Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasi Samsung Galaxy M12, Awetkah?

Samsung Galaxy M12 keunggulan dan kekurangan spesifikasinya menarik untuk diketahui. Smartphone Samsung seri Galaxy M ini resmi dirilis di Indonesia kemarin tanggal 2 Mei 2021.

0

Samsung Galaxy seri M dipasarkan mulai dengan harga yang lebih terjangkau. Sebab, perangkat seri M hanya dijual via online.

Setiap perangkat smartphone pasti memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Tentunya ini sangat menarik untuk diketahui saat kalian ingin membeli perangkat smartphone tersebut.

Samsung Galaxy M12 keunggulan dan kekurangan spesifikasinya menarik untuk diketahui. Smartphone Samsung seri Galaxy M ini resmi dirilis di Indonesia kemarin tanggal 2 Mei 2021.

Umumnya, Samsung Galaxy seri M dipasarkan mulai dengan harga yang lebih terjangkau. Sebab, perangkat seri M hanya dijual via online.

Di pasar Tanah Air Galaxy M12 dijual mulai dari harga Rp 1,9 juta untuk varian RAM dan memori internal 3/32 GB. Sedangkan, untuk varian 4/64 GB dibanderol Rp 2,1 juta.

Di bawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M12 untuk kalian sebagai pertimbangan jika ingin membelinya.

Keunggulan Samsung Galaxy M12

Baterai besar 5.000 mAh

Sebagaimana beberapa Galaxy seri M lainnya, Galaxy M12 juga dilengkapi dengan baterai kapasitas besar, yaitu 5.000 mAh. Baterai itu juga telah didukung fitur pengisian daya cepat 15 Watt.

Pihak Samsung mengklain, Galaxy M12 bisa dipakai untuk streaming film nonstop selama 19 jam, dan video call sampai 19 jam.

Kamera belakang lengkap

Untuk perangkat di harga Rp 2 juta saja, Galaxy M12 adalah perangkat mobile dengan konfigurasi kamera belakang yang lengkap.

Untuk mengambil foto pemandangan ada kamera ultrawide, untuk memotret objek dari dekat seperti makanan ada kamera makro, kmeudian untuk membuat foto portrait dengan efek bokeh ada kamera depth.

Detailnya, kamera belakang di Galaxy M12 kamera utama 48MP (f/1.8), kamera ultra wide 5MP (f/2.2, 123°), kamera depth sensor 2MP (f/2.4), dan kamera macro 2MP (f/2.4). Sementara itu, di depan ada kamera selfie 8MP (f/2.2).

Refresh rate layar sudah 90 Hz

Layar di Samsung Galaxy M12 sudah mempunyai refresh rate  90 Hz. Artinya, pergerakan layarnya dapat terlihat lebih mulus daripada layar dengan refresh rate 60 Hz.

Refresh rate 60 Hz artinya dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 60 kali. Sedangkan, refresh rate 90 Hz berarti dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 90 kali.

Bisa memakai microSD hingga 1 TB

Kalian juga bisa menambahkan memori eksternal berupa microSD di perangkat ini sampai 1 TB. Itu artinya, perangkat ini dapat menyimpan banyak file di memori eksternalnya.

Sudah USB Type-C

Port di Galaxy M12 sudah memakai USB Type-C. Port tersebut punya beberapa kelebihan daripada dengan port microUSB.

Kelebihan USB Type-C yaitu mempunyai kecepatan transfer lebih lebih cepat, kecepatan yang setara dengan USB 3.1. 

Di samping itu, USB Type-C juga punya bentuk yang reversible (bisa dipakai dalam posisi apa pun) dan bisa lebih ringkas mengikuti bodi perangkat yang tipis.

Chipset cukup bertenaga

Di sektor dapur pacu, Samsung Galaxy M12 ditenagai Exynos 850. Chipset itu ternyata menawarkan kemampuan cukup bertenaga di kelasnya.

Di Galaxy M12, Mobile Legends bisa dimainkan secara mulus di pengaturan grafik high. Sedangkan utnuk PUBG Mobile, bisa dimainkan di pengaturan grafik smooth-ultra, balanced-ultra, sampai HD-high secara lancar.

Kekurangan

Layar masih berpanel LCD

Panel layar Galaxy M12 masih memakai LCD, belum AMOLED. 

Layar AMOLED bisa memperlihatkan gambar dengan saturasi warna lebih tinggi, lebih irit daya, dan mampu menyajikan sudut pandang yang lebih baik.

Sedangkan panel layar LCD punya tingkat kecerahan yang tinggi sehingga dapat terlihat jelas walau di luar ruangan dan di bawah cahaya matahari, kemudian harganya yang relatif lebih murah daripada AMOLED.

Resolusi HD Plus

Resolusi layar di Galaxy M12 masih HD Plus. Jadi resolusi layarnya tidak akan setajam layar dengan resolusi Full HD. Walaupun, beberapa ponsel pesaingnya yang ada di kisaran Rp 2 jutaan sudah memakai layar beresolusi Full HD.

Berat dan agak tebal

Untuk kalian yang sedang mencari perangkat dengan bodi yang ramping dan ringan, sepertinya Galaxy M12 tidak masuk kriteria. Sebab, bodi ponsel ini termasuk berat dan agak tebal.

Galaxy M12 punya berat 214 gram. Di samping berat, perangkat ini juga punya ketebalan 9,7 mm. Bandingkan dengan perangkat pesaingnya yang punya predikat ponsel ramping, ketebalannya hanya 8 mm saja.

Itu tadi artikel tentang Samsung Galaxy M12 kelebihan dan kekurangan spesifikasinya. Kalian tertarik meminangnya, Gaes?

Leave A Reply

Your email address will not be published.