Keyboard Tidak Berfungsi? Ini sebabnya dan Solusinya!

0

Keyboard adalah alat input dan merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki macam-macam tombol yang memiliki fungsinya masing-masing. Tentunya dengan keyboard kamu dapat mengungkapkan dan menuliskan banyak hal di desktop kamu, bermain games, browsing dan banyak hal lainnya

Tanpa papan timbol ini, kamu pasti akan kesulitan dalam melakukan berbagai macam aktivitas diatas. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa penyebab keyboard kamu tidak berfungsi, sehingga kamu mengetahui apa solusi yang cocok untuk penyebab dari masalah tersebut.

Secara umum, penyebab tersebut dapat ditimbulkan karena dua hal:

  1. Permasalahan Software
  2. Permasalahan Hardware

Oleh karena itu cara mengatasi dua permasalahan pun sangat berbeda. Cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mencoba masuk BIOS atau UEFI. Reboot (Restart) perangkat, kemudian tekan tombol khusus sesuai dengan laptop yang kamu gunakan. Tombol tersebut ditampilkan di bagian bawah layar saat proses booting sedang berlangsung. Jika tidak berhasil masuk ke BIOS, maka kemungkinan penyebab nya adalah Hardwarenya.

Berikut solusinya dibagi berdasarkan permasalahannya:

    A. Permasalahan Sofware pada Keyboard

 

 1. Install Ulang/Update Driver Keyboard

Kerusakan pada driver yang tidak cocok dapat menimbulkan masalah yang serius pada software. Oleh karena itu kamu perlu memasang ulang driver keyboard. Pada windows 10, berikut caranya:

  • Klik kanan windows
  • Klik opsi Device Manager
  • Klik dua kali pada Keyboards
  • Klik kanan pada HID Keyboard Device
  • Klik update driver/uninstall device
  • Reboot laptop
  • Lalu pasang ulang driver seperti saat memperbahrui

      2 . Restore Windows

Masalah pada software dapat timbul dikarenakan aplikasi yang baru terpasang. Sebagai solunya kamu perlu mencopot pemasangan aplikasi tersebut, namun jika kamu tidak tahu aplikasi mana yang bermasalah, kamu dapat melakukan restore windows. Pada windows 10. Kamu bisa membuat restore point, yakni cadangan sistem yang dapat kamu gunakan ketika sistem mengalami permasalahan modifikasi saat memasang aplikasi/driver yang baru.

 

    B. Permasalahan Hardware

  • Jika permasalahan pada beberapa tombol, Kamu dapat membersihkan keyboard dari debu/kotoran yang menempel di keyboard, kamu dapat membersihkannya dengan kuas/mesin penyedot khusus
  • Alternatife lain, kamu dapat memasang keyboard eksternal menggunakan USB dengan harga yang terjangkau, atau memanfaatkan aplikasi on-screen keyboatd yang secara default terpasang pada windows 10

Jika memang kedua cara tersebut belum berhasil, kamu dapat membawanya ke tempat service/orang yang ahli.

Semoga berhasil! Sebagai catatan pula “mencegah lebih baik dari mengobati” tentu tidak hanya manusia yang perlu dirawat, namun barang-barang elektronik kita juga perlu dirawat secara berkala.

Terima kasih telah membaca sampai usai, salam teknologi 😊

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.