Cara Setting APN Indosat

0

Jika kalian tengah mendapatkan masalah dengan koneksi internet Indosat yang lemot atau tidak stabil, pastinya kalian membutuhkan setting APN pada provider Indosat yang kalian pakai. Banyak kasus seluruh jaringan provider mengalami gangguan sewaktu-waktu, tentunya hal tersebut juga akan dialami bagi kalian para pengguna provider Indosat.

Oleh karena itu, itulah alasan diciptakan setting APN pada sebuah smartphone kalian, Gaes. Sebab manfaat setting APN sendiri bertujuan supaya internet menjadi lebih cepat dan stabil. Cara tersebut bisa dilakukan dengan mengubah pengaturan APN Indosat Ooredoo 3G dan 4G.

Pengertian APN

APN atau singkatan dari Access Point Name adalah sebuah istilah untuk menyebut gateway antara jaringan seluler GSM, 3G, atau 4G, dan juga jaringan komputer lainnya.

Di saat kalian sebelum memakai smartphone android ataupun iphone, pasti akan mengatur atau melakukan setting APN lebih dulu supaya bisa mengakses internet di perangkat smartphone tersebut. Karena itu, fungsi utama dari APN yaitu supaya perangkat smartphone kalian bisa terkoneksi dengan baik ke jaringan internet yang digunakan.

Setiap provider tentunya mempunyai konfigurasi APN yang berbeda-beda. Seperti halnya APN Indosat yang berarti sebuah konfigurasi internet yang dibuat oleh provider Indosat. Secara langsung APN akan terkonfigurasi dengan sendirinya ketika kalian mengaktifkan kartu tersebut.

Cara Setting APN Indosat

Smartphone saat ini mempunyai dua jenis yang biasa dimanfaatkan yaitu android dan iphone. Keduanya mempunyai cara setting APN yang berbeda-beda, tapi sebetulnya fungsi dari APN sendiri sama.

Saya akan menjelaskan secara tuntas bagaimana cara setting APN Indosat lewat smartphone android dan juga iphone yang bisa kalian coba.

Cara Setting APN Indosat di Smartphone Android

Cara setting APN Indosat di smartphone android sebenarnya adalah pekerjaan yang sangat mudah. Kalian cukup mengikuti beberapa langkah saja.

Langkah awal, buka smartphone kalian. Kemudian pergilah ke menu setting atau pengaturan. Langsung masuk ke dalam opsi menu Mobile Network Setting. Setelah itu, cari pilihan untuk mengatur Access Point Names atau APN.

Apabila kalian memakai  android dengan dual sim, cukup pilih salah satu simcard yang memakai Indosat.

Sesudah kalian masuk ke menu setting APN, teruskan dengan mengisi setting APN sesuai yang kalian inginkan. Terakhir, simpanlah setting APN di smartphone android kalian dengan cara klik Save.

Setelah kalian melakukan cara setting APN Indosat seperti langkah di atas, maka koneksi internet atau jaringan di smartphone kalian akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Cara Setting APN Indosat di iPhone

Cara setting APN yang kedua yaitu untuk kalian yang memakai iPhone. Sebab sekarang ini selain android banyak juga masyarakat Indonesia yang memakai iphone. Karena itu, agar jaringan internetnya juga cepat maka kalian harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan cermat.

Kalian buka iPhone, lalu lanjutkan dengan menekan menu Setting atau Pengaturan. Kalian bisa langsung masuk ke opsi menu setting Cellular. Setelah itu, kalian harus pilih opsi di bagian menu Cellular Data Option. Lanjutkan dengan menekan opsi Cellular Data Network. Terakhir, kalian biasa mengatur konfigurasi APN sesuai dengan settingan APN yang kalian inginkan.

Sama seperti cara setting di smartphone android, setting APN Indosat di iPhone ini juga bisa dengan cepat dan mudah dilakukan. 

Pakailah fitur setting APN di smartphone kalian, supaya kalian bisa mendapatkan jaringan terkuat di provider Indosat.

Manfaat Menggunakan APN Indosat

APN mmepunyai kegunaan sebagai penghubung antara device dengan operator yang menyediakan layanan internet. APN juga akan memberikan akses internet sesuai dengan provider atau kartu prabayar yang digunakan. Saat kalian sedang memakai kartu prabayar Indosat, maka APN harus disetting dengan pengaturan untuk operator tersebut.

