Fitur Terbaru iOS 13.4 Hadir di iPhone dan iPad

0

Pembaruan gratis selanjutnya telah tersedia di Apple buat kalian pemilik iPhone dan iPad. Bersamaan dengan itu, sejumlah fitur terbaru pun telah hadir. 

Pembaruan iOS 13.4 sudah melewati tidak kurang dari enam rilis beta, yang berarti update ini harus stabil dan bebas dari bug. Apabila kalian pengguna iOS, maka akan diminta menginstal pembaruan segera atau membiarkannya untuk menginstal secara otomatis.

Terdapat beberapa fitur baru yang datang dengan pembaruan dan beberapa penyesuaian kecil. Biasanya, semua pengaturan keamanan dan operasional yang penting juga sudah diperbarui di latar belakang, membuat perangkat kalian lebih aman pada aplikasi jahat dan malware.

Berikut adalah fitur baru terbesar di iOS 13.4 dan iPad OS 13.4, sebagaimana dilansir Metro.co.uk, Jumat (27/3/2020) 

Dukungan kursor

Sampai saat ini, kalau kalian ingin memakai kursor pada iPad, kalian harus mencari opsi yang terkubur dalam pengaturan aksesibilitas. Apple tidak hanya menampar protokol kursor lama apa pun pada sistem operasi, Apple menciptakan protokol baru yang berfungsi menambah pendekatan touch-first iPadOS.

Kursor sendiri merupakan lingkaran kecil dan transparan yang beradaptasi untuk menyorot aplikasi dan opsi saat kalian meluncurinya. Mencoba meniru apa yang dilakukan jari kalian saat menyentuh kaca.

Kalian bisa memberikan imbuhan penyesuaian lanjutan sendiri untuk menyesuaikan dukungan kursor sesuai kemauan dan bekerja dengan berbagai mouse Bluetooth dan trackpads. Produktivitas pada iPad sekarang jauh lebih mudah.

Berbagi Folder iCloud

Apple sudah berbicara tentang opsi ini untuk sementara waktu yang seharusnya mendarat pada rilis iOS 13 asli. Tetapi sekarang mmepunyao kemampuan membagikan seluruh folder di dalam iCloud Drive baik lewat tautan atau secara individual. Seperti berbagi dokumen di rangkaian aplikasi Google, kalian bisa memutuskan apakah penerima bisa melihat file atau mengeditnya juga.

Pembelian aplikasi universal

Apabila kalian mempunyai iPhone, MacBook, iPad dan Apple TV maka mempunyai cukup banyak toko aplikasi yang berbeda untuk dinavigasi dan dipakai. Kalau kalian membeli satu aplikasi di satu perangkat maka kalian tidak bisa memakainya di aplikasi lain.

Tetapi, dengan iOS 13.4/ iPadOS 13.4 Apple memberi kemungkinan pengembang menawarkan bundel ‘Pembelian Universal’, yang membuka kunci aplikasi yang sama di semua perangkat Apple kalian.

Stiker memooji

Bagiang belum tahu, Apple mempunyai avatar kartun ini yang bisa ditetapkan pengguna sebagai obrolan atau pesan. Ini adalah fitur yang ringan tetapi beberapa orang sangat menyukai hal-hal ini.

Seperti apapun, untuk iOS 13.4 Apple sudah menambahkan sembilan stiker baru untuk kalian pakai dengan Memoji kustom. Ini termasuk hal-hal seperti ‘Wajah Tersenyum dengan Hati’ dan ‘Pesta Wajah’. Sebenarnya, mengingat jumlah komunikasi ekstra yang kita semua lakukan lewat aplikasi digital sekarang, stiker baru ini bisa saja disukai orang banyak.

CarPlay

CarPlay adalah aplikasi ramah-mobil Apple yang memungkinkan kalian mengakses aplikasi iPhone kalian lewat sistem infotainment mobil kalian. Dengan iOS 13.4 aplikasi navigasi pihak ketiga sekarang didukung.

Dengan begitu, sementara bisa menyambungkan iPhone ke mobil, kalau tadinya Anda tidak akan bisa memakai layanan seperti Waze, Google Maps atau Citymapper, kini Anda bisa.

Pembaruan kecil

Beberapa pembaruan yang lebih kecil sekarang hadir di iOS 13.4, seperti opsi mengaktifkan ‘Hey Siri’ terlepas dari apakah ponsel kalian menghadap ke bawah (yang sebelumnya akan menonaktifkannya) atau tidak. Kalian bisa menemukan opsi ini di opsi aksesibilitas untuk Siri.

Di samping itu, aplikasi Pintasan sekarang mempunyai tindakan ekstra untuk memberi tampilan aplikasi Foto dalam pintasan keyboard untuk bernavigasi dan mengedit. Terakhir, saat VPN dinonaktifkan, sekarang akan memberi tahu kalian secara langsung di bilah status.

Selamat mencoba dan menikmati berbagai fitur anyar di iOS 13.4 ini, Gaes!

Leave A Reply

Your email address will not be published.