Hapus 17 Aplikasi ini agar Android Aman

0

Gaes, Google Play Store merupakan sebuah platform yang begitu populer bagi pengguna Android. Karena di toko aplikasi Android ini telah banyak tersdia berbagai aplikasi dan game menarik untuk para penggunanya.

Tetapi belakangan ini tim peneliti dari perusahaan Cyber Security, Bitdefender baru saja merilis daftar aplikasi yang memakai trik curang dalam memperlihatkan iklan. Iklan-iklan tersebut sangat mengganggu dan tentu tidak diinginkan oleh pengguna.

17 Aplikasi Disarankan Dihapus dari Smartphone Android

17 aplikasi ini tidak disarankan untuk dipakai oleh pengguna di smartphone Android. Untuk yang merasa sudah menginstall dari salah satu aplikasi tersebut, maka sebaiknya segera dihapus.

Sebenarnya total dari semua aplikasi yang diumumkan mencapai 500.000. Seperti yang saya katakan tadi di atas, aplikasi-aplikasi itu memakai metode memperlihatkan iklan secara acak dan menyebarkan kode mereka untuk beberapa file.

Akan tetapi, meski sudah sering menerima laporan, Google dinilai belum bisa meningkatkan keamanan di Play Store dari pengembang-pengembang yang menjalankan praktik curang seperti yang dijelaskan di atas

Iklan yang terlihat memang pada dasarnya tidak berbahaya. Tetapi taktik atau cara yang dipakai oleh pengembang aplikasi ini seperti cara kerja malware.

Bitdefender juga mengatakan bahwa mereka akan menunggu 48 jam sebelum menyembunyikan semua di perangkat, dan membagi kode-kode aplikasi divberbagai file dan menunda untuk menunjukkan iklan hingga 4 jam setelah aplikasi di install. Sungguh mengganggu dan merugikan.

Parahnya lagi, ada juga laporan soal keluhan pengguna di Google Play Store setelah mencoba menginstall aplikasi tersebut. Mereka mengklaim kalau baterai terkuras secara tiba-tiba. 

Oleh karena itu, mereka menyarankan kepada pengguna lain untuk menghapus aplikasi yang bisa memberi efek buruk kepada perangkat. Penasaran aplikasi apa saja yang disarankan untuk dihapus? 

17 Aplikasi Wajib Dihapus dari Smartphone Android

Langsung saja saya akan berikan list 17 aplikasi yang sebaiknya kalian uninstall dari smartphone Android kalian, Gaes.

  1. Car Racing 2019
  2. 4K Wallpaper (Background 4K Full HD)
  3. Backgorund 4k HD
  4. QR Code Reader & Barcode Scanner Pro
  5. File Manager Pro – Manager SD Card/ Ekplorer
  6. VMOWO City: Speed Racing 3D
  7. Barcode Scanner
  8. Screen Stream Mirroring
  9. QR Code – Scan & read a Barcode
  10. Period Tracker – Cycle Ovulation Women’s
  11. QR & Barcode Scan Reader
  12. Wallpapers 4K, Backgrounds HD
  13. Transfer Data Smart
  14. Explorer File Manager
  15. Today Weather Radar
  16. Mpbnet.io: Big Fish Frenzy
  17. Clock LED

 

Sebenarnya, Gaes, dari sejumlah pengembang aplikasi, mereka padahal sudah menemukan cara untuk menjaga aplikasi mereka untuk terus berada di bawah perlindungan keamanan Google. Akan tetapi, justru dari Google sendiri belum bisa menangai celah dari aplikasi yang bisa mengganggu pada pengguna tersebut.

Jadi buat kalian semua, berhati-hatilah sebelum menginstal aplikasi di Play Store. Kalau ada di antara 17 aplikasi di atas yang kalia download, langsung hapus saja agar smartphone kalian aman dan tidak terkena serangan malware secara membabi buta.

Kalau saya kasih semua aplikasi yang harus dihapus, mungkin akan membutuhkan waktu menulisnya. Cukup saya tulisa beberapa yang terlihat seperti familiar di telinga kita saja ya, Gaes.

Akhir kata, tetap berhati-hati dengan smartphone kalian, Gaes. Waspadalah terhadap segala jenis aplikasi yang memberikan penawaran aneh atau ada yang janggal. Langsung hapus daripada kalian nanti kena masalah lain yang lebih kompleks.

Semoga artikelnya bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.