Jika terjadi perbedaan atau ada yang salah, tentunya kalian tidak akan bisa tersambung ke internet. 

Selain manfaat atau fungsi APN tersebut, APN juga dipakai untuk menentukan jenis layanan. Misalnya koneksi ke WAP atau Wireless Application Protocol dan MMS atau Multimedia Messaging Service yang ditawarkan PDN.

Pada intinya seluruh provider mempunyai jaringan APN-nya tersendiri. Sebab jaringan APN yang dihubungkan ke internet sangat diperlukan, utamanya di era modern seperti saat ini. Dimana mayoritas dari masyarakat pasti memerlukan dan memfungsikan smartphone untuk melakukan aktivitasnya, termasuk untuk bekerja. Karena biasanya orang memilih kartu prabayar ataupun pascabayar yang murah saja. Tetapi, mereka tidak mengetahui apakah jaringan atau koneksi internetnya cepat atau lambat.

Manfaat Menggunakan APN Indosat

APN memiliki manfaat sebagai penghubung antara device dengan operator yang menyediakan layanan internet. APN juga yang akan memberikan akses internet sesuai dengan provider atau kartu prabayar yang digunakan. Ketika Anda sedang menggunakan kartu prabayar Indosat, maka APN harus disetting dengan pengaturan untuk operator tersebut.

Apabila terjadi perbedaan atau ada yang salah, maka Anda tidak akan bisa terhubung ke internet. Disamping manfaat atau fungsi APN tersebut, APN juga digunakan untuk menentukan jenis layanan. Misalnya koneksi ke WAP atau Wireless Application Protocol dan MMS atau Multimedia Messaging Service yang ditawarkan PDN.

Pada dasarnya seluruh provider memiliki jaringan APN nya tersendiri. Karena memang jaringan APN yang dihubungkan ke internet sangat diperlukan, terutama di era modern seperti saat ini. Dimana mayoritas dari masyarakat pasti membutuhkan dan menggunakan smartphone untuk melakukan aktivitasnya, termasuk dalam hal bekerja. 

Kebanyakan orang memilih kartu prabayar maupun pascabayar yang murah saja. Namun, mereka tidak mengetahui apakah jaringan atau koneksi internetnya cepat atau lambat. padahal di zaman modern seperti saat ini yang sangat diperlukan adalah kecepatan jaringan atau koneksi internet. Sebab, hal tersebut bisa membantu kalian untuk melakukan berbagai macam aktivitas yang berkaitan dengan dunia maya atau pekerjaan lainnya.

Struktur dari APN

APN sendiri mempunyai dua buah struktur yang setidaknya kalian harus tahu. Lebih gampangnya adalah supaya kalian mengetahui cara kerja APN yang digunakan. Berikut ini terdapat struktur APN .

Pertama, Network Identifier. Bagian ini sangat wajib difungsikan sebab keberadaannya sangat berperan dalam mendefinisikan jaringan eksternal. Dimana GGSN (Gateway GPRS Support Node) tersambung. Tetapi, untuk pilihan pengaturan lainnya bisa digunakan jika kalian menginginkannya.

Kedua, Operator Identifier. Bagian ini bersifat opsional. Ia bermanfaat untuk menjelaskan gambaran jaringan paket operator spesifik dan mengetahui keberadaan GGSN. Disana ada MCC (Mobile Country Code) atau kode negara dan MNC (Mobile Network Code) atau kode jaringan seluler yang bisa mengidentifikasi operator yang digunakan secara otomatis.

Itu tadi bagaimana cara setting APN Indosat yang bisa kalian coba agar jaringan internet kalian bisa digunakan dengan cepat, stabil, dan siap sedia untuk digunakan.

Apabila kalian merasa koneksi internet yang dihubungkan lelet atau kurang stabil, langsung saja lakukan pengecekan dengan cara setting APN Indosat yang sudah dijelaskan di atas untuk smartphone android ataupun iphone kalian.

Lakukan sesuai dengan langkah di atas. Pastikan juga kalian selalu memakai provider kartu Indosat yang memiliki jaringan terluas dan tercepat.

Selamat mencoba!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.