Ini Adalah Hal-Hal yang Dapat Merusak Baterai HP, Segera Hindari!

0

Smartphone kini telah menjadi alat elektronik yang paling wajib dimiliki oleh setiap orang, selain untuk memberikan kabar lewat telfon atau sms, smartphone digunakan juga sebagai alat berselancar dalam media sosial ataupun bermain game. Penggunaan smartphone yang sering dapat membuat baterai smartphone tersebut menjadi cepat habis. Seringkali baterai pada smartphone menjadi cepat mengalami kerusakan karena beberapa hal yang dilakukan penggunanya saat baterai smartphone-nya sedang melakukan pengisian daya. Apa saja yang dapat menyebabkan baterai smartphone menjadi cepat rusak? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Ini Adalah Hal-Hal yang Dapat Merusak Baterai HP, Segera Hindari!

 

1. Memainkan Smartphone saat Charging

Kurangi kebiasaan menggunakan smartphone saat sedang melakukan pengisian baterai, karena hal tersebut akan merusak sistem baterai. Baterai yang naik turun karena di charge dan digunakan secara bersamaan, akan membuat baterai smartphone menjadi cepat panas dan merusak komponen yang ada di dalam baterai jika dilakukan secara terus menerus.

Baca Juga: Cara Backup Data Android dengan Aplikasi Helium Tanpa Root

2. Brightness Layar yang Terlalu Tinggi

Penyetelan brightness yang terlalu tinggi akan membuat smartphone mengeluarkan kinerja yang lebih dan akan menguras baterai secara cepat. Hal tersebut tentu melelahkan bagi baterai, hingga tidak menjadi hal yang aneh jika baterai smartphone kalian menjadi cepat habis ketika penyetelan brightness dipasang hingga full.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa 5G Tak Juga Diresmikan di Indonesia

3. Menggunakan Casing saat Charging

Casing tentunya menghambat keluar masuknya atau sirkulasi udara secara maksimal, penggunaan casing smartphone saat melakukan charging akan membuat baterai smartphone menjadi panas bahkan hampir over heat karena case yang tidak memiliki pori-pori akan menghambat keluarnya panas sehingga udara panas tersebut terjebak dan menyebabkan baterai smartphone terkadang mengalami over heat.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Tweet Menjadi Viral! Auto Terkenal!

4. Tidak Menjaga Temperatur Lingkungan

Suhu yang stabil untuk menjaga kesehatan baterai adalah hal yang penting. Perhatikan lingkungan kalian saat sedang ingin menyimpan smartphone. Jangan menyimpan smartphone di suhu udara yang terlalu tinggi atau terlalu rendah karena baterai tidak memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan suhu yang ekstrim.

5. Terlalu Sering Melakukan Charging

Melakukan charging secara sering dapat mengurangi umur baterai. Charge smartphone kalian saat hampir habis, cabut sebelum penuh, dan gunakan sampai hambir habis kembali. Jangan mengisi baterai saat baterai kosong atau benar-benar habis lalu mengisinya hingga benar-benar penuh atau over charge karena akan berdampak buruk terhadap performa baterai dan menyebabkan kerusakan.

Baca Juga: Punya Kulkas Yang Awet Sampai Lebih Dari 10 Tahun? Begini Caranya

6. Charger yang Tidak Berkualitas

Charger yang tidak berkualitas akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan baterai, karena jika charger tersebut tidak memiliki aliran daya yang stabil atau terlalu tinggi dan rendah, dapat merusak komponen baterai pada smartphone. Gunakanlah charger yang disarankan oleh produk smartphone kalian, atau cari charger alternatif lain namun dengan kualitas yang sesuai. Jangan lupa gunakan charger sesuai dengan spesifikasi smartphone kalian agar aliran listrik yang disalurkan tetap stabil.

 

Berikut adalah penjelasan mengenai hal-hal yang dapat membawa kerugian terhadap baterai smartphone. Semoga membantu, dan terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.