Kelebihan dan Kekurangan Lensa Fix untuk Youtuber

Sebagai YouTuber, sebaiknya kalian memahami cara kerja kamera kalian. Sebab kalian akan sering memanfaatkannya.

0

Apabila kalian membuat video memakai kamera DSLR maka kalian harus mengetahui perbedaan antara dua kategori lensa kamera. Sebagian besar kamera hanya mempunyai satu lensa bawaan, tetapi dengan kamera DSLR kalian memilih lensa mana yang ingin kalian manfaatkan.

Sebagai YouTuber, sebaiknya kalian memahami cara kerja kamera kalian. Sebab kalian akan sering memanfaatkannya.

Apabila kalian membuat video memakai kamera DSLR maka kalian harus mengetahui perbedaan antara dua kategori lensa kamera. Sebagian besar kamera hanya mempunyai satu lensa bawaan, tetapi dengan kamera DSLR kalian memilih lensa mana yang ingin kalian manfaatkan.

Kalian dapat memperoleh banyak lensa berbeda untuk kamera DSLR kalian dan semuanya mempunyai efek berbeda pada gambar yang kalian rekam. Semua lensa ini termasuk dalam salah satu dari dua kategori; diperbaiki atau diperbesar.

Lensa Zoom memungkinkan kalian untuk memperbesar dan meledakkan sebagian frame kalian. Lensa fix atau tetap bisa mempunyai banyak efek menarik, tetapi tidak bisa diperbesar. Lensa bawaan di sebagian besar kamera non-DSLR semuanya Lensa Zoom, jadi kemungkinan kalian lebih terbiasa dengan lensa ini.

Mampu melakukan zoom memang nyaman, tetapi ada manfaatnya untuk Lensa Fix juga. Artikel ini akan membantu kalian lewat perbedaan dan menjelaskan jenis lensa kamera mana yang terbaik untuk YouTube kalian.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberepa kelebihan dan kerugian saat kalian memakai Lensa Fix.

Lensa Fix

Videografer berpengalaman sering mengklaim jika lensa lebih penting daripada bodi kamera sebab lensa yang baik bisa meningkatkan kualitas rekaman. Lensa kamera foto dan video dibangun memakai prinsip yang sama, yang berarti bahwa setiap lensa yang kompatibel dengan kamera DSLR kalian bisa menangkap gambar diam dan bergerak.

Semua lensa mempunyai panjang fokus yang berbeda, dan lensa fix hanyalah lensa dengan Fixed Focal Length. Lensa Fix juga biasa disebut Lensa Prime, yang mempunyai sudut pandang yang sudah ditetapkan. Jadi contohnya kalau kalian mempunyai lensa prime 35mm kalian tidak akan bisa menambah atau mengurangi panjang fokusnya.

Ketika kalian mengandalkan Lensa Fix, kalian belajar memilih lensa yang sempurna untuk setiap bidikan, banyak orang menghargai keterampilan dan kreativitas yang bisa dipakai untuk membuat pilihan ini.

Apa keuntungan memakai lensa dengan Fix Focus Length ? Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan ini, kita harus melihat beberapa fitur lensa utamanya.

Pertama

 Pertama performa menakjubkan. Video yang direkam dengan lensa fix dikenal lebih tajam dan lebih menyenangkan secara visual daripada yang ditangkap dengan lensa zoom.  Fix Focus Length membutuhkan kaca yang sangat presisi , yang menjadi alasan mengapa sebagian besar lensa utama memberi hasil kualitas gambar yang cocok dengan kualitas gambar yang dihasilkan dengan lensa zoom kelas atas.

Kedua

Kedua, Lensa Fix Kecil dan Ringan. Kalau kalian  sering merekam video di lokasi outdoor, kalian mungkin tahu bahwa berat bisa menjadi masalah. Lensa fix memungkinkan kalian untuk mengurangi berat yang harus kalian bawa saat kalian sedang merekam video atau mengambil foto, tetapi lensa ini tidak serbaguna seperti lensa zoom.

Ketiga

Ketiga, Latihan dan latihan lagi. Menyusun bidikan, menemukan sudut yang bagus atau mempelajari cara menemukan posisi kamera terbaik untuk setiap adegan yang kalian potret adalah keterampilan yang penting. Memakai lensa fix akan memaksa kalian untuk mencari tempat di mana kalian bisa secara fisik meletakkan kamera, untuk mendapatkan bidikan yang kalian inginkan, alih-alih menyusun gambar dengan hanya memperbesar atau memperkecil. Ini adalah tantangan, tetapi tantangan yang layak kalian ambil.

Keempat

Keempat, Hasil kreatif. Aperture memungkinkan kalian untuk mengontrol seberapa banyak cahaya yang kalian biarkan masuk ke kamera. Lensa fix bisa mempunyai lubang selebar f / 1.2 yang membuatnya sangat berguna dalam kondisi cahaya rendah . Lensa fix juga punya kedalaman bidang yang dangkal sehingga kalian bisa memakainya untuk mendapatkan latar belakang yang buram.

Kelima

Kelima, Efisiensi Biaya. Peralatan kamera bisa menjadi sangat mahal, tetapi kalau kalian mencari cara untuk menghemat uang pada lensa dan masih memperoleh kualitas prima, lensa utama adalah solusi terbaik. Kalian bisa menemukan lensa fix berkualitas tinggi hanya dengan beberapa ratus ribu sampai jutaan, sementara kalian harus menghabiskan lebih banyak pada lensa zoom dengan kualitas yang sama.

Kerugian

Kerugian Lensa Fix juga ada beberapa. Di antaranya Memotret adegan aksi di mana kalian harus mengubah focal length dengan cepat hampir tidak mungkin.

Kemudian, menempatkan kamera di tempat yang tepat untuk mendapatkan bidikan terbaik mungkin tidak dimungkinkan di semua lokasi syuting.

Apabila kalian hanya mempunyai Lensa Fix maka kalian pasti membutuhkan lebih dari satu dan kalian mungkin ingin membangun satu set. Setiap kali kalian mengganti lensa atau memindahkan kamera ke lokasi yang lebih baik saat memakai Lensa Fix, Lensa Zoom bisa menghemat waktu dan tenaga kalian. 

Tetapi, banyak fotografer dan videografer menikmati waktu dan upaya itu. Lensa Fix lebih terjangkau daripada Lensa Zoom, meskipun kalian harus membelinya lebih banyak. Kalian bisa membuat efek seperti bokeh atau latar belakang buram dengan Lensa Fix, dan perencanaan tambahan yang masuk ke dalam bidikan kalian bisa menambah tingkat seni.

Kemudian manakah yang terbaik untuk channel YouTube kalian? Bergantung pada jenis channel yang kalian miliki.

Banyak vlogger memakai kembali pengaturan kamera yang sama setiap kali mereka vlog. Sebagai contoh; ahli kecantikan, vlogger opini, dan bahkan beberapa vlogger komedi cenderung menempel pada satu set utama.

Kalau kalian termasuk dalam salah satu genre ini, atau genre vlogging yang berbeda di mana kalian tidak cenderung untuk bergerak, maka Lensa Fix bisa memenuhi semua kebutuhan kalian. Kalian tidak perlu dapat memperbesar jika bidikan kalian tidak pernah berubah.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat! Nah, dengan begini kalian tidak perlu ragu lagi dalam memilih lensa. Kalian masih membutuhkan beragam Lensa Fix jika kalian ingin membuat jenis video yang berbeda, atau jika kalian berencana memakai kamera untuk fotografi untuk kebutuhan kalian Belilah sesuai kebutuhan kalian agar pembelian tidak sia – sia nantinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.