Cara Uninstall Aplikasi di Laptop atau PC sampai Tuntas

0

Kalian mungkin pernah menyelesaikan suatu tugas atau pun pekerjaan lainnya yang mewajibkan kalian untuk mendownload dan menginstall aplikasi lain. Dan kalian juga terkadang mendownload game sebagai hiburan saat sedang bosan.

Hanya saja aplikasi tersebut kadang tidak kalian pakai lagi setelah tugas atau pun pekerjaan itu sudah selesai. Akhirnya, aplikasi tersebut tetap tersimpan dan menghabiskan penyimpanan  (storage) di laptop atau PC kalian dan membuatnya menjadi berat dan lambat. Oleh karena itu, kalian harus menghapusnya atau meng-uninstall aplikasi tersebut dari pada menghabiskan storage PC atau laptop kalian.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop atau PC

Supaya kalian semua bisa melakukan Uninstall, perlu kalian ketahui dulu bahwa untuk uninstall aplikasi di PC ini tidak sama dengan di smartphone yang hanya tinggal menekan icon pada layar lalu kalian bisa menghapusnya.

Baca Juga :  Cara Mempercepat Windows 10 di Laptop dan PC.

Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan saat ingin menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi di PC atau laptop. Langsung simak saja kuy!

Uninstall aplikasi melalui Control Panel

Control Panel merupakan sebuah pusat area konfigurasi dalam sistem operasi Windows. Di dalam sistem operasi Windows, control panel bermanfaat untuk melakukan perubahan pada konfigurasi dalam sistem operasi Windows kamu.

Langkah yang harus kalian lakukan untuk menghapus aplikasi lewat Control Panel yang pertama adalah membuka Control panel di PC dengan cara klik tombol start, lalu pada kolom pencarian ketikkan Control Panel.

Baca Juga : Cara Mempercepat Windows 10 Anti Lemot .

Selesai jendela tampilan control panel terbuka, di menu Programs tap opsi Uninstall a Program. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin kalian uninstall dan klik kanan di aplikasi tersebut, lalu tap Uninstall. Tunggu sampai proses uninstall selesai.

Uninstall aplikasi melalui Setting atau pengaturan

Cara yang harus kalian lakukan pertama kali adalah dengan membuka jendela tampilan Setting di PC atau laptop kalian dengan cara tap tombol start dan klik icon setting yang ada pada sisi bawah kiri. 

Selanjutnya, kalian pilih dan klik opsi Apps pada jendela tampilan setting. Kemudian, tap opsi Apps and Features.

Setelah itu, pilih dan klik aplikasi yang akan diuninstal, lalu pilih tombol Uninstall.  Tunggu  sampai proses uninstall selesai.

Uninstall Aplikasi melalui Tombol Start

Tombol start atau start menu merupakan fitur dari sistem operasi Windows yang memberikan akses cepat ke berbagai program, folder, dan pengaturan sistem.

Di samping beberapa cara di atas kalian bisa uninstall atau menghapus aplikasi dari tombol start.

Baca Juga : Alasan dan Solusi Laptop Lemot Saat Work Home .

READ  Cara Gampang Menghapus Status WhatsApp Sendiri dan Orang Lain

Caranya sederna. Kalian bisa buka Menu Start di PC atau lapotp kalian. Kemudian pilih aplikasi yang ingin kalian uninstall, lalu klik kanan aplikasi tersebut dan klik Uninstall. Selesai.

Unintsall aplikasi melalui Revo Uninstaller

Di samping unistall aplikasi dengan ketiga cara di atas, kalian juga dapat melakukan uninstall aplikasi sampai ke akar-akarnya dengan aplikasi Revo Uninstaller.

Biasanya saat kalian uninstall aplikasi  dengan ketiga cara di atas, registry aplikasi masih tertinggal. Kalau ini kalian biarkan akan terus menumpuk dan menyebabkan kinerja sistem semakin melambat

Oleh karena itu saya di sini saya sarnkan kalian memakai Revo Uninstaller  yang bisa menguninstall aplikasi dengan bersih sampai ke akarnya.

Baca Juga : Cara Mematikan Update Window 10 

Pertama-tama, kalian buka Revo Installer di PC atau laptop. Kalau kalian belum punya, kalian bisa  mendownloadnya disini. Lalu install.

Selanjutnya, akan terbuka tampilan utama dari aplikasi Revo. Kalian langsung saja pilih dan klik aplikasi yang ingin di uninstall. Setelahnya klik Uninstall.  Atau pilih aplikasi yang akan dihapus, klik kanan dan pilih opsi Uninstall. Selain itu bisa juga dengan cara pilih aplikasi yang akan dihapus, double click pada aplikasi tersebut.

Baca Juga : Cara Mengganti Wallpaper Pada Window 10 .

Nantinya akan muncul jendela tampilan yang memberitahukan apakah kalian yakin akan menghapus aplikasi tersebut. Kalau iya pilih opsi yes.  Kemudian kalian tinggal menunggu sampai proses uninstall selesai. 

Ketika proses uninstall selesai, maka akan tampil informasi bahwa aplikasi tersebut sudah terhapus. Terakhir, kalian klik OK.

Baca Juga : Cara Menghapus Riwayat Pencarian di file Explorer Window 10 .

Selanjutnya kalian bisa melakukan proses scanning setelah aplikasi berhasil di uninstall. Proses scanning ini berguna untuk mendeteksi file-file yang masih tertinggal dan kalian bisa menghapus sampai ke akar-akarnya. Pada Scanning Mode, pilih Advanced agar Revo Uninstaller bisa bekerja ke dalam sistem dengan lebih baik. Selanjutnya pilih Scan. Tunggu sampai proses scanning selesai.

Revo Uninstaller akan mencari kembali file-file yang masih tertinggal. Kemudian centang  file yang ditemukan untuk menghapusnya. Setelah itu, klik delete.

Baca Juga : Cara Kalibrasi Baterai Laptop Window 10 .

READ  Cara Melihat Viewer Video di Instagram

Sesudah proses selesai, jika kalian masih menemukan junk files dari aplikasi tersebut, centang kembali dan klik tombol delete. Ketika semuanya bersih, proses akan berhenti sendiri dan kembali ke jendela tampilan awal aplikasi.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Kalian tidak perlu khawatir lagi kalau belum tahu baggimana caranya untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi. Kalian bisa memakai beberapa cara di atas yang menurut kalian paling mudah untuk dilakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.