Kelebihan dan Kekurangan Realme C20 untuk Belajar Online

Perangkat murah ini cocok dipakai untuk belajar online, jadi perangkat kedua, jadi perangkat untuk admin online shop, atau jadi perangkat untuk keperluan lainnya yang tidak terlalu berat. 

0

Smartphone entry level ini rilis di Indonesia pada akhir April 2021 dengan kisaran harga Rp 1,3 juta saja. Waktu flash sale, perangkat ini bahkan dibanderol lebih murah lagi, di kisaran harga Rp 1,249 juta.

Realme sebagai brand smartphone baru tidak mau kalah dengan merisil series terbaru mereka. Kemarin, sudah rilis satu series terbaik mereka yaitu Realme C20.

Disini kalian harus tahu spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya jika ingin membeli perangkat tersebut untuk membantu aktivitas kalian sehari-hari.

Smartphone entry level ini rilis di Indonesia pada akhir April 2021 dengan kisaran harga Rp 1,3 juta saja. Waktu flash sale, perangkat ini bahkan dibanderol lebih murah lagi, di kisaran harga Rp 1,249 juta.

Banyak yang berpendapat, perangkat murah ini cocok dipakai untuk belajar online, jadi perangkat kedua, jadi perangkat untuk admin online shop, atau jadi perangkat untuk keperluan lainnya yang tidak terlalu berat. 

Benarkah? Di bawah ini kelebihan dan kekurangan dari smartphone Realme seri C.

Kelebihan Realme C20

Chipset mumpuni di kelasnya

Pada sektor dapur pacu, Realme C20 ditenagai chipset MediaTek Helio G35. 

Chipset ini ditenagai CPU ARM Cortex-A53. Clock frekuensinya mencapai 2,3 Ghz. Sedangkan, untuk pengolah grafiknya memakai GPU IMG PowerVR GE8320 dengan clock sampai 680 Mhz.

Untuk smartphone di bawah Rp 1,5 juta, chipset yang dipakai sudah cukup oke. Chipset merupakan salah satu penentu performa sebuah perangkat ketika dioperasikan atau ketika dipakai untuk bermain game.

Yang menarik, Realme C20 masih bisa dipakai untuk bermain game-game yang ringan dan menengah, contohnya Mobile Legends bisa dimainkan secara lancar dalam pengaturan grafik high dan mode high frame rate (HFR) aktif.

Berikutnya, PUBG Mobile pun masih dapat dimainkan dalam pengaturan grafik smooth dan framerate medium.

Layar luas

Realme C20 menawarkan layar berdiagonal 6,5 inci. Layar itu sudah cukup luas dan nyaman untuk dipakai menonton video, film, sampai bermain game.

Karena itu, ketika dipakai untuk belajar online, layar perangkat ini pun sudah cukup pas.

Secara detail, spesifikasi layar di Realme C20 yaitu layar berpanel IPS LCD, diagonal 6,5 inci, resolusi 1.600 x 720 piksel, kerapatan piksel 270 ppi, rasio layar ke bodi 80,8 persen.

Kapasitas baterai besar

Realme C20 dilengkapi baterai berkapasitas besar, 5.000 mAh. Baterai itu membuat perangkat ini sanggup dipakai dalam jangka waktu lama. 

Kemudian, perangkat ini juga mmepunyai fitur Super Power Saving Mode. Karena itu, saat daya baterainya sudah 5 persen, mode hemat daya tersebut masih memungkinkan perangkat bisa mengoperasikan YouTube selama 1,29 jam, WhatsApp 1,46 jam, dan Instagram 1,57 jam.

Slot lengkap

Slot di Realme C20 bisa dikatakan lengkap. Perangkat ini dapat menampung dua kartu ukuran nano dan satu kartu microSD untuk memori eksternal.

Untuk kalian yang memiliki dua nomor perangkat, bisa memasukan kartu SIM-nya ke perangkat ini sekaligus. Kedua kartunya pun dapat aktif di waktu bersamaan. Fitur ini sangat pas untuk admin online store yang punya banyak kontak.

Ada port 3.5mm jack

Sama halnya perangkat kelas entry-level lainnya, perangkat ini juga punya 3.5mm jack. Artinya, pengguna bisa menyambungkan earphone atau headphone kabelnya ke perangkat ini.

Harus diketahui, beberapa perangkat mahal atau perangkat kelas flagship mulai menghilangkan port 3.5mm jack. 

Untuk sejumlah orang, hal tersebut menjadi kekurangan sebab tidak dapat menyambungkan earphone atau headphone berkabel.

Kamera mumpuni di kelasnya

Beberapa tech Youtuber sudah melakukan ujicoba kualitas kamera di Realme C20. Walau hanya dibekali satu kamera belakang dengan resolusi 8 MP dan satu kamera selfie 5 MP, ternyata hasil jepretan perangkat ini tidak mengecewakan.

Hasil foto Realme C20 masih bisa memperlihatkan detail di gambarnya. Bahkan, hasil foto Realme C20 tidak terlihat sebagaimana foto yang dijepret di perangkat murah.

Kekurangan

Masih memakai microUSB

Hanya saja, port di Realme C20 masih memakai microUSB. Di tahun 2021, rasanya menjadi sebuah keharusan perangkat dibekali port USB Type-C.

USB Type-C mempunyai beberapa kelebihan. Di antaraya mempunyai kecepatan transfer lebih lebih cepat, kecepatan yang setara dengan USB 3.1. 

Di samping itu, USB Type-C juga punya bentuk yang reversible (bisa dipakai dalam posisi apa pun) dan bisa lebih ringkas mengikuti bodi perangkat yang tipis.

Tidak ada fitur pengisian daya cepat

Walau dibekali baterai yang besar, ternyata Realme C20 tidak didukung fitur pengisian daya cepat. Daya untuk pengisian baterainya yaitu 10 Watt. Artinya, pengguna perangkat ini harus sedikit bersabar untuk mengisi baterainya sampai penuh 100 persen.

Memori internal terbatas

Ketika pertama dirilis, Realme C20 hanya ada dalam satu varian saja, yaitu varian RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. 

Untuk di tahun 2021 ini, memori internal 32 GB termasuk kapasitas memori yang terbatas. Hasilnya, kalian tidak dapat memasang banyak aplikasi dan game menengah ukuran besar di perangkat ini.

Itu tadi artikel mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C20 dari segi spesifikasinya. 

Secara garis besar, perangkat ini membawa beberapa kelebihan sebagaimana chipset mumpuni, layar luas, kapasitas baterai besar, slot lengkap, ada port 3.5mm jack, sampai kualitas kamera yang sudah cukup oke di kelasnya.

Tetapi, perangkat ini juga bukan berarti datang tanpa membawa kekurangan. 

Beberapa kekurangan Realme C20 yaitu di port-nya yang masih memakai microUSB, tidak ada fitur pengisian daya cepat, sampai kapasitas memori internal yang terbatas. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.