Daftar Harga Ukulele Senar 3

Mirip layaknya gitar tetapi dengan dimensi yang lebih kecil, ukulele sekarang ini muncul dalam berbagai jenis senar, mulai senar 3, senar 4, sampai senar 6, serta dijual dengan harga cukup terjangkau.

0

Jika kalian sempat melihat pertunjukan musik keroncong, kalian mungkin tidak asing lagi dengan instrumen musik bernama ukulele.

Pernah mendengar alunan suara music ukulele? Tertarik ingin belajar memainkannya dan mencari harga terbaik alat music tersebut? Kalian berada di tempat yang tepat, Gaes.

Jika kalian sempat melihat pertunjukan musik keroncong, kalian mungkin tidak asing lagi dengan instrumen musik bernama ukulele. Ini adalah perlengkapan musik terutama dalam musik keroncong yang kecil dan gampang dimainkan.

Mirip layaknya gitar tetapi dengan dimensi yang lebih kecil, ukulele sekarang ini muncul dalam berbagai jenis senar, mulai senar 3, senar 4, sampai senar 6, serta dijual dengan harga cukup terjangkau.

Asal Usul Ukulele

Dari Wikipedia diketahui Ukulele ini adalah perlengkapan musik petik sejenis gitar berdimensi kecil, dekat 20 inci, dan merupakan perlengkapan musik asli Hawaii yang ditemui dekat tahun 1879.

Waltu itu, imigran Portugis dari Madeira (Azores) dan Portugal melakukan ekspedisi melalui Afrika Selatan ke Hawaii antara tahun 1878 sampai 1913 sebanyak 20.000 orang.

Salah seseorang bernama Joao Fernandez bawa gitar kecil yang diucap Braginho di Braga (Portugal) dan jadi perlengkapan musik terkenal di Hawaii dengan dimensi yang lebih kecil, mudah dibawa dengan 4 senar saja, yang kemudian diucap ukulele.

Masih dari sumber yang sama (wikipedia), di tahun berikutnya ukulele sesudah itu dibawa ke Pulau Ambon, lalu mampir ke Makassar, serta kesimpulannya jadi perlengkapan utama buat musik keroncong di Kampung Toegoe (Cilincing, Jakarta Utara).

Di dalam musik keroncong, ukulele jadi perlengkapan musik utama yang mengeluarkan suara crong, crong, crong, sehingga musik tersebut setelah itu diucap dengan ‘keroncong’ semenjak tahun 1880.

Sebab memiliki dimensi yang kecil, cuma dekat 20 inci, dan mudah dibawa ke mana saja dalam ekspedisi, tidak heran jika sesudah itu ukulele diucap dengan nama ‘balita gitar’.

Dalam perkembangannya, ukulele pula menyebar ke bermacam tempat, dari sebelah timur Amerika Serikat mengarah Jepang serta Eropa.

Ditambah lagi, pemain handal semacam Lyle Ritz, Led Kaapana, Herb Ohta, Chino Montero, Troy Fernandez, Ben Chong, Peter Moon, Byron Yasui, Andy Sexton, B. B. Shawn, Moe Keale, Tracey Terada, sampai Jake Shimabukuro meyakinkan jika ukulele sudah menemukan tempat serta akan selalu menemukan tempat paling atas di jajaran perlengkapan musik bersenar.

Soprano

Soprano, yaitu ukulele yang sangat kecil dengan dimensi fingerboard 33 centimeter. Karena ukurannya yang kecil, jenis ini sangat mudah buat dibawa ke mana saja. Ukulele ini sangat pas buat mereka yang memiliki jari-jari tangan yang kecil.

Jika dibandingkan dengan tipe yang lain, ukulele soprano ini sangat direkomendasikan untuk para pendatang baru yang ingin mulai belajar ukulele. Buat tipe ukulele yang satu ini, memiliki suara serta bentuk yang sangat khas. Bentuk dan suaranya mirip dengan ukulele tradisional yang sering dipakai di Hawaii.

Concert

Concert, memiliki fingerboard sedikit lebih besar daripada ukulele soprano. Kelainannya memanglah tidak banyak, hanya dekat 3 centimeter saja.

Sebab, ukurannya yang tidak jauh berbeda, suara yang dihasilkannya juga masih seragam. Ini merupakan opsi terbaik buat mereka yang memiliki jari-jari tangan yang lebih besar.

Dengan dimensi fingerboard yang lebih panjang, sampai dapat memudahkan kalian mengendalikan pitch. Jenis ini yaitu jenis yang sangat banyak dipakai.

Tenor

Tenor, ini adalah jenis yang sangat sesuai buat mereka yang ingin memainkan ukulele pada zona yang lebih luas. Dimensi tubuh tenor yang besar menolong menciptakan suara yang lebih kokoh.

Dengan dimensi fingerboard 43 centimeter, membuat kalian dapat memainkan pitch dengan lebih normal. Bukan hanya dari segi dimensi, yang membedakannya juga ada di suara yang dihasilkan. Suara ukulele dengan tipe ini lebih mirip gitar.

Ukulele tenor sangat sesuai buat mereka yang bahagia bermain dengan melodi.

Baritone

Baritone, adalah ukulele dengan tuning yang sama dengan gitar, ialah D-G-B-E, namun memiliki dimensi fingerboard yang lebih kecil yaitu dekat 50 centimeter.

Jenis ini yaitu ukulele yang sangat sedikit dimainkan daripada 3 jenis ukulele yang lain. Dulunya, tipe ukulele ini jadi guna bass dalam lapisan ukulele.

Tetapi, sejak kedatangan tipe bass, tipe baritone jadi seperti penengah dari keduanya. Meski begitu, sebab ukulele tipe bass masih belum sering di dengar, banyak orang yang masih menggunakan guna ukulele baritone selaku ukulele bass.

Bass

Bass, merupakan suatu inovasi perlengkapan musik baru yang berbeda dari ukulele umumnya. Ilham ukulele bass dulu dicetuskan oleh suatu industri kecil bernama Road Toad.

Pada tahun 2007, Road Toad bekerja sama dengan Kala, salah satu pembuat ukulele terkenal, membuat ukulele bass dengan harga yang terjangkau.

Ukulele bass memiliki dimensi sebesar baritone, tapi dengan suara bass tentunya dengan tuning E-A-D-G. 

Harga ukulele senar 3 di atas dirangkum dari bermacam sumber, tercantum toko perlengkapan musik dan juga web jual beli online.

Harga ukulele senar 3 tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di tiap-tiap tempat.

Harga Ukulele Senar 3

Ukulele Senar 3 Mini ditawarkan dengan harga Rp67.500 – Rp87.500. Sedangkan MYM Ukulele Senar 3 ditawarkan dengan harga Rp70.000 – Rp100.000.

Ukulele Senar 3 Tabung Tipis ditawarkan degnan harga Rp110.000 – Rp195.000. Lalu PTR3 Ukulele ditawarkan dengan harga Rp145.000 – Rp198.400.

Ukulele Senar 3 Mahoni ditawarkan dengan harga Rp390.000 – Rp503.000. Sedangkan  Ukulele Senar 3 Santana Solid Wood ditawarkan dengan harga Rp850.000 – Rp1.099.000. Untuk data lebih lengkap, kalian bisa datang langsung ke toko instrumen musik terdekat di kota kalian. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.