Fungsi Smartphone Android yang Jarang Digunakan

0

Di era digital sekarang ini banyak smartphone hanya dipakai untuk Chatting, Internetan, Streaming Video online, mendengarkan musik, Selfie, dan yang paling utama Bermain Game, baik Offline ataupun Online. Kegiatan semacam itu sudah sangat biasa dilakukan oleh para pengguna Smartphone. Kemudian, apakah ada fungsi lain dari smartphone Android yang belum kalian ketahui? Jawabannya “Ada” dan pasti kalian penasaran kan?

Seperti yang kalian ketahui bahwa Smartphone Android tidak hanya dipakai untuk itu saja, tetapi ada kegunaan lain yang jauh lebih keren yang jarang dipakai atau bahkan kalian tidak mengetahuinya.

Baca Juga : Trik Membuat Smartphone Android Menjadi CCTV

Salah satunya untuk remote control TV dan DVD. Ya, ada beberapa merek TV ternama yang bisa kalian kontrol melalui Smartphone, contohnya saja Samsung Smart TV. TV tersebut mampu kalian kendalikan dengan Smartphone Android. Tidak hanya itu saja, masih banyak merk TV lain yang bisa di kontrol lewat Smartphone, dan tentunya hal tersebut membutuhkan aplikasi tambahan.

Fungsi Lain dari Smartphone Android yang Belum Diketahui Banyak Orang

Kebanyakan Smartphone memang hanya dipakai untuk Chatting dan selfie. Hal ini sudah sangat biasa dan kurang menarik. Ada fungsi lain dari smartphone Android dan pasti ini bisa membantu kehidupan sehari-hari kalian. 

Langsung simak kuy!

Mengakses Komputer Dari Jarak Jauh

Pernahkan kalian mengakses komputer dari jarak jauh? Jawabannya pasti kebanyakan “Belum Pernah”. Nah, di samping untuk chatting, ternyata smartphone Android bisa kalian pakai untuk meremot komputer dari jarak jauh. Dan yang pasti komputer dan smartphone kalian terhubung dengan Internet.

Baca Juga : Wah Usir Lalat Bisa Pakai Smartphone Android

Ada aplikasi bernama Chrome Remote Desktop yang bisa kalian pakai untuk mengendalikan Komputer dari jarak jauh. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google.Inc ini memang menarik untuk dicoba. Kalian harus menginstall Chrome Remote Desktop di Smartphone Android kalian, lalu kalian juga harus menginstall Chrome di Komputer kalian.

Koding Program

Kebanyakan seorang programmer memang lebih banyak memakai Laptop atau Komputer sebagai alat untuk membuat program atau aplikasi. Tetapi tahukah bahwa smartphone Android juga bisa dipakai untuk coding.

Dengan aplikasi bernama Dcoder, seorang programmer bisa membuat aplikasi lewat smartphone dan tablet Android. Kalian tidak perlu repot membawa Laptop kemana-mana, sebab dengan Smartphone kalian bisa membuat program dimanapun dan kapanpun. Tertarik mencoba Dcoder, unduh gratis diGoogle Play Store.

Jadi Microphone Laptop

Smartphone android bisa dipakai untuk Microphone Laptop. Kalau kalian tidak punya Microphone sendiri dirumah, maka lebih tepat pakaiSmartphone sebagai Microphone. Kalian tidak perlu khawatir masalah kualitas suara, jika smartphone Android kalian memang berkualitas, maka hasil suaranya juga akan berkualitas.

Baca Juga : Cara Melindungi Koneksi Internet Smartphone Android Dari Serangan Netcut

WO Mic adalah aplikasi yang bisa kalian jadikan alternatif untuk menjadikan Android sebagai Microphone Laptop. Tidak perlu repot, dengan fitur USB Debugging, kalian bisa jadikan Android sebagai Microphone. Tertarik mencoba, unduh gratis di Google Play Store

Jadi Mouse Laptop dan Komputer

Smartphone Android juga dapat kalian jadikan Mouse laptop atau Komputer. Ada banyak aplikasi mouse PC di Google Play Store yang bisa kalian jadikan alternatif untuk mengubah Smartphone Android jadi Mouse.

