Hal-Hal yang harus Dihindari Saat Bermain Game

0

Game adalah permainan yang memakai perangkat elektronik. Game sendiri dirancang dengan sangat apik sehingga para pemain bisa mendapatkan sesuatu atau kepuasan batin tersendiri. Karena bermain game sendiri bisa menjadi salah satu sarana hiburan, hobi, bahkan bisa dijadikan profesi sekarang ini.

Sebagai pengingat, Gaes. Ada beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan saat main game. Hal ini dikarenakan akan memberikan akibat yang tidak baik. Simak langsung kuy.

Memberikan Informasi Pribadi

Kita saat bermain game tidak tahu siapa yang bermain dengan kita. Maka dari itu, jangan pernah sekali-sekali memberikan informasi kepada mereka. 

Ada beberapa kejadian dimana para sex offender misalanya pedofil yang ternyata juga bermain game. Jadi, Gaes, selalu waspada dan hati-hayi.

Dalam kasus ini, biasanya yang jadi korban cyber-bullying adalah para gamer wanita dan gamer yang masih beruisia di bawah unur. Karena itulah, jangan pernah mau jika diminta mengirimkan atau menggunakan foto pribadi, utamanya foto dengan pose vulgar atau nakal saat main game.

Jangan pernah memberikan alamat rumah, email pribadi, nomor telepon, atau data-data lainnya seperti tanggal lahir, usia, nomor rekening bank, dan sebagainya. Informasi seperti ini sering sekali bisa dimanfaatkan untuk scam atau untuk menjebak kita agar terlibat aksi-aksi kriminal.

 

Menggunakan Software atau Aplikasi Cheat

Pemakaian aplikasi Cheat tentunya sangat tidak dibeolehkan di game online mana pun. Hal ini karena para cheater bisa mengganggu jalannya permainan dan bisa membuat para pemain lain menjadi terganggu.

Oleh karena itu, semua developer game pasti ingin memberantas para cheater di game buatannya.

 

Berkata Kasar

Hal ini memang sulit dilakukan. Apalagi kdang kalian melakukan refleks kata-kata kotor atau toxic. 

Ketika kalian merasa kesal atau marah tidak bisa main game lagi atau ada teman yang satu tim tapi terlalu ngeselin, kalian wajib tahan agar tidak terjadi toxic.

 

Lupa Waktu

Kebiasaan para gamers berikutnya dan susah dihilangkan adalah lupa istirahat. Sejak seseorang main game, mereka jadi lupa istirahat, bahkan tidak ada waktu lagi untuk istirahat sema sekali.

Waktu tidur kalian jadi berbeda dan berkurang banyak karena fokus main game dan jadi melupakan hal yang lainnya.

Sebab itulah, pastikan untuk mengutamakan istirahat dan kembali mengatur waktu agar kalian bisa istirahat dan bermain gamenya jadi seimbang.

Nah, Gaes. Itu tadi beberapa bahaya bermain game terlalu berlebihan. Akan lebih jika kalian lebih mengutamakan untuk belajar, istirahat, dan memperbanyak interaksi dengan dunia luar. Bukan setiap saat mengurung diri di kamar, kalau tidak main game ya melakukan hal-hal yang kurang penting seharian.

Jadi bagaimana? Apakah dengan beberapa bahaya yang bisa kalian dapatkan saat bermain game di atas membuat kaliann berfikir ulang untuk membuat jadwal main game tersendiri dan pandai mengatur waktu. 

Jangan sampai dengan main game, semua kegiatan kalian jadi terbengkalai. Tugas utama kita saat ini adalah belajar dan menjadi pembelajar yang menciptakan inovasi terbaru, buka generai gamer yang tidak mempunyai ilmu dan pengetahuan serta update wawasan tentang segala informasi yang terjadi di luar sana.

Semoga beberapa bahaya di atas menjadi alarm bagi kita untuk melihat kembali apa visi misi hidup kita, cita-cita yang sempat tertunda, dan juga menguranginya agar bisa lebih menjalin kedekatan dengan orang lain seperti keluarga, teman, saudara, atau sahabat kita.

Semoga memberi manfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.