Kekurangan dan Kelebihan Smartphone China

0

China adalah salah satu produk smartphone terbanyak atau paling banyak di dunia sampai saat ini. Ya, kalian pasti tahu bahwa produsen smartphone asal China benar-benar menguasai pasar teknologi di Indonesia.

Baca Juga : Xiaomi Patenkan Smartphone Yang Dibekali 7 Kamera Pop Up

Bukan hanya di Indonesia mungkin, hal ini juga terjadi di negara-negara berkembang lainnya. Kemudian, apa yang membuat smartphone China laris manis. Dan apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh smartphone China. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Kekurangan dan Kelebihan HP Android China

Tahun 2016, produsen smartphone China mulai mengembangkan sayapnya. Jangan meremehkan smartphone China, karena bagaimanapun banyak pengguna Android di Indonesia mengandalkan smartphone China untuk bisa memaksimalkan semua aktifitas sehari-hari. Sampai saat ini ada puluhan perangkat Android China beredar luas di Indonesia seperti OPPO, Lenovo, ASUS Zenfone, Xiaomi, VIVO, Advan, Infinix, HTC, Huawei, dan lainnya. 

Berikut adalah beberapa kelebihan atau kekurangan smartphone China.

Spesifikasi Tinggi, Harga Murah

Saat ini sudah banyak produsen smartphone China yang menawarkan smartphone dengan spesifikasi tinggi, tapi tetap dengan harga terjangkau. Sedikit Informasi bahwa dari 17 bahan baku pembuatan smartphone Android, 16 di antaranya ada di negara China. Hal inilah yang menjadi keuntungan lebih dari vendor-vendor smartphone asal China sebab bisa mendapatkan bahan baku langsung dengan mudah dan cepat, tanpa harus mengimpor dari negara lain.

Baca Juga : Produk Unik Xiaomi Terbaru tahun 2020

Spesifikasi yang dihadirkan cukup tinggi dengan bandrolan harga yang lebih terjangkau. Adapun kekurangannya, tentu ada pada kualitasnya. Smartphone dengan harga 2 Jutaan belum bisa dikatakan kokoh dan kuat. Selain itu, service center yang dihadirkan oleh smarphone China seperti Xiaomi atau yang lainnya masih terbatas. Hal ini yang membuat para pengguna merasa kebingungan jika terjadi masalah pada perangkat.

Kinerja Powerfull

Saat ini memang sudah banyak smartphone China dengan spesifikasi tinggi yang siap dipakai untuk aktifitas multitasking apapun, baik gaming, browsing, nonton film atau movie, mendengarkan musik, dan lainnya.

Multitasking Maksimal

Siapa yang mengatakan layar 5.5 Inchi akan boros baterai, hal ini sekarang tentu tidak akan terjadi lagi. Karena smartphone China saat ini banyak menghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai lebih dari 3000 MAh.

Baca Juga : Tips Mengetahui Smartphonemu Telah Disadap

READ  Realme X2 Pro Resmi Hadir di Indonesia! Berapa ya Harganya?

Di samping itu, smartphone China juga sudah banyak yang dilengkapi dengan fitur Fast Charging, sehingga mampu membuat pengisian daya lebih cepat dan maksimal.

Tidak perlu khawatir main game akan ngelag, sebab processor yang dihadirkan oleh smartphone china juga bisa dikatakan sangat handal.

Research & Development

Sayangnya, untuk masalah Research & Development terbilang masih lemah atau kurang. Hal ini jelas berbeda dengan vendor raksasa seperti Google, Apple, Samsung, dan lainnya yang berani menghabiskan daya milyaran hanya untuk Research & Development. Sementara untuk vendor China belum begitu banyak yang mau melakukan hal tersebut.

Baca Juga : Hati2 ini Komponen Smartphone Yang Mudah Rusak

Vendor China lebih banyak menghadirkan smartphone dengan desain bodi cantik dan spesifikasi mumpuni. Adapun untuk keunikan dari segi fitur dalam, tentu belum belum begitu banyak atau bahkan belum ada. Lebihnya lagi, vendor China selalu menjual produk mereka langsung secara online. Hal ini dilakukan agar lebih irit dan tidak terlalu banyak mengeluarkan dana untuk periklanan atau semacamnya.

Kualitas Semakin Baik

Kualitas dari smartphone china semakin lama makin baik. Harga murah memang point yang utama, tetapi kualitas menjadi perhatian utama dari sebagian vendor smartphone. 

Itu tadi kekurangan dan kelebihan smartphone China. Kalian ingin membeli smartphone China atau bukan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.