari video tersebut melalui jendela pop-up yang muncul. Kamu bisa juga menyarinya melalui Dropbox, Google Drive atau OneDrive guys.
  4. Klik tombol Open jika kamu sudah menemukan file video
  5. Pilih format MP3 sebagai format akhir dan klik ikon kunci Inggris yang terdapat di samping file
  6. Klik tombol convert dan tunggu beberapa saat.
  7. Tekan tombol download untuk mengunduh file MP3 dan selesai!

Salam Teknologi! Nah begitulah caranya mengubah file dari format MP4 menjadi MP3 yaa guys. Caranya mudah sekali kan. Nah menunggu lama lagu dalam format MP3, kamu bisa saja mengubah MV dalam format MP4 menjadi MP3 guys. Semoga berhasil yaa.

READ  Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus di Facebook Melalui Smartphone

Leave A Reply

Your email address will not be published.