Fitur Baru Instagram Deteksi Caption Cegah Bullying

0

Berkembangnya teknologi dan kecanggihan fitur-fitur baru di aplikasi smartphone kita, terkadang membuat seseorang lupa tentang norma dan aturan yang harus dipatuhi saat melakukan update di aplikasi mereka, misalnya Instagram. Padahal seharusnya kita bisa memanfaatkan aplikasi sosial media yang ada untuk hal-hal yang positif, berbagi semangat dan inspirasi, bukan menyebar benci dan caci maki yang berujung pada kerugian baik finansial, dan dropnye mental seseorang atau pihak lain secara psikologis.

Pernah mendengar dan melihat bukan, banyak orang yang akhirnya jatuh mentalnya, atau sampai bunuh diri saat dia akfit di sosial media, kemudian ada orang yang komen negatif atau melakukan bullying pada orang tersebut. Saking tak kuat menahan tekanan yang dia alami, berujung pada hilangnya nyawa karena tajamnya kata-kata yang kita tulisa tanpa berfikir kembali apakah baik atau menyakiti hati.

Instagram adalah salah satu media sosial yang sangat populer di tahun ini. Di sini para penggunanya dapat membagikan semua momen, baik foto, atau video. Di aplikasi ini juga muncul seleb baru seperto selebgram dan influencer.

Para selebgram ini mempunyai followers ribuan hingga jutaan, tentunya dengan following yang lebih sedikit dibanding followers yang mereka punya. Mereka tidak hanya mengandalkan followers yang banyak, tapi juga sering membagi momen berupa foto atau video yang banyak disukai dengan like dan comment tak sedikit.

Instagram pun melakukan banyak pembaruan dan layanan, termasuk upaya untuk menghentikan ujaran kebencian saat membuat caption di foto atau video yang akan diunggah di Instagram. Hal ini salah satunya bertujuan untuk mencegah bullying.

Pihak Instagram meminta para penggunanya untuk memikirkan kembali kata-kata yang ditulis penggunanya sebelum mereka mengunggahnya. 

Fitur baru ini diluncurkan sejak akhir tahun kemarin. Dimana Instagram mengembangkan dan menguji robot Al (artificial intelligence) yang dapat mengenali berbagai bentuk penindasan di Instagram.

Saat seseorang menulis caption untuk unggahan Instagram mereka, maka robot Al Instagram akan mendeteksi caption yang mungkin saja berpotensi dianggap ofensif. Nantinya pengguna tersebut akan mendapat notifikasi bahwa caption mereka mirip dengan yang dilaporkan karena bullying.

Untuk saat ini, fitur baru Instagram tersebut sudah rilis di banyak negara dan akan segera rilis secara global. 

Hadirnya fitur ini tentu saja bisa memberikan dampak positif serta memberikan edukasi bagi para pengguna Instagram agar leboh berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu. Mendorong mereka untuk mempertimbangkan kembali kata-kata yang mereka tulis sebelum mereka mengunggahnya dan dibaca semua orang di sosia media, khususnya aplikasi Instagram.

Jangan sampai, akun Instagram kita menjadi bibit tumbuhnya kebencian dan menyebar kata-kata yang tidak pantas. Karena sejatinya, bisa saja apa yang kita tulis itu adalah cerminan diri kita sendiri. 

Gaes, pilihlah kata-kata yang baik, memotivasi, dan memberi energi kepada pengguna Instagram lainnya daripada menyebar kebencian dan melakukan bullying di sosial media. 

Yuk, mulai berfikir positif, dan melakukan hal-hal positif yang bermanfaat untuk kita dan orang-orang di sekitar kita. Jangan sampai kita jadi orang yang tidak beradab dengan melakukan bullying dan melanggar norma dan aturan yang sudah berlaku di masyarakat.

Demikianlah fitur baru yang semoga makin membuat Instagram populer dan menjadi bagian positif untuk perubahan para penggunanya ke arah yang lebih baik.

Semoga bermanfaat dan terus update info dan berita terbaru hanya di techjack.com.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.