Cara Scan Barcode

0

Saat ini, kode QR dan barcode banyak kita jumpai di berbagai tempat. Tetapi apakah kalian pernah berpikir cara scan barcode dan kode QR sendiri hanya melalui smartphone android saja bagaimana? Apakah bisa?

Jawabannya bisa. Kalian bisa menemukan arti kode QR ataupun barcode cukup dengan smartphone android milik kalian. Saking mudahnya, ada berbagai jenis pilihan metode yang bisa kalian coba untuk scan barcode dan kode QR.

Di awal kemunculannya, kode QR dan barcode hanya di belakang kemasan sebuah produk saja dulunya. Sekarang, kode QR dan barcode juga dipakai pada aplikasi di smartphone.

Kalau kalian penasaran, apa arti kode QR atau sebuah barcode, maka kalian sekarang juga bisa scan barcode ataupun kode QR sendiri dengan mudah dan cukup memakai smartphone Android saja.

Cara Scan Barcode dan Kode QR di Smartphone Android

Google Lens

Google lens merupakan fitur bawaan dari smartphone Android yang juga bisa kalian pakai untuk scan kode QR maupun barcode dengan mudah dan cepat. Fitur ini bias kalian temukan di dalam fitur Google Assistant di Android kalian.

Caranya yang pertama yaitu masuk ke Google Assistant dengan memilih tombol Home. Selanjutnya klik fitur Google lens.

Selanjtunya, arahkan kamera smartphone kalian ke barcode atau QR code. Nantinya akan tampil sebuah lingkaran kecil di barcode atau QR kode. Lalu klik ikon lingkaran tersebut. Terakhir, akan ada informasi dari kode QR atau barcode akan muncul.

Kini kalian sudah berhasil scan kode QR atau barcode sendiri di smartphone Android kalian. Kalian juga bisa menyalin teks atau langsung pergi ke link dari hasil scan kode QR atau barcode tersebut.

QR & Barcode Scanner

QR & Barcode Scanner ini salah satu aplikasi di smartphone Android yang cukup populer untuk scan kode QR dan barcode sendiri. Aplikasi ini telah dipasang lebih dari 100 juta pengguna di dunia.

Cara scan barcode sendiri di smartphone Android awalnya adalah dengan memasang aplikasi QR & Barcode Scanner melalui playstore. Kalau sudah selesai, langsung buka aplikasi tersebut.

Selanjutnya di menu Pindai, arahkan kamera ke kode QR atau barcode, maka aplikasi ini langsung scanning. Bagusnya, kalian tidak perlu menunggu waktu yang lama, kode QR atau barcode sudah berhasil dideteksi.

Aplikasi ini cukup ringan dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Walau begitu, aplikasi ini bisa mengerjakan scan ke semua jenis kode QR atau barcode teks, link, produk, kontak, kalender, email, lokasi, kupon atau voucher, dan sebagainya.

QR Code Reader

READ  Cara Mengatasi WhatsApp Error Tidak Bisa Kirim dan Terima Pesan

Cara scan barcode dan kode QR yang lain adalah memakai bantuan aplikasi QR Code Reader. Di samping dipakai untuk scan, aplikasi ini juga bisa membuat kode QR dan barcode sendiri hanya memakai smartphone Android.

Cara scan barcode dan kode QR –nya yang pertama adalah instal aplikasi QR Code Reader terlebih dahulu. Kemudian setelah selesai, langsug buka aplikasi.

Selanjtunya kalian hanya cukup mengarahkan kamera smartphone ke barcode atau QR. Dan nanti akan muncul hasil dari scan barcode atau QR kalian.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk membuat kode QR dan barcode sendiri dan melihat riwayat scan yang sudah kalian lakukan. Kalian juga bisa mengerjakan scan barcode dan kode QR dengan mengambil gambar dari galeri.

Cara Scan Barcode Tanpa Kamera

Untuk cara yang terakhir ini, kalian tidak membutuhkan aplikasi yang perlu dipasang di smartphone dahulu. Kalian juga bisa melakukan scan barcode tanpa membutuhkan kamera di smartphone Android kalian.

Pertama-tama buka web browser seperti google chrome atau opera. Setelah itu kunjungi situs web berikut onlinebarcodereader.com

Langkah berikutnya, upload file lalu pilih gambar barcode atau QR kalian. Lalu klik tombol Start. Tunggu proses sampai selesai. Yang terakhir, kalian akan diarahkan ke hasil scan barcode atau QR.

Di samping galeri atau penyimpanan gambar, kalian juga bisa mengambil kode QR atau barcode untuk di-scan lewat link. Kalian hanya butuh memasukkan link gambar barcode atau QR kalian lalu klik tombol start untuk memindai.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian coba untuk scan kode QR dan barcode sendiri memakai smartphone android saja. Cara ini juga bisa dipakai di semua merk smartphone seperti Samsung, Asus, Aiaomi, Oppo, Vivo, Huawei, dan yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.