Cara Transfer Chat Whatsapp dari Android ke iPhone

0

Pada saat ini hampir semua pengguna smartphone sekarang memakai aplikasi pesan singkat WhatsApp. Hal ini tentu disebabkan oleh layanan perpesanan instan ini memberikan penawaran berbagai fitur yang mempermudah para penggunanya seperti untuk mengirim berbagai file dokumen lewat WhatsApp.

Baca Juga : Semua Tentang USB Type C yang Harus Diketahui

Di samping itu kalian juga bisa memidahkan percakapan kalian di WhatsApp dari smartphone yang satu ke smartphone lainnya. Ketika kalian memindahkan chat WhatsApp memang memerlukan perhatian khusus karena WhatsApp memakai teknologi enkripsi dimana pesan yang sudah kalian backup di Gmail atau iCloud tidak akan bisa dibaca kecuali sudah didekripsi.

Karenanya saat kalian ingin memindahkan percakapan contohnya dari Android ke iPhone atau iOS maka tidk bisa langsung ganti akun begitu saja. Ini karena dipengaruhi oleh beberapa hal. Berikut saya akan membagikan cara untuk memindahkan chat WhatsApp dari Android ke iOS.

Cara Transfer Chat Whatsapp dari Android ke iPhone

Mungkin ada sebagian yang masih bingung bagaimana caranya memindahkan chat dari aplikasi WhatsApp android ke iPone. Oleh karena itu saya sudah merangkumnya dalam beberapa cara. Langsung saja kita kuy!

Memindahkan Chat dengan Aplikasi Move to iOS

Apple sudah menyediakan aplikasi dengan nama Move to iOS untuk memudahkan para penggunanya yang ingin melakukan perpindahan dari iPhone ke Android atau pun sebaliknya.

Aplikasi ini bermanfaat untuk memindahkan file baik kontak, chat, foto, kalender, kontak, SMS dan lain-lain dengan mudah dan cepat.

Yang perlu kalian ingat adalah aplikasi Move to iOS hanya mendukung Android versi 4.0 ke atas dan transfer ke iPhone dengan iOS versi  9 ke atas. 

Baca Juga ; Cara Backup Chat Line Dengan Mudah Dikontak Kalian

Ingin tahu bagaimanakah cara melakukannya? Simak cara-caranya berikut dengan baik ya, Gaes.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka smartphone iPhone kalian. Kemudian kalian bisa jalankan setup seperti biasa dan tap opsi Apps & Data.

Selanjutnya kalian silahkan pilih “Move Data from Android” dan nanti akan muncul 10 digit angka di layar.

Baca Juga : Tips Rahasia Menulis Chatt di Whatsapp

Kemudian, kalian bisa buka smartphone Android kalian, lalu download dan instal aplikasi Move to iOS yang ada di Google Play Store.

Langkah berikutnya langsung buka aplikasinya dan klik “Continue, agree to the term of use”, pilih Next dan masukkan 10 digit angka yang muncul di iPhone tadi.

Beriktunya nanti akan muncul beberapa pilihan untuk memilih apa saja yang ingin kalian transfer ke iOS, pilihannya adalah Google Account, Chrome bookmarks, SMS, kontak, foto dan video. Kalian segera pilih yang ingin kalian transfer dan tap opsi Next.

Baca Juga : Cara Mengatasi Unsend Chat di Whatsapp Lebih Dari 7 Menit

Sesudah itu Android kalian akan memulai proses transfer dan waktu transfer tergantung dari besarnya data yang akan kalian transfer mmumnya sekitar 10-15 menit. Selesai.

Cara Memindahkan Whatsapp Chat

Untuk transfer WhatsApp chat dari Android ke iOS caranya hampir sama dengan transfer iOS ke Android.  Kalau kalian ingin memindahkan chat WhatsApp dari iOS ke Android maka kalian bisa memakai aplikasi Wazzap Migrator.

Sedangkan untuk memindahkan chat WhatsApp dari Android ke iOS bisa memakai aplikasi yang bernama Backuptrans. Sayangnya, Aplikasi ini berbayar, dan harganya $29.95 . Kalian bisa di download di link ini (http://www.backuptrans.com/android-iphone-whatsapp-transfer-plus.html).

Langkah yang harus kalian ikuti adalah pertamanya, kalian wajib mempunyai account dan aplikasi iTunes dengan versi terbaru di PC / MAC kalian. Sesudah itu backup Whatsapp Chat di Android.

Baca Juga :  .Cara Membuka Iphone yang Terkunci

Kemudian, aktifkan Enable USB debugging di Android dengan memilih Settings, klik opsi About Device dan tap Build Number 7 kali untuk membuka Developer Mode.

Langkah selanjutnya kembali ke menu Settings, tekan tombol Developer Options dan switch on Enable USB debugging. Lalu hubungkan smartphone Android kalian ke PC / MAC yang sudah terinstall aplikasi Backuptrans.

Setelah Android terhubung dengan PC sekarang hubungkan iPhone dengan PC / MAC, sehingga Android dan iPhone kalian terhubung ke PC / MAC yang sama.

Baca Juga : Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa di Uninstall

Kemudian buka aplikasi Backuptrans dan cek apakah keduanya (Android dan iPhone) sudah terhubung. Lanjutkan dengan memilih Android dan di bagian Toolbar atas terdapat pilihan “Transfer Messages from Android to iPhone”, disitu kalian bisa memilih hanya ingin memasukkan chat tertentu atau semua chat ke iPhone kalian.

Berikutnya, kalian hanya perlu ikuti prosesnya dan setelah proses selesai chat akan berpindah dari Android ke Whatsapp.

Itu tadi cara untuk  memindahkan data chatting WhatsApp dari Android ke iPhone. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.