Kelebihan dan Kekurangan Lensa Zoom untuk Youtuber

Sebagai YouTuber, sebaiknya kalian memahami cara kerja kamera kalian. Sebab kalian akan sering memanfaatkannya. Apabila kalian membuat video memakai kamera DSLR maka kalian harus mengetahui perbedaan antara dua kategori lensa kamera. Sebagian besar kamera hanya mempunyai satu lensa bawaan, tetapi dengan kamera DSLR kalian memilih lensa mana yang ingin kalian manfaatkan.

0

Kalian dapat memperoleh banyak lensa berbeda untuk kamera DSLR kalian dan semuanya mempunyai efek berbeda pada gambar yang kalian rekam. Semua lensa ini termasuk dalam salah satu dari dua kategori; diperbaiki atau diperbesar.

Sebagai YouTuber, sebaiknya kalian memahami cara kerja kamera kalian. Sebab kalian akan sering memanfaatkannya.

Apabila kalian membuat video memakai kamera DSLR maka kalian harus mengetahui perbedaan antara dua kategori lensa kamera. Sebagian besar kamera hanya mempunyai satu lensa bawaan, tetapi dengan kamera DSLR kalian memilih lensa mana yang ingin kalian manfaatkan.

Kalian dapat memperoleh banyak lensa berbeda untuk kamera DSLR kalian dan semuanya mempunyai efek berbeda pada gambar yang kalian rekam. Semua lensa ini termasuk dalam salah satu dari dua kategori; diperbaiki atau diperbesar.

Lensa Zoom memungkinkan kalian untuk memperbesar dan meledakkan sebagian frame kalian. Lensa fix atau tetap bisa mempunyai banyak efek menarik, tetapi tidak bisa diperbesar. Lensa bawaan di sebagian besar kamera non-DSLR semuanya Lensa Zoom, jadi kemungkinan kalian lebih terbiasa dengan lensa ini.

Mampu melakukan zoom memang nyaman, tetapi ada manfaatnya untuk Lensa Fix juga. Artikel ini akan membantu kalian lewat perbedaan dan menjelaskan jenis lensa kamera mana yang terbaik untuk YouTube kalian.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberepa kelebihan dan kerugian saat kalian memakai Lensa Zoom.

Lensa Zoom

Lensa Zoom lebih mahal daripada Lensa Fix, dan mereka tidak mampu menciptakan beberapa efek yang sama. Kalian tidak bisa mengaburkan latar belakang atau membuat efek pencahayaan bokeh memakai Lensa Zoom karena sebagian besar Lensa Zoom tidak mempunyai lubang yang cukup lebar.

Lensa Zoom bisa disesuaikan. Daripada memilih lensa yang sempurna untuk pemotretan, kalian bisa memperbesar atau memperkecil sampai semuanya persis seperti yang kalian inginkan.

Ini membuat Lensa Zoom lebih fleksibel. Kalau kalian tidak bisa mengatur lensa kalian maka harus mencari jarak yang sempurna dari subjek kalian untuk menangkapnya dalam fokus, atau mengubah lensa pada kamera kalian. Dengan Lensa Zoom, kalian hanya bisa memperbesar.

Berbeda dengan lensa fix, lensa zoom memungkinkan kalian untuk mengubah focus lengtht dengan memutar cincin fokus. Lensa telefoto, sudut lebar atau rentang menengah juga bisa menjadi lensa zoom yang memungkinkan kalian untuk menggabungkan sifat-sifat telefoto, sudut lebar, dan lensa kisaran menengah.

Sederhananya, kalian bisa memakai lensa zoom yang sama untuk mengambil berbagai pemotretan dengan panjang fokus berbeda.

Di samping meungkinkan kalian menyesuaikan panjang fokus, sebagian besar lensa zoom memungkinkan kalian untuk mengubah apertur , tetapi nilai f maksimumnya di bawah standar profesional. Kecepatan apertur terbatas sedikit mengurangi kinerja lensa zoom dalam kondisi cahaya rendah. Mari lihat apa manfaat lensa zoom yang ditawarkan.

Fleksibilitas dan Penyesuaian

Ketika kalian berada di set kalian harus siap untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru dengan cepat sehingga mengubah focal length dalam beberapa detik dapat membuat semua perbedaan.

Sementara lensa fix mengharuskan kalian untuk terus-menerus berpindah antar lensa , lensa zoom memungkinkan kalian untuk dengan mudah menemukan focal length optimal untuk adegan yang kalian rekam.

Teknologi Stabilisasi Gambar

Hampir semua kamera DSLR modern mempunyai sistem stabilisasi gambar built-in , tetapi beberapa lensa zoom juga mempunyai teknologi canggih yang mengurangi efek guncangan kamera terhadap rekaman yang dihasilkan kamera.

Fitur stabilisasi gambar yang disediakan oleh lensa zoom bisa menjadi penting ketika kalian memotret pada kecepatan rana rendah.

Menghemat waktu dan ruang

Apabila kalian hanya bekerja dengan lensa fix, kalian harus mengganti lensa terus-menerus, yang berarti kalian harus membawa banyak lensa ke setiap lokasi. Lensa zoom memungkinkan kalian untuk membawa lebih sedikit peralatan dan memungkinkan kalian menghemat waktu untuk mengganti lensa untuk setiap pemotretan baru yang kalian ambil.

Kerugian Lensa Zoom

Membeli lensa zoom yang bagus mengharuskan kalian menghabiskan banyak uang karena beberapa model kelas atas bisa berharga beberapa puluhan juta.

Lensa zoom dengan harga lebih rendah menghasilkan kualitas gambar yang jauh lebih rendah dari apa yang ditawarkan lensa fix.

Kemudian manakah yang terbaik untuk channel YouTube kalian? Bergantung pada jenis channel yang kalian miliki.

Apabila kalian tertarik dengan vlogging, tetapi tidak berencana untuk tertarik pada video atau fotografi secara umum, maka Lensa Zoom mungkin lebih baik untuk kalian.

Kalian akan bisa mengambil berbagai pemotretan tanpa banyak perencanaan. Juga, jika kalian suka membuat film saat bepergian maka jauh lebih mudah untuk bepergian dengan satu Lensa Zoom daripada kasus Lensa Fix. Vlogger yang sering berpindah-pindah, seperti vlogger travel dan beberapa vlogger kehidupan sehari-hari, juga lebih membutuhkan fitur zoom.

Baca Juga :

READ  Cara Mudah Menggunakan Google Meet di HP dan PC, Tanpa Batasan Waktu!

 

Semoga bermanfaat. Nah, dengan begini kalian tidak perlu lagi untuk membeli lensa. Kalian hanya cukup untuk melihat kebutahan kalian untuk membuat konten Youtube. Belilah sesuai dengan kebutuhan kalian agar tidak sia – sia nantinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.