Cara Screenshot Panjang di Android

0

Melakukan screenshot sebuah gambar atau artikel pasti semua sudah tahu ya. Secara umum, biasanya kalian cukup tekan dan tahan tombol Volume turun dan Daya selama satu detik, dan smartphone akan mengambil tangkapan screenshot layar.

Tetapi ini memang tergantung dari android kalian, nanti tangkapan layar tersebut akan tampil di aplikasi Galeri smartphone kalian.

Tetapi bagaimana jika kalian harus mengambil screenshot panjang?
Masalah muncul saat kalian harus terus menggulir dan mengambil beberapa tangkapan layar karena ponsel kaliana tidak cukup cerdas untuk mengambil tangkapan layar bergulir .

Mengambil petunjuk, Xiaomi mengenalkan fitur gulir screenshot di MIUI dan, OnePlus mengikutinya dengan perangkat andalannya, OnePlus 5. Samsung Galaxy S8 juga menawarkan ini di luar kota.

Tetapi, tidak semua smartphone, terutama saat menjalankan sistem operasi Android mampu mengambil screenshot yang panjang atau bergulir, itulah sebabnya ada aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store.

Baca Juga : Cara Menggunakan Fitur Screenshot Pada Windows 10 .

Mari kita lihat cara screenshot panjang dengan 3 aplikasi yang akan bisa membantu kalian secara otomatis dan menyatukannya untuk membuat screenshot panjang.

Aplikasi yang Membantu Screenshot Panjang di Android

Stitch and Share

Aplikasi Stitch and Share adini merupakan aplikasi sederhana yang memakai tombol pintasan di layar kalian. Langkah-langkahnya mudah kok. Kalian tinggal Instal aplikasi dan berikan izin yang diperlukan. Ada tiga opsi. Untuk screenshot layar panjang capture otomatis.

Kalian akan melihat tampilan yang meminta kalian mengonfirmasi pilihan kalian. Klik Start Now. Maka kalian akan dibawa ke layar Home kalian di mana kalian akan melihat pintasan mengambang di layar kiri.

Baca Juga : Cara Screenshot di Smartphone Vivo

Buka aplikasi tempat kalian ingin mengambil tangkapan layar. Dalam kasus saya, itu adalah Chrome. Klik pada tombol Start untuk mulai mengambil gambar layarnya.

Kalian sekarang akan melihat tombol Simpan di sisi kanan layar kalian. Scroll dari layar pada suatu waktu. Setiap kali kalian scroll, tombol simpan akan hilang untuk sementara. Ini berarti aplikasi berfungsi. Saat muncul kembali, scroll lagi. Ulangi sampai kalian selesai. Tekan tombol Simpan dan kalian akan dibawa kembali ke aplikasi. Kalian sekarang harus melihat screenshot panjang kalian.

Baca Juga : Cara Screenshot Realme X2

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa pilihan pengeditan seperti kemampuan untuk menyorot atau mengubah teks dalam warna berbeda dan kemampuan untuk menghapus bagian-bagian dari tangkapan layar. Kalian bisa menyimpan versi final di SD Card kalian atau juga bisa membuat tautan yang bisa kalian bagikan dengan orang lain.

Aplikasi ini gratis dengan watermark di bagian bawah, dan juga iklan. Kalian bsia menghapus dengan mendapatkan versi premiumnya.

Screenshot Join

Tidak seperti Stitch and Share, yang bergabung dengan beberapa tangkapan layar secara vertikal, Screenshot Join mengambil pendekatan yang berbeda.

Kalian hanya bisa bergabung dengan dua tangkapan layar yang agak membatasi kemampuan aplikasi. Ini mengurangi ruang layar yang seharusnya kalian bagikan.

Baca Juga : 4 Aplikasi Download Video di Instagram .

Akan tetapi, untuk mengambil posisi yang berbeda, aplikasi ini juga memungkinkan kalian untuk menggabungkan tangkapan layar secara horizontal . Inilah cara kerjanya. Kalian meluncurkan aplikasi dan melihat slot kosong untuk Gambar 1 dan Gambar 2.

Kalian bsia pilih screenshot yang ingin kalian gabungkan dan aplikasi akan menanyakan kalian bagaimana: Secara horizontal atau vertikal. Kalian bisa memilih salah satunya dan itu akan menunjukkan kepada kalian hasil akhir sebelum mengizinkan kalian menyimpannya ke Galeri.

Sayangnya aplikasi ini agak merepotkan, karena kalian harus mengambil tangkapan layar terlebih dahulu dan kemudian membuka aplikasi untuk menggabungkannya.

LongShot

LongShot adalah yang terbaik dari kedua aplikasi di atas menurut saya. Ini akan membuat tombol mengambang untuk mengambil screenshot panjang serta memungkinkan kalian untuk memilih gambar atau screenshot untuk bergabung secara vertikal atau horizontal. Ditambah lagi, tidak seperti Screenshot Join, tidak ada batasan jumlah tangkapan layar yang bisa kalian ikuti.

Mekanisme aplikasi tetap sama dengan Stich dan Share. Di layar beranda, ada tiga pilihan . Yang pertama adalah screenshot capture yang memungkinkan kalian mengambil screenshot panjang.

Baca Juga : Tips Screnshoot smartphone Realme 5I.

Yang kedua adalah Capture Web Page yang menjadi browser inbuilt. Kalian bisa mengambil tangkapan layar gulir dari halaman web mana pun di sini. Yang ketiga adalah Pilih Gambar di mana kalian bisa memilih gambar atau screenshot secara manual untuk merangkainya bersama.

Baca Juga : Cara Mengoperasikan Nova Launcher Untuk Menyembunyikan Aplikasi di Smartphone Androi .

Klik pada Capture Screenshot untuk meluncurkan tombol mengambang. Tekan tombol mengambang hijau ketika kalian berada di posisi di dalam aplikasi yang ingin kalian screenshot.

Nantinya kalian akan melihat garis merah. Aplikasi ini akan meminta kalian untuk menggulir secara perlahan dan tetap di bawah garis merah. Saya sarankan kalian menggulir 50-60% dari layar pada suatu waktu. Setelah selesai, tekan tombol Done merah dan kalian akan dibawa kembali ke aplikasi. Di sini kalian akan melihat beberapa versi screenshot untuk dipilih.

Di kiri bawah, ada tombol Configure. Ada di mana kalian bisa memilih antara arah horizontal dan vertikal, metode rangkai yang saya simpan ke otomatis, dan garis pembagi yang saya tinggalkan ke nilai default.

Di kanan bawah layar adalah tombol Join oranye . Klik dan selesai. Aplikasi ini sekarang akan menampilkan hasil akhir.

Aplikasi ini didukung iklan, tetapi semua fitur tersedia dalam versi gratis. Iklan itu sendiri tidak mengganggu yang berarti ada tombol merah di dekat iklan yang bisa kalian pakai untuk menutupnya.

Baca Juga : Cara Unistall Aplikasi Zoom .

Aplikasi ini gratis dan dilengkapi dengan banyak opsi yang bisa dikonfigurasi. Muncul dengan browser built-in yang membuat pengambilan screenshot jauh lebih mudah. Cukup tandai dan mulai dan titik akhir dan kalian selesai. Tidak perlu menggulir secara perlahan.

Demikianlah 3 cara yang bisa kalian pakai untuk melakukan screenshot. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.