Deteksi Password Bocor dengan Plug-in Chrome

0

Kecanggihan teknologi sebenarnya tak membuat kita ikut kreatif mengikuti perkembangannya. Salah satu contoh kasus adalah akun yang kita miliki. Seringkali kalian berfikir akan lebih praktis dan mudah kalian ingat dengan menggunakan 1 password untuk log in di beberapa website, baik di smartphone atau pun PC. Padahal ini adalah pemikiran yang salah, Gaes.

Untuk kalian tahu, saat kalian melakukannya, maka dengan demikian satu atau beberapa password kalian berpeluang telah dicuri dan dibagikan di forum hacker untuk dicoba oleh peretas lain. Dan di sini lah peran Okta, suatu penyedia plug-in untuk Chrome yang memungkinkan kalian tahu seberapa aman password Anda.

Dari CNET dikabarkan bahwa Okta merupakan sebuah perusahaan yang  membuat software manajemen login. Saat kalian masuk ke situs resminya, Okta akan mengenalkan dirinya sebagai gerbang terdepan yang menghentikan peretas iseng saat kalian masuk ke platform digital apapun yang kalian atau bahkan perusahaan gunakan.

 

Belakangan ini perusahaan tersebut juga sudah melangkah lebih jauh dan merilis plug-in browser bernama PassProtect. Ketika kalian memakai password utuk masuk Twitter atau yang lainnya, plug in tersebut akan memberi tahu kalian berapa kali password yang bersangkutan telah dicoba oleh hacker secara ilegal.

 

Dalam layanan lain sebenarnya ini sudah tersedia. Seperti database Have I Been Pwned yang terus menambahkan daftar email dan password yang pernah diretas.

Okta di sini sepertinya ingin menampilkan fitur yang sama tapi dalam bentuk plug ini agar para penggunanya lebih waspada terhadap serangan para hacker yang ingin mencari keuntungan pribadi dan merugikan kalian.

Plug-in ini sendiri secara aman akan memeriksa password kalian, mengubah menjadi beberapa rangkaian karakter acak, dan mengirimkannya ke situs Have I Been Pwned untuk melihat seberapa aman password kalian.

 

Okta juga menjelaskan dalam sebuah tulisan di blog bahwa dengan adanya notifikasi terus menerus atau real time saat kalian mengetik, PassProtect bisa langsung memberi tahu kalian dari kemungkinan password yang beresiko tinggi sehingga mereka bisa mencari langkah terbaik secara cepat dan tepat tanpa mengorbankan privasi penggunanya.

 

CNET sendiri menginformasikan bahwa plug-in ini aman karena datanya tidak dikirimkan ke situs Have I Been Pwned. 

 

Sekarang ini, kalian hanya bisa mengoperasikan plug-in tersebut di browser Chrome. Tetapi jangan khawatir, Gaes. Kabar yang beredar, tidak lama lagi pihak Firefok juga akan menyediakan plug-in ini untuk menjamin keamanan password kalian.

 

Sangat bagus bukan? Saat kita log in di aplikasi Twitter atau yang lain, kita langsung akan mendapat notifikasi apakah password kita bocor ataukah tidak.

 

Bagaimana? Apa kalian merasa artikel ini ada manfaatnya? Semoga saja bisa memberikan input dan output positif ya untuk kalian. Karena kita memang sering sekali memakai password yang sama untuk efisien waktu dan kemampuan mengingat kita yang kadang blank tiba-tiba kalau banyak akun dan membuka beberapa website.

 

Jangan lupa untuk terus update berita dan info terbaru hanya di website techjak.com yang menghadirkan perkembangan teknologi yang makin canggih dan up to date setiap harinya. Hadir pula tip-tips menarik untuk kalian praktikkan secara langsung baik teknologi atau ilmu pengetahuan lainnya.

 

Tulis pertanyaan di kolom komentar jika ada yang ingin kalian tanyakan juga, Gaes. Selamat berselancar di website penuh kabar dan infot terkini. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.