Daftar Harga Stik Keju per Kilo

Pada kesimpulannya formula stik keju tercantum dalam jenis formula kue kering, tapi umumnya cemilan ini dimasak dengan metode digoreng dan juga tidak dipanggang seperti kue kering mayoritas.

0

Stik keju ataupun cheese stick adalah cemilan khas yang jadi kesukaan banyak orang. Stik yang renyah dan punya rasa yang gurih khas keju tersebut.

Ketika masa Lebaran datang, aneka santapan dan juga kue banyak kalian temui saat bertamu ke orang sebelah, kerabat, maupun sahabat. Salah satu kue yang sering dijadikan suguhan untuk para tamu saat hari raya adalah stik keju.

Dengan harga per kilo yang cukup terjangkau, panganan ini cukup laris dan juga selalu ludes dalam waktu yang pendek.

Dapat dikatakan, stik keju ataupun cheese stick adalah cemilan khas yang jadi kesukaan banyak orang. Stik yang renyah dan punya rasa yang gurih khas keju tersebut, seperti diutarakan di awal, sering disajikan pada perayaan Idul Fitri.

Hanya saja, tidak banyak yang tahu kapan stik keju mulai ada dan juga dari mana formula kudapan tersebut berasal.

Dikutip dari web milik Prochiz, meskipun tidak dikenal dengan tentu dari mana formula kudapan ini berasal, tapi secara awam, kalian dapat melihat jika kata “sistik” maupun “cistik” ini memiliki bunyi yang sangat mirip dengan‘ cheese stick’ dalam bahasa Inggris yang artinya stik keju.

Meskipun pada kesimpulannya formula stik keju tercantum dalam jenis formula kue kering, tapi umumnya cemilan ini dimasak dengan metode digoreng dan juga tidak dipanggang seperti kue kering mayoritas.

Bahan Membuat Stik Keju

Secara universal, bahan dasar formula stik keju adalah tepung terigu, tepung tapioka, telur kocok, keju cheddar, mentega, bubuk pengembang (baking powder), dan juga minyak untuk menggoreng. Bahan sangat berarti dalam formula stik keju adalah tepung tapioka.

Mengapa tepung tapioka? Tepung tapioka pada formula stik keju berguna untuk melekatkan dan melindungi seluruh bahan, paling utama tepung terigu yang gampang sirna.

Tepung terigu sangat mudah hilang ketika digoreng, dan inilah fungsi utama tepung tapioka. Tepung tapioka bisa keras ketika dipanggang.

Tepung tapioka cenderung jadi renyah jika digoreng, karena itu tidak mengherankan kalau sesudah itu juga sering dijadikan bahan buat membuat kerupuk. Karenanya, tepung tapioka yang membuat formula stik keju kalian renyah dan membedakannya dengan kue kering.

Resep Stik Keju

Jika kalian doyan maupun punya hobi memasak, untuk hemat pengeluaran, kalian bisa membuat stik keju secara mandiri. Ada puluhan, apalagi ratusan formula, stik keju yang bsia kalian aplikasikan di rumah. 

Bukan hanya bisa hemat anggaran, membuat stik keju sendiri juga membuat kalian bisa mengendalikan gizi yang tercantum di dalam kudapan tersebut.

Salah satu formula stik keju yang diperlukan antara lain 350 gr tepung terigu protein lagi, 75 gr keju cheddar yang diparut halus, 150 gr margarin, 3 butir telur ayam dikocok, 1 sendok makan tepung kanji, 3 sendok makan air, 1 sendok teh garam halus, separuh sendok teh kaldu bubuk rasa ayam, dan juga minyak goreng.

Campur tepung terigu, tepung kanji, kaldu bubuk, dan juga garam jadi satu. Lalu, masukkan kocokan telur, keju parut, dan juga margarin, lalu aduk rata dengan tangan. Selanjutnya, tuang air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis.

Sesudah itu, giling tipis adonan dan potong memanjang dengan pisau.

Susun adonan yang sudah dicetak lalu taburi tipis-tipis dengan tepung terigu. Setelah itu, goreng, angkat, dan tiriskan.

Smentara, tipe keju yang kedua adalah keju parmesan. Keju ini memiliki tekstur yang lebih keras dan rasa yang umumnya lebih asin. Jika kalian menginginkan rasa yang lebih asin pada stik keju kalian, kalian dapat membubuhkan serpihan keju parmesan parut di adonan stik keju kalian.

Biasanya, keju parmesan dijual dengan harga yang lebih besar dibandingkan keju cheddar. Jika untuk kalian opsi keju parmesan tidak murah, kembalilah ke opsi keju cheddar.

Tetapi, jauhi penggunaan keju lunak yang mudah lumer seperti keju mozzarella karena akan  membuat stik keju hilang ketika digoreng.

Harga Stik Keju

Tidak sulit mendapatkan stik keju. Alasannya, kudapan ini sudah banyak dijual di pasaran, baik di pasar tradisional, minimarket, toko kue, maupun web jual beli online.

Kalian juga bisa mendapatkan stik keju dengan beragam bonus rasa dan bermacam kemasan, mulai 60 gr, 100 gr, 250 gr, 500 gr, dan juga 1 kg.

Itu tadi untuk harga stik keju per kilo dalam tahun 2021 ini, mungkin ini akan terus bertambah dan berubah sesuai dengan keperluan dan juga bahan-bahan untuk membuatnya. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.