Tips Install dan Registrasi Dapodik 2022

Ternyata masih ada beberapa orang yang masih belum tahu bagaimana caranya untuk bisa install dan download Dapodik 2022.

0

Kalian yang masih memakai Dapodik 2021 harus segera melakukan upgrade ke Dapodik 2022. Hal ini harus kalian lakukan untuk dapat menikmati seluruh fitur di aplikasi Dapodik dengan lancer.

Tahukah kalian jika Dapodik saat ini sudah meluncurkan versi terbaru mereka, yaitu aplikasi Dapodik 2022.

Kalian yang masih memakai Dapodik 2021 harus segera melakukan upgrade ke Dapodik 2022. Hal ini harus kalian lakukan untuk dapat menikmati seluruh fitur di aplikasi Dapodik dengan lancer.

Hanya saja, ternyata masih ada beberapa orang yang masih belum tahu bagaimana caranya untuk bisa install dan download Dapodik 2022.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan dibagikan cara lengkap memasang aplikasi Dapodik 2022.

Download Dapodik 2022 Apk

Sebagaimana versi sebelumnya, kalian dapat download Dapodik 2022 apk dari situs resmi Dapodik Kemendikbud. Jika bingung, kalian dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Langkah awal, silahkan buka web browser, lalu kunjungi https://dapo.kemdikbud.go.id/.

Setelah itu silahkan tap menu Unduhan, dengan demikian akan tampil link installer apk Dapodik 2022.

Di bawah tulisan “Link alternative installer aplikasi dapodik versi 2022” ada link download. Kemudian tap salah satu link download apk Dapodik 2022 tersebut.

Install Dapodik 2022

Untuk bisa install Dapodik versi 2022 sama halnya dengan cara install Dapodik 2021 sebelumnya. Untuk melakukan proses instalasi dapat kalian mulai dengan emnghaous lebih dulu aplikasi Dapodik lama.

Langkah pertama, kalian bisa uninstall dulu aplikasi Dapodik lama yang kalian pakai. Uninstall dengan cara buka Control Panel, lalu tap Uninstall a Program. Pilih aplikasi Dapodik, klik tombol Uninstall, lalu tap Yes.

Jika sudah, kalian harus memastikan sudah tidak ada folder Dapodik di PC kalian. Untuk memeriksanya, kalian dapat membuka File Explorer, lalu masuk ke folder Program Files dan Program Files (x86). Apabila folder Dapodik 2022 tidak ada, maka restart PC kalian.

Sebelum mulai melakukan instalasi Dapodik versi 2022. Maka kalian dapat mematikan antivirus dan koneksi internet kalian.

Setelah itu, extrak file Dapodik yang sudah kalian unduh. Lalu klik kanan di aplikasi Dapodik 2022. Pilih Run as Adminstrator dan klik Yes untuk menginstall.

Langkah berikutnya, lakukan proses install dengan tap tombol Lanjut selama beberapa kali, sampai akhirnya kalian dapat tap tombol Pasang.

Apabila telah selesai, maka kalian dapat tap tombol Selesai. Berikutnya kalian dapat melakukan registrasi Dapodik 2022.

Registrasi Dapodik 2022

Sesudah melakukan instalasi, kalian harus melakukan registrasi untuk dapat memakai Dapodik 2022. Caranya pun cukup mudah.

Pertama-tama, masuk ke situs Dapodik, lalu tap menu Unduhan, kemudian tap Data Prefill. Sleanjutnya tap Unduh Prefill sesuai dengan provinsi dimana sekolah atau instansi kalian berada.

Berikutnya, tap salah satu link download prefill, kemudian masukkan username, password, dank ode registrasi.

Tap tombol Generate dan tunggu prosesnya selesai. Apabila proses generate selesai, maka kalian dapat tap tombol Download.

Langkah selanjutnya, salin file Prefill Dapodik yang sudah kalian download. Masuk ke Data C, buka folder prefill_dapodik, kemudian temple file yang telah kalian salin di dalam folder prefill_dapodik tersebut.

Matikan koneksi internet, lalu buka aplikasi Dapodik. Pilih registrasi offline, masukkan kode registrasi, username, dan password akun Dapodik kalian. Klik tombol Registrasi.

Tunggu proses registrasi selesai, kalau sukses registrasi maka kalian dapat tap tombol Masuk untuk login Dapodik 2022.

Itu tadi cara registrasi offline Dapodik 2022. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian semua, Gaes.

Semoga informasi di atas bisa memberikan ilmu, pengetahuan dan juga manfaat untuk kalian semua. Apabila ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa update info dan tips terbaru seputar ilmu pengetahuan dan teknologi hanya di techjak.com. Salam teknologi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.