Hindari Corona dengan Memakan Makanan Ini agar Sistem Imun Tubuh Meningkat

0

Virus Corona semakin menyebar di Indonesia khusunya Jakarta, tercatat pada tanggal 21 Maret 2020 terdapat 450 kasus positif Corona di Indonesia. Mengapa corona dapat menyerang tubuh manusia? Corona dapat ditularkan jika ada seseorang yang sehat tidak sengaja menyentuh droplets orang yang terinfeksi. Sebenarnya, jika orang yang sehat tersebut memiliki imun yang kuat maka virus corona tidak akan menjadi sebuah penyakit, namun hal tersebut menjadi hal yang berbeda jika yang terpapar virus corona adalah orang yang memiliki imun tubuh yang lemah. Lalau bagaimana cara menjaga imun tubuh agar tetap baik? Makanan apa yang dapat meningkatkan imun tubuh? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Hindari Corona dengan Memakan Makanan Ini agar Sistem Imun Tubuh Meningkat

 

1. Brokoli

Memiliki vitamin dan mineral yang melimpah, tahukah kalian bahwa brokoli mengandung vitamin A, C, dan E, serta antioksidan dan serat lainnya? Selain rasanya yang lezat, menemukan brokoli bukanlah hal yang sulit. Sebagai catatan, untuk tetap menjaga khasiat di dalam brokoli, jangan merebus brokoli terlalu lama. Rebus selama kurang lebih 3 menit saja.

Baca Juga: Manfaatkan Waktu Saat Mengisolasi Diri Akibat Corona

2. Bawang Putih

Bawang putih menjadi bumbu masakan Indonesia yang sering digunakan, selain menambah cita rasa untuk masakan, ternyata bawang putih memiliki banyak kesehatan. Contohnya adalah untung memelihara kesehatan jantung dan mengurangi kolestrol serta menjauhkan tubuh dari penyakit diabetes. Bawang putih menurut para peneliti ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Sifat bawang putih yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh berasal dari konsentrasi tinggi senyawa mengandung belerang, seperti allicin.

Baca Juga: Tentang Virus Corona yang Perlu Kamu Ketahui

3. Jahe

Jahe adalah bahan yang sering digunakan untuk pengobatan tradisional, seperti jamu. Selain dapat menghangatkan tubuh dan tenggorokan, jaher ternyata dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Jahe juga ampuh untuk mengurangi mual.

Baca Juga: Tidak Perlu Panik, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Daun Sirih

4. Bayam

Bayam merupakan sayur-sayuran yang banyak digemari oleh anak-anak, selain rasanya yang manis dan daunnya yang lembut, dibalik itu semua ternyata bayam mempunyai vitamin C yang berlimpah yang dikemas dengan antioksidan dan beta karoten, yang tentu saja dapat meningkat sistem imun tubuh jika di konsumsi secara rutin.

Sama seperti brokoli, jangan terlalu lama saat memasak bayam karena akan mengurangi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Masakan ringan dapat meningkatkan vitamin A dan bisa membuat nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat.

5. Paprika Merah

Ternyata selama ini bukan jeruk lho yang memiliki vitamin C tertinggi, tapi paprika merah. Paprika merah mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk, dan memiliki sumber beta karoten yang melimpah.

Vitamin C memiliki banyak kelebihan seperti menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan mata, dan yang terpenting adalah menjaga imun kesehatan tubuh.

Baca Juga: Fakta Akurat Soal Corona, Awas Termakan Hoax!

 

Penjelasan di atas adalah 4 sayuran dan 1 umbi-umbian yang dapat meningkatkan imun tubuh kalian jika dikonsumsi secara rutin, tetap jaga kesehatan ya! Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.