Hati-hati! Sinar Biru Gadget Bisa Merusak Mata

0

Seiring makin canggihnya peradaban manusia, kini bahkan kita bisa hanya dengan sekali klik di samrtphone, beberapa tujuan sekaligus terselesaikan. Berbagai urusan terasa semakin mudah dengan hadirnya smartphone. Begitu juga komputer atau PC atau laptop. Kita bisa bahkan hanya duduk manis, tanpa harus bepergian atau beraktivitas beras, pekerjaan selesai dengan perangkat elektronik tersebut.

Akan tetapi kadang kita tidak menyadari, bahwa sebenarnya kita sedang mengundang sebuah bahaya. Salah satunya kerusakan mata, Gaes.

Saat kita ada di depan komputer atau di depan gadget dalam waktu yang lama, seringkali membuat mata kita lelah. Kelelahan tersebut merupakan efek dari pancaran paparan sinar biru (blue light) dari perangkat lunak yang digunakan.

Pengertian Sinar Biru

Sinar biru adalah sinar terjauh yang bisa ditangkap oleh mata manusia (visible light). Sinar biru mempunyai panjang gelombang (wavelenghts) pada kisaran 380-500 nm. Kekuatan sinar biru tersebut bisa dikelompokkan pada kategori paling tinggi (High-Energy Visible) jika dibandingkan dengan sinar yang tampak lainnya (visible light).

Sumber alami sinar biru sebenarnya adalah matahari. Akan tetapi, sinar ini juga dipancarkan oleh sumber-sumber lain yang non-alami, seperti LED Screen, TV, Smartphone, dan lampu neon serta berbagai macam digital lainnya.

Walaupun kadar atau kekuatan sinar yang dipancarkan dari perangkat digital tidak sebesar energi sinar biru yang bersumber dari matahari, tetapi paparan sinar biru dari perangkat gadget juga bisa berdampak buruk dalam jangka panjang pada mata.

Apalagi dengan semakin populernya pemakaian gadget, yang menjadikan orang tidak bisa lepas dari memelototi layar tablet atau smartphone tersebut di dalam kehidupan sehari-harinya.

Di sisi lain, dalam jangka pendek paparan sinar matahari tersebut bisa memberikan dampak pada gangguan jam istirahat tubuh sebab akan membuat mata terus melek yang seharusnya mata diistirahatkan.

Di samping itu, pengguna juga bisa terkena gangguan mata yang diakibatkan karena perangkat digital tersebut yang disebut dengan Digital Eyestrain Syndrome.

Bukan hanya itu, bahkan dalam jangka waktu panjang paparan sinar biru bisa mempercepat terjadinya degenerasi makula yang ujung-ujungnya mengalami kebutaan. 

Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Sinar Biru

Kita tidak bisa menghindar dari segala jenis sinar biru yang ada di sekitar kita, Gaes. Baik dari smartphone, komputer, laptop, TV, dan sebagainya. Tetapi, kita bisa meminimalisir kerusakan pada mata saat mengoperasikan perangkat elekttronik tersebut. Caranya dengan menjaga kesehatan mata tentunya. 

Pertama, kurangi aktivitas terlalu lama bermain gadget atau di depan komputer. Kalian bisa istirahat sejenak, karena waktu maksimal di depan komputer hanya 1-2 jam untuk mengurangi resiko terpapar sinar biru. 

Untuk pemakaian laptop atau komputer, kalian bisa membeli pelindung layar yang biasa dijual di pasaran.

Selanjutnya, saat kalian sedang di depan PC atau laptop, usahakan berkedip tiap beberapa detik. Karena semakin lama kalian tidak berkedip, semakin mudah sinar tersebut masuk ke mata kita.

Tips lainnya, untuk smartphone kalian bisa memakai mode baca agar mata tak terlalu lelah menatap layar. 

Tips sehat lainnya, kalian bisa menggunakan kaca mata baca. Mulai berhenti menatap layar saat mata terasa lelah, dan alihkan ke aktivitas lainnya.

Dari segi kesehatan, jika sudah merasa mata kalian sakit, bisa teteskan madu asli ke mata walau agak perih. Bisa juga diteteskan air rendaman daun sirih merah, atau konsumsi air rebusan bunga telang.

Demikianlah artikel tentang sinar biru, dan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata kalian.

Ingat untuk memakai semua perangkat elektronik seperlunya juga ya, Gaes. Jangan terlalu lama. Selain mata, badan biasanya juga akan protes nantinya.

 

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.