iPhone Asli atau Replika? Begini Cara Membedakannya!

0

iPhone adalah smartphone terbaik dari Apple, karena memang pada dasarnya Apple berbeda dengan perusahaan lain yaitu hanya mengeluarkan smartphone dengan satu jenis yaitu iPhone. Apple merupakan perusahaan bergengsi, dengan teknologi yang canggih dan harga yang terpaut tinggi, iPhone disebut-sebut sebagai perusahaan dengan produk-produk yang terbaik. Teknologinya yang canggih juga seringkali menjadi referensi bagi perkembangan smartphone dengan merk lain.

Kecanggihan dan rasa mewah yang dibawa oleh iPhone membuat beberapa penjual ponsel replika membuat iPhone “ala” mereka dengan kualitas yang tentu jauh berbeda, namun perlu di apresiasi beberapa hal yang terlihat mirip dengan iPhone asli. Lalu bagaimana cara membedakan iPhone asli dan replika? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

iPhone Asli atau Replika? Begini Cara Membedakannya!

 

1. Material pada Body yang Berbeda

iPhone memiliki body yang lebih terasa pas di tangan serta bahannya yang premium, bahan dari iPhone tentu menggunakan bahan yang memiliki harga tidak sembarangan untuk menghasilkan iPhone dengan kualitas yang tidak sembarangan juga. Para pembuat iPhone replika tidak mungkin menggunakan bahan yang sama seperti iPhone karena akan memakan banyak biaya, perhatikan dengan baik, biasanya iPhone replika memiliki logo Apple yang terlihat tenggelam atau menonjol dari casingnya, dan biasanya iPhone replika memiliki berat yang lebih ringan.

Baca Juga: Produk Unik Xiaomi Terbaru Tahun 2020

2. Layar yang Berbeda

Hanya iPhone yang menggunakan layar retina, sedangkan tidak untuk iPhone replika. Coba lah membandingankan layar iPhone replika dengan layar iPhone yang asli, akan terlihat perbedaan kerapatan pixels dari keduanya.

3. Cek Menggunakan iTunes

Cara termudah dan yang pasti akurat untuk mengetahui iPhone yang palsu adalah dengan menghubungkannya ke iTunes. iPhone yang palsu atau replika tidak akan terhubung ke iTunes, karena iTunes hanya mendeteksi perangkat yang memang buatan dari pabrik Apple.

Baca Juga: Lenovo Hadirkan 2 Monitor Gaming Terbaru, G32qc dan G27c

4. Cek App Store

App Store adalah aplikasi khusus kalian mendownload aplikasi-aplikasi lainnya untuk iPhone. Jika App Store pada iPhone kalian saat dibuka berubah menjadi Play Store, dapat disimpulkan bahwa iPhone kalian adalah iPhone replika.

5. IMEI

Gunakanlah IMEI untuk melakukan pengecekan terhadap smartphone yang kalian punya, karena dari IMEI kalian bisa mendapatkan spesifikasi mendetail terhadap smartphone tersebut. Jika iPhone kalian tidak menunjukkan spesifikasi yang sesuai dengan iPhone pada umumnya, tandanya iPhone kalian adalah replika.

Baca Juga: Mi Watch Premium Edition akan Diluncurkan pada Februari 2020

6. Harga yang Berbeda

Kualitas yang diberikan memang jauh berbeda, body yang dipasang juga tentu tidak memuaskan, serta performa yang abal-abal atau tidak sesuai dengan standar iPhone tentu membuat harga iPhone replika terpaut jauh dengan iPhone yang asli. Lalu apakah kalian disarankan untuk membeli iPhone replika? Jika iPhone replika digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau daily driver, maka jawaban kami adalah tidak. Namun, jika hanya untuk iseng, mencari perbedaan antara yang asli dengan yang replika, atau sekedar untuk mengerjakan teman, membeli iPhone replika adalah hal yang patut dicoba.

Baca Juga: Tips Memilih HP untuk Gaming, Auto WWCD dan Booyah!

 

Penjelasan di atas semoga dapat membantu kalian memahami perbedaan iPhone asli dan replika agar kalian tidak tertipu saat hendak membeli iPhone yang bukan dijual di iBox. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.