Cara Setting Keyboard Android Bahasa Arab

0

Pernahkah kalian ingin menulis sendiri tulisan bahasa Arab saat berkirim pesan kepada orang lain? Seperti salam, istighfar, ucapan belasungkawa, ucapan selamat, dan sebagainya? Tapi kalian tidak bisa melakukannya karena tidak tahu bagaimana caranya? Tenang. Tidak perlu khawatir, Gaes. Kalian ada di tempat yang tepat karena saya akan membahasnya di artikel ini.

Untuk kalian para pengguna smartphone Android yang ingin menerapkan ejaan Arab di smartphonenya, biasanya banyak tutorial tentang cara mengetik huruf Arab di Android yang banyak tersebar di internet. Ada mereka yang emberikan tutorialnya secara rumit dan susah kalian mengerti.

Tetapi, kali ini saya akan menampilkan langkah-langkah yang mudah dan tak terlalu rumit sehingga bisa kalian terapkan dengan mudah. 

Di samping itu, beberapa langkah yang akan saya bahas pada pembahasan kali ini pun juga tak perlu megubah launcher yang sudah support Arabic atau melakukan root. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa cara setting keyboard Android Bahasa Arab yang akan kita ulas kali ini, selain mudah tentu lebih aman dan tak akan mengganggu sistem lain. Lalu, bagaimana sih caranya?

Sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu klaian ketahui, Gaes. Bahwa pada langkah-langkah yang akan saya berikan kali ini adalah setting yang hanya menambah fungsi pada keyboard dari perangkat Android jadinya tak mengubah bahasa perangkat Android secara keseluruhan.

Dengan kata lain cara setting keyboard Android memakai bahasa Arab kali ini menerapkan sebuah pengaturan bahasa Android yang tetap memakai bahasa Indonesia atau bahasa Inggris mengingat hanya menambah fungsi keyborad pada perangkat smartphone Android kalian.

Karenanya, ini berbeda dengan launcher system yang umumnya dipakai banyak orang. Di bawah ini nanti akan dijelaskan bagaimana cara melakukan settings on–screen keyboard pada perangkat Android untuk menunjang penulisan bahasa Arab. Sehingga, tidak mengganggu atau mengubah sistem operasi atau kinerja bawaan dari ponsel Android yang kalian miliki.

Kemudian, bagaimana sih cara setting keyboard Android bahasa Arab itu? Simak kuy!

Cara Settings Keyboard Android Bahasa Arab

Kalain harus tahu pada cara setting keyboard Android bahasa Arab kali ini ada dua langkah yang bisa dilakukan. 

Cara Setting Keyboard Android Bahasa Arab 1

Langkah pertama adalah masuk pada menu Setting Android yang kalian miliki. Lalu, pilih personalisasi dan di bagian bawah personal, masuk di menu Language & Input. Nanti, akan muncul di bagian bawah Keyboard & Input Methods. Langsung masuk pada menu Android Keyboard. 

Wajib kalian tahu jika Android Keyboard ini mempunyai nama yang berbeda dan tergantung merk yang dipakai. Contohnya, untuk smartphone Samsung bisa memakai Samsung Keyboard, sedangkan Asus memakai ZenUI Keyboard.

Apabila sudah, maka cara setting keyboard Android bahasa Arab 1 yang berikutnya adalah masuk pada menu Input Languages sampai keluar tampilan baru. Akan tampil menu Use System Language default atau bawaan, menu tersebut tercentang yang berarti On. Tap pada menu yang tercentang On tersebut (Un-Check). Tapi, jika menu Use System Language tersebut masih saja tercentang maka dipastikan kawan tak akan bisa memilih atau mengaktifkan beberapa pilihan bahasa lainnya, termasuk bahasa Arab.

Kemudian setelahnya cek pada bagian bawah menu Active Input Methods, cari dan centang Arabic. Selesai.

Cara Setting Keyboard Android Bahasa Arab 2

Untuk cara setting keyboard Android bahasa Arab 2 ini, kalian buka sebuah aplikasi bebas yang nantinya akan menampilkan on-screen keyboard pada ponsel Android yang kalian miliki. Contohnya, seperti Note, SMS, BBM, WA atau Line.

Apabila sudah, pada bagian keyboard, klik menu settings yang umumnya memiliki logo roda gigi atau titik tiga yang tersusun secara vertikal. Tap opsi keyboard settings

Jika kalian sudah masuk pada menu setting, langkah selanjutnya klik pada menu Inputs Language.

Nantinya akan muncul tampilan baru di mana menu Use System Language dalam keadaan On atau tercentang. Hilangkan tanda centang tersebut (Un-Check) dari On menjadi Off.

Langkah selanjutnya, pada bagian menu pilihan Active Input Methods, klik Arabic. Selesai

Kalian sudah bisa menerapkan font Arabic di smartphone android kalian, Gaes.

Memang, sekilas penerapan dari kedua cara setting keyboard Android bahasa Arab yang disajikan di atas cukup mudah dan tak terlalu rumit. Tetapi di sisi lain, jika kalian ingin kembali ke pengaturan awal atau semula yang mana keyboard nantinya hanya akan berfungsi untuk penulisan huruf latin saja maka kalian hanya perlu mengaktifkan atau mencentang pada menu “Use System language”.

Nantinya, secara otomatis dipastikan bahwa bahasa tambahan seperti Arabic atau lainnya akan terhapus atau tidak aktif.

Gaes, demikianlah cara setting keyboard Android Bahasa Arab. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.