Jepang Siapkan Teknologi 6G untuk Tahun 2030

0

Negara Jepang terkenal dengan kecanggihan teknologinya. Banyak orang pintar di sana yang menciptakan robot, kereta super cepat, dan penemuan baru lainnya. Jepang juga menjadi negara paling disiplin baik waktu atau yang lainnya. Hal ini menjadikan Jepang sebagai negara produktif dalam pengembangan teknologi. Begitu juga dengan teknologi digital, Jepang tidak kalah bersaing dengan negara lain yang gencar mempromosikan teknologi terbaru mereka baik lewat robot, gawai, dan sebagainya.

Nha, Gaes. Jepang saat ini juga tengah mengembangkan teknologi 6G. Rencananya, Jepang akan meluncurkan teknologi tersebut pada tahun 2030.

Pada tahun 2020 ini saja, dunia sudah mulai mengadopsi teknologi 5G. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan teknologi yang merilis produk 5G. Membuat orang-orang mulai meninggalkan 4G. 

Di tengah perkembangan yang makin pesat itu, Jepang pun mulai mengembangkan penerus 5G, yakni 6G. Tidak main-main, Jepang bahkan mengklaim apabila teknologi 6G buatannya siap diluncurkan tahun 2030, Gaes. Luar biasa.

Jepang sendiri memiliki tujuan untuk menciptakan jaringan yang 10 kali lebih cepat dari 5G. Bukan hanya Jepang, negara lain seperti Cina, Finlandia dan Korea Selatan juga turut mengembangkan 6G.

Penelitian Teknologi 6G 

Dilansir dari situs Nikkei, Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang memutuskan untuk membuat penelitian 6G Januari kemarin. Negara akan menginvestasikan dana sebesar $2,03 miliar dalam penelitian 6G. Jumlah yang cukup fantastis untuk sebuah harga teknologi yang sepadan.

Nantinya, teknologi 6G ini diharapkan dapat menghasilkan kecepatan 10 kali lebih besar dari 5G. Mengesankan lagi nih, 6G kabarnya akan memanfaatkan gelombang frekuensi tinggi.

Dan apabila itu memang benar, maka semua informasi jadi dapat diakses dengan sangat cepat. Padahal 5G sendiri sudah diklaim memiliki kecepatan yang sangat besar. Bagaimana jika kecepatannya dikali 10? Hm, bisa kah kalian membayangkannya? Mungkin secepat kerata bawah tanah super cepat milik Jepang ya, Gaes.

Sebenarnya Jepang ini bukan negara pertama yang melakukan penelitian jaringan 6G loh, Gaes. Bisa dikatakan kalau Cina adalah negara pertama yang punya ide untuk meneliti teknologi 6G.

Sebab di bulan November 2019, Cina sudah mempersiapkan dua lembaga penelitian 6G. Bukan hanya itu, tahun lalu beberapa Universitas di Finlandia juga mulai melakukan penelitian tentang teknologi 6G.

Bahkan lebih lanjut lagi, Korea Selatan juga tidak mau ketinggalan. Terbukti dengan perusahaan  LG Electronics dan Samsung Electronics yang kemudian  turut mengembangkan 6G di Korea Selatan.

Di tempat yang bebrbeda, beberapa penyedia layanan jaringan di Jepang diprediksi akan meluncurkan teknologi 5G akhir April 2020. Jaringan 5G mungkin akan menuai popularitas dalam beberapa tahun ke depan.

Tapi berbagai negara saat ini telah berpindah haluan untuk mengembangkan jaringan 6G. Kira-kira negara mana dulu yang berhasil mencetuskan jaringan 6G ya. China, Jepang, Korea Selatan, atau Finlandia?

Yah, yang terbaik sih kita menunggu saja kapan kabar baik itu datang. Dengan begitu kita bisa memanfaatkan teknologi 6G nanti sebaik mungkin dengan mempelajarinya dahulu apa kekurangan dan kelebihannya. Bagaimana bisa kita mengoperasikannya di perangkat mobile kita, dan lain-lainnya.

Demikianlah, Gaes. Sekilas info buat kalian tentang teknologi 6G yang tidak lama lagi akan rilis. Bisa jadi juga tak menunggu sampai 2030, bahkan sebelum itu, semua bisa saja terjadi.

Tetap fokus pada tujuan. Fokus memantau perkembangan info dan kabar terbaru juga hanya di webiste ini ya, Gaes. Sampai bertemu lagi.

Salam teknologi!

READ  Inilah Realme X Spesifikasi dan Harga Resmi

Leave A Reply

Your email address will not be published.