Google Meet Diupdate untuk Melawan Dominasi Zoom

0

Kalian mungkin salah satu dari para pengguna video conference di rumah akibat work from home bukan? Mungkin kemarin kalian merasa was-was karena sudah banyak kasus para pengguna Zoom yang ternyata akunnya diretas, meskipun sudah logout ataupun unsinstal.

Ada pengguna yang kartu kreditnya saldonua ditarik padahal ia tak melakukan transaksi apapun. Ada juga yang mengeluh akunnya tiba-tiba mengetik sendiri padahal dia malah sudah log out dan tidak mengutak-atik aplikasi Zoom tersebut.

Zoom memang menjadi populer sejak pandemi covid19 merebak bahkan hingga saat ini. Sayangnya saat diluncurkan, foundernya pun mengaku tak begitu memperhatikan masalah keamanannya yang ternyata bisa dengan mudah disusupi oleh hacker dan membuat kerugian bagi banyak pihak.

Baca Juga : Kerja dari Rumah Pakai Aplikasi Zoom Cloud Meetings Di PC atau Laptop .

Bahkan kini banyak negara yang menyarankan untuk tidak memakai aplikasi Zoom karena dikhawatirkan akan membocorkan data-data mereka. Dan kemudian marak kembali video conference lainnya meramaikan aktivitas Work From Home sesuai anjuran pemerintah.

Melakukan segala sesuatunya dari rumah memang kadang merepotkan, ada saja halangan saat kalian ingin menyelesaikan tugas belajar, pekerjaan, atau karya yang lainnya. Gangguan yang nyata adalah anggota keluarga lain, atau sudara bising yang menjadi backsound kegiatan kalian. Akan tetapi, semua itu memang menjadi konsekeunsi terbaik untuk memutus rantai penyebran virus corona yang semakin massive dan sampai kini pun belum ditemukan vaksin penangkalnya. Satu-satunya jalan adalah dengan melakukan segala sesuatu dari rumah, dan hanya keluar jika memang sangat mendesak.

 Baca Juga : Cara Menambahkan Metode Pembayaran Telkomsel diGoogle Play Store .

Update Google Meet

Lonjakan yang tiba-tiba dalam pemakaian aplikasi Video Conference akhirnya juga memaksa Google Meet untuk menambahkan lebih banyak fitur baru ke layanannya.

Ya. Google dahulu memang sudah menghadirkan Google Meet, hanya saja saat itu seperti yang lainnya, belum terlalu banyak dilirik orang karena mereka lebih merasa aman melakukan rapat atau pertemuan secara langsung sebelum pandemi covid19 ini menyerang banyak negara dan memaksa setiap sekolah, perusahaan, bahkan kantor pemerintah dan kementerian merumahkan para pegawainya agar terhindar dari virus corona ini, tapi tetap mengoptimalkan kerjanya untuk mereka.

Baca Juga : Caraq Uninstall Aplikasi Zoom

Google sudah menyatakan kini telah menambahkan empat fitur baru ke perangkat lunak video conference, termasuk tampilan galeri ubin, mode cahaya rendah, pembatalan bising, dan kemampuan untuk menghadirkan melalui satu tab krom alih-alih seluruh layar komputer.

Penambahan tata letak ubin Zoom-esque memungkinkan pengguna untuk melihat hingga 16 peserta di layar sekaligus, walaupun Zoom masih menawarkan hingga 49 pengguna sekaligus.

Baca Juga : Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi Zoom.

Pembaruan Google Meet

Ke depan, aplikasi video conference Google Meet milik raksasa mesin pencari, juga akan dapat meningkatkan kecakapan Google AI untuk meningkatkan kualitas video jika penerangan tidak mencukupi. Tidak seperti platform lain, ini akan menjadi fitur mobile-first, sebelum datang ke pengguna web nanti.

Untuk solusi bahaya kebisingan latar belakang, Google Meet sekarang juga bisa menyaring suara penekanan tombol atau anjing menggonggong di luar. 

Fitur ini pertama kali akan tersedia untuk pelanggan G Suite Enterprise dan G Suite Enterprise for Education diikuti oleh pengguna seluler di kemudian hari.

Baca Juga :  Cara Aman pakai Zoom Agar Data Tak Dicuri.

Di samping itu, host rapat sekarang akan mempunyai opsi untuk hanya menyajikan satu tab chrome daripada membagikan seluruh layar komputer mereka selama rapat. 

Fitur ini akan sangat memudahkan bagi penyaji yang ingin berbagi video berkualitas tinggi, yang sering kali merupakan pengalaman yang tidak terduga.

Nah, itu tadi informasi yang apstinya jadi kabar gembira untuk kalian semua. Setidaknya dengan pembaruan dari Google, kalian lebih merasa aman sebab banyak sekali jalur keamanan yang sudah dibuat Google selama ini. Pastinya, Google juga mempertimbangkan untuk meningkatkan sistem keamanan dalam pembaruan Google Meet kali ini.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.