Cara Simpel Mengatasi HP yang Tidak Bisa Dicas

Apalagi jika kamu berada dalam keadaan genting dimana kamu harus menghubungi orang lain sesegra mungkin. Tak perlu khawatir guys. Ada beberapa cara ayng bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Yuk simak ulasan berikut ini!

0

Salah satu masalah yang sering muncul pada ponsel yang sudah digunakan dalam waktu yang lama adalah tidak bisa dicas atau diisi ulang baterainya.  Baterai HP yang sering digunakan terus – menerus akan cepat habis. Jika hal ini tersu berlangsung maka permasalahan pada baterai tidak dapat dielakkan. Salah satunya adalah tidak bisa dilakukan isi ulang. Tentu saja hal ini akan merepotkan kamu karena ponselmu tersebut tidak akan bisa kamu gunakan dalam keadaan baterai kosong guys.

Tak ada yang abadii… ya benar sekali guys, tak ada yang abadi di dunia ini. Termasuk peralatan gadget yang kamu gunakan juga tidak abadi loh. Peralatan gadget tersebut bisa rusak kapan saja guys. Apalagi jika kamu sudah menggunakan ponselmu tersebut dalam waktu yang lama. Salah satu masalah yang sering muncul pada ponsel yang sudah digunakan dalam waktu yang lama adalah tidak bisa dicas atau diisi ulang baterainya. 

Baterai HP yang sering digunakan terus – menerus akan cepat habis. Jika hal ini tersu berlangsung maka permasalahan pada baterai tidak dapat dielakkan. Salah satunya adalah tidak bisa dilakukan isi ulang. Tentu saja hal ini akan merepotkan kamu karena ponselmu tersebut tidak akan bisa kamu gunakan dalam keadaan baterai kosong guys.

Apalagi jika kamu berada dalam keadaan genting dimana kamu harus menghubungi orang lain sesegra mungkin. Tak perlu khawatir guys. Ada beberapa cara ayng bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Yuk simak ulasan berikut ini!

  • Melakukan restart pada HP

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP yang tidak bisa dicas adalah dengan melakukan restart. Cara yang satu ini sangat efektif untuk membersihkan chace yang sudah menumpuk di RAM ponselmu. Pasalnya kerusakan pada proses pengisian baterai ini juga bisa disebabkan karena penumpukan yang terjadi pada RAM guys. Proses restart juga akan membuat ponselmu melakukan program ulang pada sistem yang mungkin saja ada eror.

  • Melakukan kalibrasi baterai

Baterai yang digunakan dalam waktu lama bisa jadi sudah eror. Kamu bisa melakukan kalibrasi dalam mengatasi hal ini. Proses kalibrasi ini akan memberikan stimulus pada baterai ponselmu supaya bisa kembali lagi ke siklus awalnya. Proses kalibrasi juga akan membuat proses reset pada kesalahan yang terdapat pada baterai. Caranya dengan menggunakan HP sampai baterai habis dan mati sendiri, nyalakan lagi, lalu biarkan mati. Setelah itu isi dayanya tanpa menyalakan. 

  • Menggunakan adapter charger bawaan

HP yang sering diisi ulang dengan charger yang bukan bawaannya mempunyai potensi kerusakan pada baterai lebih besar. Sebaiknya kamu menggunakan adapter charger HP bawaannya guys. Jika ternyata cara yang satu ini tetap gagal, maka gunakanlah adapter charger dengan daya yang lebih besar. Supaya proses pengisian baterai tetap bisa dilakukan.

  • Membersihkan lubang charger dan port USB

Penumpukan debu pada lubang charger dan port USB pada HP juga bisa menyebabkan HP tidak bisa diisi ulang baterainya guys. Sebaiknya kamu membersihkan port USB dengan cara meniupnya. Kamu juga bisa menggunakan lidi ataupun tusuk gigi untuk mengembalikan posisi port USB menjadi seperti semula jika ada yang longgar. 

  • Mengisi HP dari sumber listrik yang benar

Kamu juga harus memastikan sumber daya yang kamu gunakan untuk mengisi ulang HP memadai guys. Ponselmu tidak akan bisa dicas jika ternyata sumber daya yang digunakan lebih rendah dibanding adapter yang kamu gunakan. Hindari juga mengisi daya HP dari laptop atau PC yaa guys. Pasalnya daya laptop tersebut rendah dan berpotensi untuk merusak HP.

Salam teknologi! Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP yang tidak bisa dicas yaa guys. Jika ternyata ponselmu tetap tidak bisa dicas setelah mencoba cara diatas, ya mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk beli baru guys hehe. Kamu juga bisa mencari cara lain yang mungkin lebih efektif. Semoga bermanfaat yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.