Frogs, Drone Taksi Terbang dari Jogja

0

Gaes, kalian pernah nonton film animasi? Pernah lihat kendaraan terbang yang ada di film itu kan? Ya, pasti pernah. Salah satu contohnya kalian bisa lihat di film animasi Doraemon berjudul ‘Stand by Me.’

Dengan kendaraan terbang itu, kalian bisa melihat banyak kendaraan seperti motor dan mobil terbang. Bukankah itu canggih? Apalagi kalau itu bisa jadi kenyataan, pasti menakjubkan.

Tapi jangan salah, sebentar lagi semua itu akan jadi nyata kok. Ini karena ada salah satu perusahaan dari Yogyakarta berhasil membuat drone taksi terbang bernama Frogs. Mau tahu bentuknya seperti apa?

 

FROGS

Kalau kalian berfikir perusahaan yang bisa membuat kendaraan terbang itu berasal dari luar negeri, kalian salah. Karena yang berhasil membuat terobosan canggih ini adalah UMG Medialab dari Jogja.

UMG Medialab merupakan perusahaan Venture Capital (VC) dan Venture Builder (VB), yang bergerak di bidang pemanfaatan teknologi. UMG Medialab ikut juga menciptakan ekosistem startup teknologi 4.0 di Yogyakarta.

Menariknya, salah satu proyek yang berhasil dikembangkan perusahaan Medialab adalah Frogs. Frogs? Jadi Frogs ini adalah drone berbentuk taksi terbang yang berhasil mereka buat dengan teknologi canggih.

Dikutip dari berbagai sumber, Jefry Pratama, Venture and Investment Partners, menjelaskan sedikit soal drone yang dikembangkan perusahaannya. Menurutnya, drone ini hampir selesai pengerjaannya.

Ada mainframe atau kabin khusus untuk penumpang, motor, baterai, sampai baling-baling semuanya sudah lengkap. Ia mengatakan bahwa yang perlu dilakukan sekarang adalah merevisi interior drone, seperti kursi dan pegangan penumpang.

Jefry juga mengungkapkan apabila drone ini tidak hanya ditujukan untuk memuat orang. Frogs juga bisa dipgunakan untuk memuat kargo, kebutuhan militer, dan logistik di daerah yang terkena bencana alam. Sungguh menarik.

Sebelum melakukan terobosan, perusahaan UMG Medialab sendiri harus melakukan penelitian selama 2 tahun untuk membuat drone ini. Frogs ini sendiri dibuat untuk dapat memenuhi kebutuhan transportasi di Indonesia.

Perusahaan UMG Medialab sudah berencana untuk membidik pangsa pasar jasa taksi udara. Akan tetapi sebelum itu, drone ini akan dibawa ke pameran teknologi Hannover Messe 20-24 April 2020.

Lebih lanjut Jefri mengatakan bahwa untuk komersialnya, mereka berharap secepatnya wahana ini bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Jefry juga mengungkapkan kalau mereka masih menunggu regulasi siap. Karena seperti yang kita tahu, Gaes, peraturan soal pesawat listrik berpenumpang di Indonesia memang belum ada.

Kalau kita lihat lagi, sebenarnya ini bukan pertama kalinya ada taksi terbang. Sebelumnya juga ada Cora, sebuah kendaraan taksi terbang yang dikembangkan oleh Kitty Hawk.

Kira-kira kalau drone taksi terbang benar-benar ada di Indonesia, bisa membantu mengatasi kemacetan yang ada tidak ya, Gaes?

Ya, mudah-mudahan saja terobosan baru ini membuat transportasi di Indonesia makin maju dan canggih, serta memberikan kenyamanan dan keamanan untuk para penumpangnya.

Semoga juga drone Frogs, taksi terbang ini bisa dipatenkan dan menjadi sarana layanan terbaik di bidang transportasi untuk masyarakat luas.

Kapan rilisnya? Ditunggu saja, Gaes.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa up to date berita dan tips terbaru hanya di techjak.com. Akan hadir info seputar ilmu pengetahuan dan teknologi agar menambah wawasan kalian, juga menghadirkan solusi dari berbagai masalah teknologi atau pun kabar lain baik lokal maupun internasional.

Semoga masyarakat Indonesia makin kreatif dan menciptakan terobosan baru untuk kebaikan bumi dan lingkungan ke depannya.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.