Ingin Memiliki Komputer yang Awet? Begini Caranya!

0

Memiliki komputer merupakan hal yang biasa bagi semua orang. Komputer adalah teknologi untuk menyambungkan berbagai keperluan, seperti pekerjaan, bermain game, editing foto atau video, sehingga mencari atau membuat teknologi baru agar pemakaian komputer lebih maksimal. Pada umumnya komputer hanya digunakan untuk bermain game, mengerjakan tugas, dan keperluan streaming bagi para streamer. Namun sebenarnya, komputer pada awalnya hanya digunakan untuk mengerjakan pekerjaan sekolah, kuliah, atau kantor, dan dengan seiring perkembangan zaman, kini penggunaan komputer sudah lebih dari hanya sekedar mengetik.

Memiliki komputer tentu harus mengetahui bagaimana cara merawatnya agar tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun apakah kalian sudah mengerti atau memahami betul bagaimana cara merawat komputer agar tidak cepat rusak? Yuk disimak artikel ini!

 

Ingin Memiliki Komputer yang Awet? Begini Caranya!

 

1. Tegangan Listrik yang Stabil

Listrik sangat dibutuhkan untuk komputer, karena listrik sendiri lah yang menyalurkan energi agar komputer tetap hidup. Namun, didalam komputer terdapat berbagai komponen penyimpanan data yang dibutuhkan kestabilan listrik demi menjaga data-data tersebut. Gunakanlah stabilizer atau UPS untuk mengurangi terjadinya sudden death terhadap laptop kalian contohnya seperti komputer yang langsung mati saat mati listrik. Hal kecil seperti itu jika terjadi secara terus menerus maka akan merusak komponen-komponen yang ada di dala komputer. Gunakanlah juga UPS, karena UPS dapat menyimpan energi sehingga saat listrik menghilang, kalian tetap bisa mematikan komputer sesuai dengan prosedurnya.

Baca Juga: Xiaomi Segera Hadirkan Xiaomi Watch Color

2. Matikan Komputer dengan Cara yang Sesuai

Mematikan komputer memang adalah hal yang terdengar sepele, namun hal ini justru adalah sesuatu yang perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Jika ada aplikasi atau program yang masih berjalan saat komputer hendak dimatikan, jangan langsung memilih tombol shut down, tetapi hentikan atau tutup dahulu program dan aplikasi yang masih berjalan di komputer. Jika semuanya sudah ditutup atau sudah tidak ada lagi program dan aplikasi yang berjalan, matikan komputer dengan menekan tombol shut down, tunggu hingga layar mati baru pencet tombol di monitor untuk mematikan komputer dan cabut kabel penghubung listrik. Hindarilah cara mematikan komputer dengan cara cepat seperti langsung mencabut colokan listrik karena hal tersebut tidak baik terhadap kesehatan komputer.

Baca Juga: AnTuTu Benchmark Hilang dari Google Play?

3. Gunakanlah Pendingin CPU yang Sesuai

Komputer memiliki CPU yang berfungsi sebagai otak dari segala kegiatan di dalam komputer. CPU dapat dikatakan juga seperti jantung komputer, jika ada bagiannya yang rusak maka komputer tidak akan bekerja maksimal seperti seharusnya. Gunakanlah kipas pendingin yang sesuai untuk diletakkan di dalam CPU, karena pendingin yang sesuai maka akan memaksimalkan kerja CPU dan tidak cepat over heat saat melakukan sesuatu yang berat.

Baca Juga: Mengatasi Bootloop di Android

4. Gunakan Anti Virus

Selain untuk menjaga keamanan komputer dari virus, anti virus berguna juga untuk menangkal virus-virus jahat yang akan merusak komponen atau kinerja komputer kalian. Menginstall anti virus bukanlah hal yang sulit, karena memperbaiki kerusakan sistem yang di karenakan virus akan lebh sulit. Jadi, gunakanlah anti virus dan update secara rutin untuk menghindari virus-virus baru.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

5. Hapus File dan Aplikasi yang Tidak Perlu

Buatlah komputer kalian melakukan pekerjaannya untuk hal yang sekiranya perlu saja, jangan menambah pekerjaan komputer dengan memproses data atau program yang tidak lagi digunakan karena hanya akan memperlambat kinerja komputer. Hapus file dan aplikasi di komputer yang sudah tidak lagi dipakai, menghapus aplikasi atau file yang tidak perlu maka akan mengurangi pekerjaan komputer sehingga komputer kalian tidak akan cepat rusak.

 

Bagaimana penjelasan kami diatas tentang merawat komputer? Semoga membantu ya, terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.