Cara Praktis Setting Router WiFi Baru melalui PC, Anti Ribet Club!

0

Hello guys!

Sebagian besar waktumu kini mungkin dihabiskan untuk mengakses internet. Entah untuk melakukan browsing informasi tertentu, bermain game secara online, streaming film ataupun kuliah online. Hal tersebut membuat internet kini menjadi elemen yang semakin penting di kehidupan kita. Koneksi internet yang lemot dan tidak kencang tentu akan membuat kita khawatir akan ketinggalan berbagai informasi penting. Apalagi jika informasi tersebut berkaitan dengan keberlanjutan pendidikan kita yang sekarang memang dilakukan secara online.

WiFi kini menjadi solusi agar semua anggota di rumah bisa mengakses internet secara bebas. Dalam hal ini, kamu tidak hanya membutuhkan provider saja untuk memasang WiFi guys. Kamu juga memerlukan yang namanya router supaya semua device di rumahmu dapat terkoneksi dengan internet tanpa kabel. Lalu bagaimana sih cara melakukan settings pada router ini? Yuk simak yaa ulasan ini selengkapnya, jangan di-skip ajaa whehe. Cara setting router TP Link atau merk apapun pada dasarnya memiliki kesamaan guys. Hanya berbeda sedikit saja kok. Jika kamu sudah mengetahui langkah – langkah dasar, kamu akan bisa melakukan setting pada router dengan berbagai merk guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Mengecek koneksi internet

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui bagaimana kualitas koneksi internet dari WiFi yang kamu gunakan. Mungkin kamu sudah tahu bagaimana caranya jika sudah memakai router sebelumnya. Caranya adalah dengan menyambungkan kabel ethernet dari modem ke PC atau laptop. Setelah itu, lakukan browsing di PC atau laptop yang kamu gunakan dengan cara mengakses situs Speedtest.net untuk mengetahui kecepatan internet tersebut.

  • Meletakkan router di lokasi ideal

Setelah memastikan koneksi internet di tempat kamu akan memasang WiFi. Langkah selanjutnya adalah menemukan lokasi ideal untuk meletakkan router yang akan kamu pasang tersebut. Kamu akan menemukan instruksi seperti alamat halaman web antarmuka router beserta username dan password ketika membuka box router. Ada juga router yang antenanya dibungkus secara terpisah. Sebaiknya temukan lokasi yang berada di tengah – tengah ruangan yang luas dan lebih tinggi dari kepala supaya sinyalnya tidak terhalang tembol. Jauhkan dari jendela, benda berbahan metal, tembok dan beton.

  • Menyambungkan router ke listrik
READ  Cara Menghapus Akun Line

Nyalakan router tersebut jika sudah berada di lokasi yang ideal. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyambungkan router dengan kabel power. Lampu indikator pada router akan berkedip yang menandakan bahwa alat tersebut sudah berfungsi. Tunggu beberapa menit sampai router tersebut bekerja dengan baik setelah kamu menyambungkannya ke listrik.

  • Menyambungkan router dengan internet

Router yang sudah dinyalakan tidak akan langsung memancarkan sinyal WiFi guys. Kamu perlu menyambungkannya terlebih dahulu dengan internet menggunakan kabel ethernet. Caranya dengan menyambungkan ujung kabel ethernet pada port WAN atau port internet di router dan ujung yang satunya pada port WAN yang ada di PC atau laptop. 

  • Mengakses web router

Kamu bisa memberi nama dan password pada WiFi milikmu dengan cara mengakses halaman antarmuka router melalui aplikasi browser guys. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan menyambungkan kabel ethernet dari router ke PC. Kunjungi saja situs http://192.168.1.1/ dimana kamu tidak memerlukan koneksi internet loh untuk melakukan ini. Kamu bisa memberi nama Wifi dan juga password disini.

  • Menyambungkan WiFi dari router

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menyambungkan WiFi dari router agar bisa internetan tanpa kabel. Caranya adalah dengan menyambungkan kabel ethernet baru dari modem ke router. Tombol indikator di router akan berkedip jika proses ini berhasil. 

Baca Juga :

  1. Cara Menguatkan Sinyal WIFI Dengan Alumunium Foil

2. Mengetahui Fungsi Tombol WPS pada Perangkat WIFI

3. 5 Modem WIFI 4G LTE Anti Lemot 2020

4. Cara Mengatasi Laptop Tidak Connect Wifi Di Windows 8

Begitulah caranya melakukan setting pada router yaa guys. Router tersedia dalam berbagai macam merk. Tentu saja setiap merk router memiliki cara yang berbeda untuk melakukan setting. Namun cara dasarnya tetap sama kok guys. Semoga bermanfaat yaa. 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.