Cara Restart Laptop Windows 10

0

Tahukan kalian jika restart pada sistem operasi Windows mempunyai banyak cara. Secara kompleks, Microsoft berusaha untuk meluncurkan sistem yang benar-benar memudahkan penggunanya, termasuk dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Oleh sebab itu pilihan restart selalu ada dimanapun, dimulai dari instalasi sistem, lock screen, kombinasi tombol, hingga masuk ke jendela Windows.

Biasanya restart dilakukan ketika selesai instalasi software yang memang tujuannya agar software tersebut berjalan maksimal sebagai mestinya setelah sistem memuat ulang semua file yang terinstal. Dan sampai saat ini banyak software Windows memerlukan opsi restart supaya bisa berjalan secara optimal (Required).

Baca Juga : Cara Mengunci file atau foldeer di Windows 10

Di samping itu, sebagian pengguna Windows juga suka melakukan restart saat komputernya terasa lambat, lemot, maupun lag saat menjalankan software tertentu.

Meskipun hal ini tidak terlalu efektif sebab bisa dengan opsi lain yaitu menghentikan jalannya software secara paksa lewat Task Manager.

Apapun alasan dari kalian sebagai pengguna untuk melakukan restart pada komputer Windows, di bawah ini akan saya berikan banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk restart Windows lebih cepat dari sebelumnya.

Lewat Start Menu

Cara pertama dan yang paling sering dilakukan yaitu lewat Start Menu. Sudah bisa dipastikan bagian ini pasti sering kalian lakukan di waktu mau restart komputer maupun laptop. Cukup kalian klik Start Menu atau gunakan tombol Windows, lalu pilih buttom Power lalu klik restart.

Lewat WinX Menu (Win + X)

Cara kedua yaitu lewat WinX Menu yang ada ketika kalian memilih klik kanan pada buttom Start Menu. Caranya cukup mudah, kalian dapat klik kanan pada Start Menu atau bisa juga dengan Keyboard Shortcut (Win + X). Lalu nanti klik Shut Down or Sign Out, dan tap opsi Restart.

Baca Juga ; Restart Windows 10 Tanpa Reboot

Pilihan ini memang jarang dilakukan dan hanya beberapa pengguna yang suka klik kanan pada Start Menu untuk melakukan restart

Pada dasarnya bagian dari WinX sendiri digunakan untuk memilih fitur- fitur penting yang dirasa berguna saat melakukan aktivitas produktif.

Lewat Shortcut ALT + F4

Cara lainnya, kalian dapat memakai kombinasi keyboard atau shortcut ALT + F4. Coba untuk menekan kombinasi tersebut, nantinya akan ada opsi jendela Shut Down Windows. Kalian dapat melakukan drop down untuk melihat opsi restart pada komputer.

Pilih Restart dan klik OK untuk melakukannya.

Lewat Shortcut CTRL + ALT + DEL

Ada opsi lain yang bisa kalian coba yaitu lewat Shortcut CTRL + ALT + DEL. Coba saja tekan kombinasi tombol tersebut nantinya akan muncul opsi Power pada bagian pojok kanan bawah yang kemudian nanti kalian bisa memilih opsi restart.

Lewat Lock Screen

Saat layar berada pada posisi terkunci atau lock yang mungkin terkunci secara otomatis, sengaja di-lock, atau memang baru dinyalakan, akan tetap ada button Power yang pilihannya ada sleep, restart, dan juga shutdown.

Baca Juga : Cara Lock Jaringan 4G LTE Smartphone Xiaomi Permanen

Sama seperti sebelumnya, pilihannya ada pada bagian kanan bawah, lalu pilih Restart.

Lewat Command Prompt

Lewat Command Prompt atau CMD, kalian juga dapat melakukan restart. Ini biasa dilakukan oleh pengguna yang suka mengetikkan perintah lewat CMD atau suka dengan bahasa pemrograman yang terkadang memerlukan CMD untuk eksekusi.

Caranya cukup mudah, buka saja CMD lewat Start Menu, lalu ketikkan perintah shutdown /r lalu tekan Enter yang akhirnya komputer akan melakukan restart.

Lewat PowerShell

Kalian juga dapat melakukan lewat PowerShell. Sedikit informasi, PowerShell hampir sama dengan CMD, tetapi kabar dari Microsoft sendiri mengatakan PowerShell jauh lebih baik ketimbang CMD, terkhusus untuk para programmer akan lebih maksimal apabila ingin menjalankan perintah-perintah tertentu yang tidak bisa dijalankan pada Command Prompt.

Baca Juga : Cara Mengganti Bahasa Windows 10

Untuk perintah restart lewat PowerShell sendiri sama dengan CMD, kalian tinggal ketikkan perintah shutdown /r untuk restart komputer. 

Lewat Windows Run

Tidak hanya lewat CMD maupun PowerShell, kalian juga dapat restart Windows langsung lewat jendela Run dengan perintah yang sama yaitu shutdown /r. Untuk akses lebih cepat ke Windows Run bisa memakai kombinasi tombol Windows + R

Melakukan Cortana

Cortona ini merupakan AI buatan Microsoft. Ia bisa menjadi andalan kalian untuk melakukan reboot ulang PC. Cukup dengan memberikan perintah ucapan atau Voice Command dengan mengatakan “restart PC” maka secara langsung cortana akan mengeksekusi perintah tersebut.

Dan pastinya PC akan benar-benar restart.

Tidak hanya Windows, Android pun juga punya Google Assistent, sedangkan Apple juga punya Siri dan Amazon punya Alexa. Era Artificial Intellegence memang mengubah segalanya, khususnya untuk kebutuhan sehari-hari banyak orang.

Lewat Tombol (Power) Fisik

Cara terakhir yang bisa jadi pilihan yaitu langsung pada tombol power fisik dengan menekan secara paksa selama beberapa saat. Ini sebenarnya bersifat kurang baik, tetapi bisa menjadi pilihan saat komputer berada pada posisi lag, crash, maupun freeze.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk melakukan restart Windows 10. 

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.