Ada 3 cara yang bisa kalian pakai, lewat USB, Bluuetooth, dan Wi-Fi. Ketiga fitur tersebut bisa kalian manfaatkan untuk menjadikan Android sebagai mouse komputer.

Memutar Musik di Banyak Smartphone

Biasanya, seseorang yang ingin memutar musik hanya dapat diputar pada satu Smartphone. Tapi tahukan bahwa dengan bantuan aplikasi AmpMe, kalian dapat memutar musik secara bersamaan di banyak smartphone Android.

Baca Juga : Cara Menonton Video Berurutan di VLC Media Player

Sebagai contohnya, kalian bisa kumpulkan 5 atau 10 smartphone, lalu install semua smartphone Android dengan AmpMe, maka kalian bisa coba memutar musik secara bersamaan sesuai dengan petujuk aplikasi tersebut.

Jadi Remote Kontrol

Seperti yang saya katakan tadi, bahwa smartphone Android bisa kalian jadikan remote kontrol. Hampir semua perangkat elektronik bisa kalian kendalikan lewat smartphone seperti TV, AC, DVD, dan alat elektronik lainnya. Dengan bantuan aplikasi IR Universal Remote, kalian bisa kendalikan TV lewat Smartphone. 

Melacak Nomor Handphone Seseorang

Jika kalian penasaran dengan lokasi teman kalian saat ini, kalian dapat melacaknya dengan Smartphone Android. Dengan bantuan GPS, kalian bisa mengetahui lokasi teman kalian tersebut di manapun tempatnya. Kalian tidak perlu repot harus tanya-tanya lewat SMS atau Messenger.

Cukup dengan menginstall aplikasi Zenly Locator – Realtime GPS, kalian bisa mengetahui lokasi tempat kalian tersebut. Namun dengan catatan, teman kalian tersebut juga menginstall aplikasi Zenly Locator. Unduh gratis aplikasi Zenly Locator lewat Google Play Store secara gratis.

Menerjemahkan Bahasa Asing Tanpa Pindah Aplikasi

Bagi kalian yang suka melakukan chatting atau ada keperluan tertentu dengan bule dari luar negeri namun tidak tahu artinya, pasti kebanyakan kalian memanfaatkan Google Translate sebagai panduan. Bagi saya cara tersebut sangat merepotkan dan terkesan ribet hapus copy paste dari satu tempat ke tempat lain.

Baca Juga : Cara Menguatkan Sinyal Android di Dalam Rumah

Sekarang kalian tidak perlu ribet, dengan fitur Tap to Translate di Google Translate, kalian dapat menerjemahkan pesan atau tulisan inggris tanpa ribet tanpa harus pindah aplikasi dari satu tempat ke tempat lain.

Menjadikan Smartphone Sebagai CCTV

Tahukah kalian bahwa Smartphone Android juga bisa dijadikan CCTV alternatif. Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang bisa kalian jadikan CCTV dan yang pasti sangat mudah dan cepat. Install aplikasi CCTV pada 2 smartphone android, smartphone pertama kalian jadikan CCTV, kemudian smartphone kedua bisa kalian jadikan untuk mengontrol CCTV tersebut. 

 

Dapat Digunakan untuk Mengusir Tikus

Mungkin kalian merasa aneh dan bingung kalau ternyata Smartphone Android bisa dijadikan untuk mengusir tikus. Dengan aplikasi anti rat, kalian bisa mengusir tikus dengan mudah dan pasti kabur. Aplikasi tersebut menghasilkan suara/ bunyi ultrasonic yang tidak disukai tikus dan merusak pendengaran tikus. 

Demikianlah beberapa fungsi smartphone yang bisa kalian gunakan sekarang untuk banyak hal.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.