Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10S, NFC Ada?

Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10S yang bisa jadi pertimbangan kalian ketika ingin membelinya nanti.

0

Redmi Note 10S dipasarkan dari harga Rp 2.899.000 untuk varian RAM 6 GB dan memori internal 64 GB. Sedangkan, untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB, dibanderol Rp 3.299.000.

Redmi Note 10S rilis tanggal 18 Mei kemarin. Ia bagaikan sengaja diposisikan antara Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro

Baik dari segi harga sampai spesifikasi smartphone Note 10S memang berada di tengah-tengah kedua pendahulunya tersebut.

Untuk segi harga, Redmi Note 10S dipasarkan dari harga Rp 2.899.000 untuk varian RAM 6 GB dan memori internal 64 GB. Sedangkan, untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB, dibanderol Rp 3.299.000.

Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10S yang bisa jadi pertimbangan kalian ketika ingin membelinya nanti.

Kelebihan Redmi Note 10S

Layar berpanel AMOLED

Sama sebagaimana Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro, Redmi Note 10S juga sudah memakai panel layar AMOLED. 

Panel ini mempunyai banyak kelebihan, salah satunya yaitu irit konsumsi daya, bisa menampilkan warna lebih cerah, sampai menyajikan sudut pandang yang lebih baik (masih bisa terlihat jelas meski dilihat dari samping).

Di samping sudah berpanel AMOLED, resolusi layar di Redmi Note 10S juga tinggi, yaitu Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel). 

Pastinya saja dengan resolusi seperti itu, gambar yang ditampilkan di layar jadi lebih tajam daripada layar dengan resolusi HD atau HD Plus saja.

Chipset MediaTek Helio G95

Pada sektor dapur pacu, Redmi Note 10S ditenagai chipset MediaTek Helio G95. Seri G di MediaTek Helio artinya adalah sebuah chipset yang diklaim dirancang untuk bermain game di perangkat kelas entry-level sampai menengah.

Sebagai perbandingan saja, dari ujicoba di channel YouTube Ictfix.net, Redmi Note 10S bisa memainkan game PUBG Mobile dalam pengaturan grafik dan framerate smooth-extreme, balanced-ultra, high-ultra, bahkan HDR-ultra. Ketika dimainkan di pengaturan HDR-ultra, PUBG Mobile masih stabil di kisaran 40 FPS alias lancar.

Ada pilihan memori internal besar

Redmi Note 10S ini memiliki dua varian. Di mana varian tertingginya punya kapasitas memori internal yang besar, yaitu 128 GB dan RAM yang lega, 8 GB.

Sekarang ini, sebuah smartphone butuh memori internal yang besar. Sebab, ukuran file aplikasi dan game semakin lama semakin besar.

Ada NFC

Apabila Redmi Note 10 belum dibekali NFC, maka Redmi Note 10S ini telah dibekali NFC. Fitur ini bermanfaat untuk kalian pengguna e-money atau uang elektronik.

Sebab, berkat NFC pengguna dapat mengecek dan mengisi saldo e-money langsung di smartphone.

Baterai besar

Redmi Note 10S dilengkapi baterai besar 5.000 mAh. Baterai tersebut didukung juga dengan fitur pengisian daya cepat 33 Watt.

Pihak Xiaomi mengklaim, baterai di Redmi Note 10S bisa terisi sampai 54 persen dalam waktu 30 menit saja jika memakai charger berdaya 33 Watt.

Dual-speaker

Pada sektor audio, Redmi Note 10S sudah punya dual speaker atau speaker stereo. Akibatnya, suara yang dihasilkan akan lebih kencang daripada ponsel yang hanya punya satu speaker saja.

Kamera 64 MP

Untuk urusan memotret, Redmi Note 10S dibekali kamera utama 64 MP. Resolusi itu lebih besar dari kamera di Redmi Note 10.

Konfigurasi kamera di Note 10S ini yaitu 64 MP kamera utama lensa wide, 8 MP kamera ultrawide, 2 MP kamera makro, dan 2 MP kamera depth.

Kekurangan

Layar masih 60 Hz

Untuk ponsel di harga Rp 3 jutaan, saying sekali refresh rate layar di Redmi Note 10S masih 60Hz. Padahal, beberapa perangkat lain di harga yang sama ada yang punya refresh rate layar sampai 90 Hz.

Layar dengan refresh rate 90 Hz akan tampak lebih mulus pergerakannya daripada layar dengan refresh rate 60 Hz.

Refresh rate 60 Hz berarti dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 60 kali. Sedangkan, refresh rate 90 Hz berarti dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 90 kali.

Desain yang serupa dengan pendahulunya

Dari segi desain, kalau dibandingkan dengan Redmi Note 10, desain di Note 10S hanya berbeda di ring yang mengitari kamera belakangnya saja, di mana warnanya jadi perak.

Selain itu, desain lainnya sangat identik. Akibatnya, pengguna yang awam akan sulit membedakan mana Redmi Note 10, Redmi Note 10S, atau Redmi Note 10 Pro.

Sensor sidik jari belum di bagian layar

Salah satu kelebihan lain dari layar AMOLED yaitu bisa memakai sensor sidik jari di layar. Hal itu bisa membuat pengguna lebih praktis membuka smartphone yang terkunci.

Tetapi, sensor sidik jari di Redmi Note 10S belum di layar. Sensor sidik jarinya ada di bodi bagian samping, merangkap dengan tombol power. Bagaimana, tertarik meminangnya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.