Fakta Akurat Soal Corona, Awas Termakan Hoax!

0

Beredarnya virus corona di masyarakat Indonesia tentu meresahkan. Banyak sekali masyrakat Indonesia yang justru menjadi semakin mudah termakan hoax karena terlalu merasa panik. Beberapa penyebar hoax pun memanfaatkan suasana ini untuk melakukan aksinya dan membuat ricuh massa. Walaupun sudah banyak penyebar hoax yang ditangkap, namun orang-orang yang tidak sengaja termakan oleh hoax bisa saja menyebarkan berita tersebut sehingga berita hoax tentang corona terus menyebar secara cepat. Untuk mengurangi jumlah masyarakat yang tertipu oleh hoax, kalian harus memahami betul apa saja fakta akurat yang berkaitan dengan virus corona sehingga tidak mudah tertipu. Berikut fakta-fakta akurat soal corona, yuk disimak!

 

Fakta Akurat Soal Corona, Awas Termakan Hoax!

 

1. Iklim Cuaca

Iklim cuaca yang panas tidak akan membunu virus corona. Indonesia pada awalnya menganggap bahwa corona tidak akan bertahan di cuaca yang panas seperti di Indonesia, namun pada faktanya per tanggal 20 Maret 2020 sudah tercatat 369 kasus positif corona. Begitupun juga dengan cuaca yang dingin, corona tidak akan terbunuh dengan cuaca yang dingin. Satu-satunya cara untuk menghindari virus corona adalah dengan menjaga kesehatan tubuh dan mencuci tangan minimal 20 detik.

Baca Juga: Pantau Perkembangan COVID-19 Di Situs-situs Resmi Berikut Ini!

2. Pengiriman Barang

Corona memang dapat menempel di suatu benda namun tidak akan bertahan terlalu lama. Oleh karena itu, tidak perlu takut jika menerima barang dari China atau negara-negara lain yang memiliki kasus corona, karena virus tersebut tidak akan menyebar melewati benda mati.

3. Pengukur Suhu Badan

Alat pengukur suhu badan tidak dapat mendeteksi virus corona, namun hanya mengukur suhu badan saja. Jika seseorang sudah terjangkit virus corona lalu melakukan pengecekan suhu badan, maka alat ini akan berguna. Virus corona memiliki masa inkubasi pada tubuh sekitar 2-10 hari.

Baca Juga: Cara Nonton Live Streaming di Youtube

4. Garam, Bawang Putih, Kucing, Anjing, Hingga Nyamuk.

Garam tidak dapat membunuh virus corona, hal tersebut serupa dengan bawang putih yang juga tidak dapat membunuh virus corona. Hewan-hewan seperti anjing dan kucing belum secara pasti dapat dikatakan mampu menyebarkan virus corona, begitu juga dengan nyamuk. Namun, tetap disarankan untuk segera mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh anjing atau kucing.

5. Pengering Tangan

Pengering Tangan memang ada yang memiliki suhu yang panas, namun hal tersebut tidak dapat membunuh virus corona hanya jika memakai pengering tangan saja. Cuci tanganlah secara bersih menggunakan sabun atau antiseptik minimal 20 detik, lalu keringkanlah dengan pengering tangan. Jangan lupa untuk mandi minimal 2 kali sehari agar tubuh tetap bersih dan dijauhkan dari virus corona.

Baca Juga: Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android

6. Sehat Belum Tentu Negatif

Bersandiwaralah seolah-olah kalian terjangkit virus corona agar lebih menjaga diri dan kesehatan sehingga tidak menyebarkan virus kepada orang lain. Orang yang sehat namun memiliki imun yang kuat, mungkin saja bisa lolos dari penyakit corona namun orang tersebut dapat manjadi carrier atau ‘pembawa virus’ bagi orang lain. Oleh karena itu, walaupun sehat namun menjaga kebersihan, kesehatan, dan menjaga jarak dari orang lain atau social distancing adalah hal yang perlu.

Baca Juga: Menyimpan Video IGTV di Smartphone Android

 

Berdasarkan penjelasan diatas, semoga artikel ini dapat membantu untuk lebih waspada terhadap corona dan hoax yang menyebar. Semoga virus corona segera meninggalkan Indonesia dan negara-negara lainnya. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.