Cara Reset Smartphone OPPO A3s

Langkah apa yang akan kalian lakukan jika mendapati smartphone OPPO A3s kalian bermasalah? Mungkinkah kalian ingin membeli yang baru? Wah, jangan dulu kalau memang kalian masih bisa memperbaikinya, Gaes.

0

Apabila kalian bingung bagaimana cara memperbaikinya, saya disini akan memberikan dua cara mudah dan aman untuk kalian yang smartphone OPPO A3s-nya mengalami masalah. Meskipun smartphone OPPO A3s ini dirilis pada tahun 2018, akan tetapi sampai saat ini masih banyak yang menggunakannya karena bisa melakukan banyak hal dengan smartphone ini. Mulai dari nonton film, main game, main sosmed, dan banyak lagi lainnya.

Langkah apa yang akan kalian lakukan jika mendapati smartphone OPPO A3s kalian bermasalah? Mungkinkah kalian ingin membeli yang baru? Wah, jangan dulu kalau memang kalian masih bisa memperbaikinya, Gaes.

Apabila kalian bingung bagaimana cara memperbaikinya, saya disini akan memberikan dua cara mudah dan aman untuk kalian yang smartphone OPPO A3s-nya mengalami masalah. 

Meskipun smartphone OPPO A3s ini dirilis pada tahun 2018, akan tetapi sampai saat ini masih banyak yang menggunakannya karena bisa melakukan banyak hal dengan smartphone ini. Mulai dari nonton film, main game, main sosmed, dan banyak lagi lainnya.

Sayangnya, smartphone ini pun tak luput dari berbagai masalah seperti smartphone lainnya. Mulai dari penyimpanan penuh, ada virus, aplikasi eror, lag saat main game, internet lemot, dan lainnya. Bahkan ada juga yang mengalami bootlop atau hang di logo saja.

Untuk mengatasi ini, Google dan OPPO sudah memberikan fasilitas fitur reset dimana kalian akan mendapatkan fitur reset OPPO A3s di menu Pengaturan dan Recovery.

Cara Reset Smartphone OPPO A3s

Reset merupakan proses mengembalikan ke pengaturan awal (pabrik), dan akan membuat semua data, file sampah, aplikasi dan game yang sudah terinstall jadi ilang. Sederhananya, smartphone kalian jadi seperti saat kalian beli baru dahulu.

Disini ada dua cara yang bisa kalian pakai untuk reset samrtphone OPPO A3s kalian. Akan tetapi, lakukan backup data dahulu file-file penting di penyimpanan internal kalian. Bisa dengan cara menyimpannya di Mmeory Card atau di PC atau laptop.

Asal kalian tahu, Reset tidak akan menghapus akun Google. Karena itu meskipun sudah selesai direset, nantinya kalian akan tetap diminta memasukan akun Google. Karena itu pastikan kalian masih ingat atau lebih amannya logout dulu.

Jadi bagaimana cara reset dengan dua cara itu? Oke, mari kita kuy!

Reset OPPO A3s Melalui Pengaturan Pabrik

Melakukan reset OPPO A3s ini dapat kalian pakai kalau masih bisa dijalankan. Cara ini paling banyak dipakai dan aman, tapi kurang bersih, daripada dengan hard reset.

Caranya pertama-tama kalian buka menu Settings, lalu klik Pengaturan Tambahan. 

Setelah itu kalian silakan tap opsi menu Buat Cadangan dan Reset.

READ  Ukuran Foto Instagram

Nantinya kalian akan menerima opsi untuk membuat cadangan dan juga kembali ke pengaturan pabrik. Saya sarankan, kalian membuat cadangan data atau backup dahulu dengan tap opsi menu Cadangan & Pulihkan.

Selanjutnya klik menu Buat Cadangan Baru. Disini, kalian akan melihat berbagai pilihan dan centang kontakpesan dan riwayat panggilan.

Selesai kalian membuat cadangan, tap menu Reset data pabrik. Lalu tap opsi Hapus Data Apli & Apli Laik Hapus.

Kemudian setelahnya, OPPO A3s kalian akan restart. Kalian hanya perlu menunggu sampai proses restart selesai.

Kalian dapat juga melakukan hard reset, jika cara di atas kurang berhasil mengatasi error pada OPPO A3s kalian.

Sebagai catatan, cara reset OPPO A3s via ColorOS recovery ini sedikit berbeda, sebab kalian akan mengakses menu yang tersembunyi dengan nama Recovery.

Cara Hard Reset OPPO A3s Lewat Recovery

Di awal, kalian matikan dulu OPPO A3s kalian. Kemudian klik tombol Volume Bawah dan Power bersama-sama, tahan dan lepaskan jika sudah muncul logo OPPO. Jika berhasil, akan masuk ke recovery, kalian klik English. Setelah itu klik opsi Wipe Data.

Disana ada pilihan opsi Wipe data (Keep SMS, Contacts and Photos), kalian klik opsi tersebut. Lalu kalian konfirmasi dengan klik OK.

Jika sudah ada opsi Wiped Successfully tap OK dan dan klik  Reboot. Terakhir, smartphone OPPO A3s kalian masuk ke proses restart dan silahkan tunggu sampai proses restart selesai.

Ketika restart mungkin memakan waktu lebih lama dari biasanya, antara 5 sampai 10 menit. Jika berhasil, kalian akan diminta untuk konfigurasi ulang dan login dengan akun Google.

Baca Juga :

READ  Cara Melihat dan Menonaktifkan Last Seen di Instagram

Kedua cara reset di ath as sudasaya coba dan berhasil di OPPO A3s ColorOS 3.2 yang memakai Android 7.1.2 Nougat dan mungkin nanti jika sudah terupdate ke Android Oreo, cara reset ini masih bisa kalian pakai. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.