Cara Print Dokumen Bolak Balik Seperti Buku

pengaturan print, ketika akan mencetak secara default tidak seperti buku, dengan 1 kertas yang bisa dibaca bolak-balik. Dan ketika kalian ingin membuat hal seperti itu, kalian perlu mengganti peraturan supaya bisa mencetak bolak-balik seperti buku.

0

Pada dasarnya untuk bisa mencetak bolak-balik seperti buku sangat mudah. Asalkan printer yang ada support atau mendukung pada pengaturan ini. Mencetak bolak-balik untuk dokumen word dan excel pun jadi lebih mudah dengan catatan printer yang kalian pakai mendukung.

Kalian pernah selesai mengetik, lalu ingin mencetaknya secara bolak-balik? Apakah bisa? Bisa kok, Gaes. Tapi sebelumnya bahas bareng kuy sampai akhir.

Kebanyakan pengaturan print, ketika akan mencetak secara default tidak seperti buku, dengan 1 kertas yang bisa dibaca bolak-balik. Dan ketika kalian ingin membuat hal seperti itu, kalian perlu mengganti peraturan supaya bisa mencetak bolak-balik seperti buku.

Pada dasarnya untuk bisa mencetak bolak-balik seperti buku sangat mudah. Asalkan printer yang ada support atau mendukung pada pengaturan ini.

Mencetak bolak-balik untuk dokumen word dan excel pun jadi lebih mudah dengan catatan printer yang kalian pakai mendukung.

Beberapa printer yang mendukung untuk print bolak balik seperti buku, di antaranya: Canon, HP,  dan Epson. Apakah selain 3 printer tersebut yang lain tidak bisa? Mungkin  kalian perlu mencobanya, Gaes.

Karena bisa jadi printer yang ada di rumah di kantor kalian mendukung dengan pengaturan ini. Kalau tidak dicoba maka tidak tahu bagaimana hasilnya kan?

Printer Epson

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menekan tombol windows logo+R di keyboard. Kemudian kalian ketik perintah, control printers.

Selanjutnya kalian bisa klik kanan pada printer epson yang kalian gunakan. Setelahnya klik Printing preferences.

Di atas akan ada tiga kategori, yaitu Main, More Options, Maintenance. Tap opsi kategori Main.

Apabila sudah ada di kategori Main, kalian centang kotak pada 2 sided printing. Jka sudah, kalian cukup  buka dokumen yang ingin kalian print lalu tunggu beberapa saat.

Sesudah hasil pertama selesai, biasanya akan tampil pesan “2 sided printing” dengan paduan petunjuk untuk membalikan kertas supaya dokumen di-print dengan bolak-balik. Kalian langsung silahkan dibalik kertasnya’

Kalau sudah dibalik kertasnya dan sudah siap untuk di-print yang kedua, Tap opsi Resume. Selesai.

Printer HP

Langah pertama kalian dapat menekan tombol logo windows+R. Kemudian ketik perintah, control Printers. Lalu klik kanan di printer HP yang sedang kalian gunakan. Setelahnya klik Printing preferences

Disanan nanti ada 5 kategori di atas, yaitu Advanced, Paper/Quality, Effect, Finishing. dan Color. Klik kategori Finishing

Selanjutnya pada tulisan Print on both sides (Manually) silahkan kalian centang kotaknya.

Kalau sudah, coba buka dokumen yang ingin kalian print dan tunggu beberapa saat.

Setelah itu, nanti akan ada pesan “print on both sides” dengan paduan petunjuk untuk membalikan kertas agar proses print bolak-balik lancar. Langsung saja dibalik kertasnya

Ketika kertas sudah dibalik dan sudah siap untuk print selanjutnya, Tap opsi Continue.

Printer Cannon

Untuk mencetak print bolak-balik di printer Canon, kalian bisa klik tombol logo windows+R. Lalu kalian ketik perintah, control printers dan klik Printing preferences.

Ada 5 kategori di atas, yaitu Quick setup, Main, Page Setup, Effects, Maintenance. Klik kategori Quick setup dan centang pada tulisan duplex printing.

Selanjutnya, buka dokument yang ingin kalian cetak bolak balik seperti buku, tunggu beberapa saat. Proses di printer canon umumnya akan mencetak halaman ganjil lebih dahulu. Misalnya halaman 1,3,5,7,9,11, dan seterusnya.

Kalau proses ganjil selesai, nanti akan tampil pesan petunjuk untuk membalikkan kertas supaya halaman genap apat kalian print. Segera rapihkan dan balikan kertas tadi sesuai urutan yang sebelumnya kalian print. Terakhir, tap opsi OK.

Baca Juga :

Itu tadi bagaimana cara print bolak balik seperti buku untuk semua printer. Selamat mencoba, Gaes! Nah, dengan begin kalian dapat menghemat kertas HVS yang kalian punya untuk print tugas – tugas kalian. Kalian dapat melakukan ini pada semua jenis printer.

Leave A Reply

Your email address will not be published.