File Terhapus! Tenang, Begini Cara Mengembalikannya di Laptop Windows

0

Kadang ketika ingin menghapus sebuah file, kita merasa ragu-ragu untuk menghapusnya atau tidak. Memikirkan apakah file tersebut masih digunakan atau tidak untuk kedepannya. Lalu akhirnya kita memutuskan untuk menghapus file tersebut, namun tiba-tiba kita panik karena tidak seharusnya menghapus file tersebut. Atau secara tidak sengaja menghapus file yang cukup penting. Akhirnya kamu merasa stres sendiri memikirkan file yang telah terhapus tersebut.

Namun, tahukah kamu? Ketika kita menghapus file dari komputer/laptop, file tersebut tidak langsung hilang begitu saja, karena kamu tidak secara permanen menghapusnya. Saat kita menghapus tombol Delete, file tersebut memang akan hilang dari Folder tempat dimana data tersebut disimpan, namun file tersebut tersimpan di folder sampah atau yang biasa kita sebut Recycle Bin.

Lalu bagaimana cara kita mengembalikannya lagi? Nah, di dalam artikel ini akan dibahas mengenai dua cara mengembalikan file yang terhapus dalam Laptop, langsung disimak ya!

  1. Recycle Bin
  2. Masuk ke dalam Recycle Bin (ikon tong sampah di desktop)
  3. Cari file yang kamu ingin kembalikan (gunakan menu pencarian supaya lebih mudah menemukan)
  4. Jika sudah menemukan file tersebut, klik kanan pilih Restore
  5. Untuk melihat file yang dipulihkan, buka folder atau partisipasi sebelum file tersebut dihapus

Pada beberapa desktop, ikon Recycle Bin tidak bisa ditemukan, oleh karena itu, kamu bisa memunculkan dengan cara klik kanan mouse di desktop, pilih View pilih Show desktop icons

 

  1. Aplikasi Lain

Jika file tidak ditemukan di Recycle Bin, bisa saja file tersebut sudah terhapus secara permanen. Atau bisa saja ada beberapa hal yang menyebabkan suatu file terhapus secara permanen.

Selain jika karena file sudah lama, kita memang dapat menghapus file secara permanen dengan menekan tombol DEL + Shift, atau dalam hal ini, format ulang atau install ulang juga bisa jadi penyebabnya.

Namun, jika file tersebut tidak muncul dan terhapus secara permanen, kita membutuhkan aplikasi lain untuk memulihkannya. Supaya tidak salah pilih kamu bisa menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi recovery terbaik yang sudah ada. Namun ada juga data yang bisa dikembalikan dan tidak bisa dikembalikan. Untuk itu, kamu perlu memanfaatkan data cadangan dengan memanfaatkan media cloud yang sudah banyak tersedia di pasaran.

Bagaimana? Apakah file kamu yang terhapus telah kembali? Semoga bisa kembali ya. Hati-hati pula mulai sekarang ketika menghapus file-file penting.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai ya, semoga bermanfaat. Salam teknologi 😊

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.