Kerja Dari Rumah pakai Aplikasi Zoom Cloud Meetings di PC atau Laptop

0

Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah kini semakin marak dilakukan hampir setiap orang karena risiko penularan virus Corona (Covid-19) yang tengah mewabah di Indonesia.

Demi mencegah penularan di tempat umum, akhirnya berbagai perusahaan menerapkan sistem ini pada karyawan mereka.

Kemudian bagaimana caranya kalau kalian mau melakukan meeting seperti hari-hari normal sebelumnya? Jangan panik. Banyak aplikasi video conference yang saat ini bertebaran dan bsia kalian palai, di antaranya adalah Zoom.

Zoom atau Zoom Cloud Meetings ini dapat kalian pakai baik di laptop ataupun smartphone. Terus cara pakai Zoom Cloud Meetings untuk rapat online ini bagaimana? Di sini saya merangkumnya secara jelas dan mudah kalian praktekkan nantinya.

Kuy simak, Gaes!

Cara Pakai Zoom Cloud Meetings di Smartphone dan Laptop

Saat  penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia makin meluas sampai ke daerah-daerah, banyak perusahaan yang sekarang mulai menerapkan sistem bekerja di rumah atau work from home (WFH).

Aplikasi bekerja dari rumah pun akhirnya banyak bermunculan. Salah satu aplikasi yang akan kita bahas di sini adalah Zoom. 

Ia menajdi aplikasi rapat online yang paling banyak dimanfaatkan, karena bisa digunakan secara fleksibel dan lintas platform, mulai dari Android, iPhone, PC, ataupun laptop.

Cara memakainya bagaimana di semua platform tadi? Susah tidak? Tidak kok. Baca lebih lanjut deh.

Cara Pakai Zoom Cloud Meetings di PC atau Laptop

Sebelum kalian mengoperasikan Zoom di PC atau laptop kalian, pastikan dulu  perangkat kalian mendukung untuk melakukan panggilan video. Contohnya, cek kondisi web cam dan microphone pada laptop atau bisa kalian tambahkan perangkat web cam juga headshet untuk kalian yang memakai PC.

Kalian juga bisa menggunakan smartphone Android kalian untuk dijadikan web cam di PC.

Cara mengoperasikan Zoom di PC pada langkah pertama adalah, mengunduh dan memasang aplikasi Zoom Cloud Meetings for PC.

Langkah kedua, kalian pasang aplikasi Zoom Cloud Meetings di PC atau laptop kalian sampai keluar tampilan awal menyapa dengan dua pilihan. Kalian bisa langsung Join a meeting tanpa harus membuat akun Zoom dahulu.

Meski begitu, saya menayraknkan kalian melakukan opsi sign in agar membuat akun akun Zoom dan memudahkan kalian melakukan rapat online di aplikasi ini.

Kemudian langkah yang ketiga, gunakan akun Zoom yang terhubung dengan email kerjaan dengan Sign In with Google. Kalian juga bisa memilih opsi lain, contoh mendaftar dengan email pribadiSign In with Facebook, atau dan Sign In with SSO.

Langkah keempat selanjutnya yaitu, kalian harus menunggu beberapa saat sampai kalian dialihkan ke tampilan awal aplikasi Zoom. Di sini kalian bisa memilih opsi Join untuk bergabung dengan meeting yang sudah ada.

Sst, kalian juga bisa membuat meeting baru dengan ketuk pada opsi New Meeting, Gaes.

Di langkah kelima, Join a Meeting. Ketika kalian memilih opsi Join Meeting, maka kalian harus memasukkan Meeting ID dan nama kalian.

Di samping itu ada juga beberapa pengaturan tambahan, misal Do not connect to audio untuk mematikan suara dan Turn off my video untuk menonaktifkan kamera. Terakhir kalian klik Join.

Langkah keenam, saat kalian memilih opsi New Meeting, saat itu kalian akan dialihkan ke tampilan di jendela rapat yang baru. Langkah ketujuh, nanti kalian di sana bisa memilih opsi Invite menambahkan peserta rapat online lewat pesan email atau link yang bisa dibagikan ke rekan kerja.

Sementara itu, kalian juga bisa membagikan Meeting ID dan Password dengan klik pada ikon “i” pada pojok kiri atas.

Langkah kedelapan, saat teman-teman kalian bergabung dalam ruangan meeting kalian dalam aplikasi Zoom, kalian bisa komunikasi langsung. 

Untuk versi gratisnya, Zoom menyediakan ruangan dengan batas waktu selama 40 menit dengan 16 peserta di dalamnya. Dan ketika kalian ingin keluar atau menyelesaikan meeting, kalian cukup klik opsi End Meeting pada bagian pojok kanan bawah.

Nah, demikianlah sekilas info untuk kalian ketahui bagaimana cara mengoperasikan aplikasi Zoom di PC atau laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.