Keunggulan Teknologi Pertanian Jepang Dari Indonesia

0

Teknologi pertanian Jepang merupakan kunci sukses negara ini dalam menyediakan produk pangan berkualitas terbaik dan berkuantitas banyak. Dengan kondisi tanah yang tidak sebagus Indonesia dan luas lahan pertanian hanya 25% dari total wilayahnya, negara ini tentu punya resep khusus kenapa pertaniannya sangat bagus. Keunggulan Teknologi Pertanian Jepang Dari Indonesia?

Teknologi yang dikembangkan mulai dari penananaman hingga paska panen, merupakan salah satu rahasia hasil pertanian yang optimal di Jepang. Peran pemerintah serta peneliti di Jepang ikut andil dalam kesuksesan mereka saat ini.

Keunggulan Teknologi Pertanian Jepang Dari Indonesia

  1. Rekayasa Genetik Pembibitan Padi

 

  1. Keunggulan Teknologi Pertanian Jepang Dari Indonesia

Jepang memiliki hasil pangan yang berkualitas tinggi tidak luput dari pengembangan mereka di bidang penelitian, khususnya dalam melakukan rekayasa genetika. Meskipun langkah seperti ini sudah mulai berkembang di negara-negara lainnya, tetapi Jepang adalah satu-satunya negara yang berhasil memaksimalkan rekayasa genetik ini.

  1. Mesin Penanaman Padi

 

Di Indonesia sendiri, kita punya Jarwo Transplanter untuk menanam padi. Dan di Jepang memiliki mesin penanam padi canggih yang bernama Rice Transplanter dengan alat ini dapat memudahkan petani dalam menanam padi, selain lebih mudah, mesin yang digunakan mampu memberikan hasil yang rapi. Indonesia sebenarnya sudah mulai mengembangkan mesin serupa, namun belum banyak petani yang menggunakan teknologi yang satu ini.

Keunggulan Teknologi Pertanian Jepang Dari Indonesia, saat ini hampir semua jenis mesin penanam padi di Jepang sudah menerapkan teknologi self- Propulsion Type yang dapat dioperasikan dengan didorong maupun dikendarai tergantung dari jarak alur tanam.

  1. Pemeliharaan Padi

 

Keunggulan Teknologi Pertanian Jepang Dari Indonesia

Sebagian besar petani di Indonesia dalam melakukan perawatan seperti penyemprotan pestisida dan pemberian pupuk dilakukan dengan cara manual dan membutuhkan waktu lama. Hal berbeda ditunjukan oleh para petani Jepang. Di negara ini, pemberian pupuk dan perawatan lainnya hanya dilakukan oleh satu orang dengan bantuan sebuah traktor yang didesain sedemikian rupa. Dengan mesin ini mereka hanya membutuhkan waktu lebih singkat dan mudah dalam perawatan.

  1. Pemanenan Padi

 

Alat pemanen padi bernama Indo Combine Harvester yang sudah ada di Indonesia, alat ini membutuhkan setidaknya tiga orang untuk mengoperasikannya dalam proses memanen. Teknologi dari pertanian Jepang memiliki alat pertanian yang hanya membutuhkan satu orang operator dalam mengoperasikannya. Dengan menggunakan alat ini pekerjaan tentunya lebih maksimal.

  1. Cloud Computing

Keunggulan Teknologi Pertanian Jepang Dari Indonesia

Ternyata selain memanfaatkan peralatan yang canggih, pertanian di Jepang juga memiliki mereka komputerisasi dalam pertanian mereka. Salah satunya adalah dengan penggunaan Cloud Computing. Sistem yang dibuat oleh Fujitsu ini, konon sudah digunakan oleh beberapa instansi pertanian yang beroperasi di Jepang seperti Fukuhara, Shinpuku Seika, Aeon Agri Create dan Sowakajeun.

Cloud Computing merupakan mereka yang dibuat untuk mendeteksi prediksi hujan tingkat kelembaban lingkungan dengan cara meletakan sejumlah sensor di area tanaman. Data yang diterima oleh sensor tersebut di sinkronisasi dalam satu mereka dan dapat dipantau melalui smartphone maupun tablet PC. Dengan teknologi ini, diharapkan mampu meminimalisir terjadinya gagal panen akibat kondisi cuaca Jepang yang tidak terduga, selain itu juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas hasil panen.

Jika teknologi pertanian di Jepang saja bisa melakukannya, maka seharusnya Indonesia pun bisa. Apalagi Indonesia merupakan tanah agraris, teknologi semacam ini harus dikembangkan guna meningkatkan hasil produksi pertanian sehingga tidak perlu melakukan impor dari luar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.