Kabel iPhone Cepat Rusak? Begini Cara Merawatnya

0

Dibalik kecanggihan teknologinya, ternyata asesoris iPhone justru tidak secanggih yang dibayangkan. Sudah menjadi rahasia umum, jika kabel iPhone mudah sekali rusak. Dari yang lapisannya terbuka, bengkok, mudah putus, mudah kotor, bahkan sering error hingga tidak mau melakukan pengisian baterai. Namun, hal-hal tersebut dapat kalian hindari jika kalian merawatnya dengan baik dan benar, serta melakukan pemakaian secara teratur dan tidak meletakkannya sembarangan. Bukanlah hal yang sulit untuk merawat kabel iPhone, bagaimana cara merawatnya? Simak penjelasannya di bawah ini agar kalian tidak perlu lagi sering mengganti kabel iPhone!

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Google Chrome

 

Kabel iPhone Cepat Rusak? Begini Cara Merawatnya

 

1. Gulung Secara Rapi dan Benar

Mulailah kebiasaan menggulung atau merapikan kabel iPhone dengan benar, caranya adalah kalian hanya perlu menggulung kabel tersebut tidak kurang atau tidak lebih dari 45-60 derajat. Mengapa harus 45-60 derajat? Karena khawatir kabel akan cepat bengkok atau lapisannya yang robek karena penggulungan yang terlalu rapat. Simpanlah di tempat yang benar, tidak berdebu, mudah dicari, dan yang pasti tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jauhkan kabel dari tempat yang panas.

Baca Juga: Cara Mengubah Tampilan Android Seperti IPhone

2. Tidak Menggunakannya Secara ‘Kasar’

Terkadang rusaknya kabel iPhone terjadi karena ulah kita sendiri sebagai pemakai yang tidak bisa merawat barang secara baik. Simpan lah kabel kalian pada tempat yang aman seperti penjelasan nomor 1 tadi, jangan menarik kabel secara kuat-kuat jika memang kabel kalian tersangkut, tariklah secara perlahan. Jangan melempar kabel sembarangan, karena akan merusak kabel jika benda tersebut mendarat ditempat yang tidak terjangkau dan berbahaya. Hindari penyimpanan kabel di lantai, karena khawatir akan terinjak sehingga perlahan merusak kabel jika dilakukan secara terus menerus. Pada intinya, berilah ‘perilaku’ yang baik untuk merawat kabel iPhone, karena bukan hal yang jarang jika pengguna iPhone memiliki kabel iPhone yang masih bertahan tanpa diganti hingga 2 tahun lebih. Selain membiasakan diri untuk menjaga barang, hal ini juga dapat menghemat pengeluaran, lho!

Baca Juga: Robot Pintar Masak 150 Burger Dalam 1 Jam

3. Gunakan Pelindung Kabel

Bukan hanya smartphone-nya yang membutuhkan pelindung, kabel iPhone juga perlu diberi perlindungan. Perlindungan seperti apa yang cocok untuk kabel iPhone?

a. Cable Protector dengan Warna yang Unik

Pernahkah kalian melihat kabel yang dililit dengan plastik yang berbentuk seperti per dan berwarna-warni? Benda tersebut bukan hanya digunakan sebagai hiasan, namun juga untuk melindungi kabel iPhone agar tidak cepat menguning, robek, ataupun bengkok.

b. Benang Wol

Jika kalian kesulitan menemukan cable protector, kalian dapat menggunakan alternatif lain contohnya seperti benang wol. Selain bahannya yang lembut dan tidak akan merusak kabel iPhone, benang wol merupakan benda yang sangat mudah ditemukan. Gunakanlah benang wol yang sedikit tebal, lalu kalian hanya perlu melilitkannya pada seluruh bagian kabel atau pada bagian tertentu yang sekiranya rentan mengalami kerusakan.

c. Per Pulpen Bekas

Apakah kalian sulit menemukan cable protector dan kehabisan benang wol? Tidak perlu khawatir, karena per pada pulpen dapat digunakan sebagai pelindung kabel kalian. Cukup gunakan pulpen yang sudah tidak digunakan, ambil per nya lalu pasangkan pada ujung kabel iPhone.

Baca Juga: Tips Memilih Casing Smartphone Yang Tepat

 

Semoga penjelasan di atas dapat membantu kalian untuk merawat kabe iPhone agar tidak cepat rusak, terima kasih sudah menyimak!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.