Instagram Rilis Fitur Anti Caption Negatif

0

Hello guys!

Tak jarang netizen yang memberikan caption yang berisikan hate speech di akun Instagramnya. Tentu saja hal ini tidak bagus dan menjadi polusi di media sosial kita. Caption negatif ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi pikiran kita ketika membacanya. Belum lagi jika dibaca oleh orang yang saat itu berada dalam kondisi tidak stabil bisa jadi caption negatif tersebut menggiring ke opini yang buruk. Tentu saja hal tersebut juga dapat menimbulkan kerugian terhadap orang ataupun instansi yang dijadikan objek dalam caption negatif tersebut.

Instagram menyadari bahwa caption negatif ini tidak bagus dibiarkan terus – menerus. Instagram menghadirkan fitur caption warning dalam mengatasi hal ini. Fitur ini dihadirkan untuk mencegah adanya penyerangan oleh sesama pengguna instagram lain melalui caption yang sifatnya negatif.

Baca Juga : Cara mengaktifkan dan akibat penggunaan grafis HDR

Fitur baru ini berbentuk model pop-up peringatan kepada pengguna ketika dia mengunggah postingan dengan caption yang mengandung konten negatif. Fitus ini disebut dengan nama caption warning. Kotak peringatan caption warning di instagram ini akan muncul ketika caption yang diunggah mengandung konten yang berbau negatif. 

Pengguna akan melihat kotak pop up yang akan memunculkan tiga pilihan, yaitu edit caption, learn more dan share anyway. Jika pengguna tetap ingin memposting foto tersebut, dia dapat memilih pilihan edit caption, lalu melanjutkan posting foto. Kemudian, pengguna dapat mengetahui alasan postingan mereka ditolak dengan memiliki pilihan learn more. Selain itu, pengguna dapat mengabaikan pop up peringatan tersebut dengan cara share anyway

Instagram menyatakan bahwa fitur ini nantinya dapat mengenali caption yang mengandung kata-kata yang tidak senonoh. Namun tetap memberikan kesempatan untuk mengubah captionnya sebelum diunggah. Caption warning juga dapat memberikan peringatan kepada penggunanya yang memiliki kemiripan dengan pengguna lainnya. 

Baca Juga : Cara Mengubah Sinyal Xiaomi Menjadi 4G

Sebenarnya fitur ini memiliki kemiripan dengan fitur yang dikenalkan pada bulan Juli tahun ini yang memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memodifikasi kembali komentar yang tidak bagus di postingan pengguna lain. Fitur caption warning belum mendukung penggunaan instagram dalam bahasa Indonesia.

Wah menarik yaa guys. Semoga instagram lebih baik lagi dalam menyeleksi postingan yang tidak pantas yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.