Cara Remote Android dari PC atau Laptop

0

Selama ini, mungkin sebagian dari kalian sudah tahu kalau smartphone android bisa diubah jadi remote untuk beberapa jenis barang elektronik lainnya, seperti AC, TV, Kulkas, Kipas, DVD, dan lain-lain.

Tetapi, apa kalian juga tahu kalau ternyata ada juga cara remote atau mengontrol smartphone Android hanya lewat PC atau laptop? Dimana kalian dengan cara ini jadi bisa mengontrol smartphone kalian dari PC atau laptop, meski dari jarak jauh atau dari manapun itu.

Jika kalian lebih sering memakai perangkat desktop seperti komputer pc atau laptop, tentunya aktivitas kalian akan lebih mudah. Karena untuk melakukan aktivitas di dalam smartphone Android, kalian bisa mengakses melalui PC atau laptop.

Saat PC atau laptop kalian telah terhubung dengan smartphone android, disana kalian akan membalas chat seperti WhatsApp, Line, Telegram, Instagram, dan semacamnya lewat PC atau laptop kalian.

Cara Remote Smartphone Android dari PC / Laptop

Ada banyak cara untuk remote atau mengontrol smartphone Android lewat PC atau laptop. Cara pakainya juga mudah dipahami meski pemula sekalipun.

Langsung saja ya saya bagikan beberapa cara remote atau mengontrol smartphone Android dari PC atau Laptop yang bisa kalian jalankan setelah membaca dan memahaminya.

Via TeamViewer PC

TeamViewer ini aplikasi atau software yang mempunyai fungi mengontrol perangkat dari jarak jauh. Umumnya mereka dipakai untuk mengatur rapat secara online, konferensi basis web, dan juga transfer file antar komputer tanpa kabel.

Langkah mengontrol smartphone android dari komputer via TeamViewer pertamanya adalah melakukan instal TeamViewer for Windows di PC atau laptop kalian. Selanjutnya pasang aplikasi TeamViewer QuickSupport di Android.

Bukalah aplikasi TeamViewer QuickSupport di Android. Nanti akan terlihat ID TeamViewer anda. Buka aplikasi TeamViewer di PC lalu ketikkan ID dari HP Android.

 

Berikutnya pilih opsi tombol Connect to Partner. Jangan lupa berikan izin atau allow pada pemberitahuan permintaan.

Pilihlah opsi menu Remote Control pada aplikasi TeamViewer di PC. Selanjutnya pilih opsi Allow dan berikan tanda centang lalu tap Accept.

Dengan begitu, kalian sudah bisa melihat tampilan smartphone Android dari PC atau laptop kalian. Silakan membuka apapun aplikasi yang kalian inginkan seperti saat membuka smartphone.

Cara Kontrol HP Android dari PC via Mobizen

Mobizen biasanya dikenal jadi aplikasi untuk merekam aktivitas di smartphone Android dalam bentuk video. Tetapi, ia juga bisa kok dipakai untuk remote smartphone android PC atau laptop.

Caranya bagaimana? Tinggal kalian pasang aplikasi Mobizen Mirroring di smartphone Android kalian. Lalu instal aplikasi Mobizen for PC di komputer atau laptop.

Selanjutnya buka aplikasi Mobizen Mirroring di Android dan log in (daftar jika belum punya). Setelah itu klik tombol Start Mobizen.

Langkah berikutnya, sambungkan smartphone Android dan komputer lewat kabel data. Kalau nanti ada notifikasi Allow USB Debugging, klik OK.

Baca Juga : Cara Mengubah Smartphone Jadi Pengganti Keyboard Komputer

Langkah berikutnya, buka aplikasi Mobizen di PC dan tap tombol Android Remote Control. Lalu log in memakai akun kalian dan pilih opsi Connect. Apabila keluar pemberitahuan start capturing… langsung  tekan Start Now.

Selamat. Kalian suadh bisa mengontrol smartphone android kalian dari PC maupun laptop yang sudah terhubung. Kabar baiknya, aplikasi ini bsia dipakai untuk remote smartphone Android dari PC secara gratis.

Cara Mengontrol Smartphone dari PC via AirDroid

Gaes, aplikasi ini sangat cocok kalau kalian pengguna PC yang ingin fokus di depan monitor dan tidak ingin beralih ke layar smartphone.

Cara mudah. Cukup instal aplikasi AirDroid untuk smartphone melalui playstore. Selanjutnya kalian harus menghubungkan smartphone Android dan PC di jaringan wifi yang sama.

Berikutnya, buka aplikasi AirDroid di smartphone Android kalian. Setelah itu, masuklah ke Connection Tab di aplikasi AirDroid smartphone.

Kalian periksa dan copy alamat IP yang terlihat. Kemudian buka browser di PC kalian, lalu masukkan alamat IP yang ada di AirDroid lalu kunjungi.

Nantinya akan keluar pemberitahuan permintaan di aplikasi AirDroid. Klik Accept untuk menyetujuinya.

Penampilan dari smartphone Android atau tablet akan tampil di browser PC yang kalian pakai. Cara ini sering dipakai sebagian gamer untuk bermain game smartphone android di layar PC atau laptop.

Sebagai informasi saja, beberapa cara remote smartphone Android dari PC yang saya tulis di atas bisa dipakai di semua tipe dan merk smartphone Android. Kalian juga bisa memakai PC, komputer atau laptop dengan sistem operasi windows maupun macos.

Semoga bermanfaat, dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.