Kiat Memulai Toko Online Bagi Pemula

Menjalankan toko online agar sukses hanya satu, yaitu membuat setiap transaksi jadi berarti. Hanya saja untuk memperoleh lalu lintas dan menjual produk merupakan satu hal lain yang harus kalian ketahui. 

0

Tidak mungkin sebuah usaha bisa sukses jika kalian sendiri tidak tahu bagaimana cara mempromosikan produk kalian dan cara membuat pelanggan kalian nyaman berbelanja di toko online kalian.

Menjalankan toko online agar sukses hanya satu, yaitu membuat setiap transaksi jadi berarti.

Hanya saja untuk memperoleh lalu lintas dan menjual produk merupakan satu hal lain yang harus kalian ketahui. 

Tidak mungkin sebuah usaha bisa sukses jika kalian sendiri tidak tahu bagaimana cara mempromosikan produk kalian dan cara membuat pelanggan kalian nyaman berbelanja di toko online kalian.

Lalu bagaimana kita-kiat untuk memulai toko online khususnya bagi pemula? Berikut inciannya.

Cek bareng kuy!

Tentukan niche atau ceruk toko kalian

Disney niche merupakan apa yang akan kalian jual dan kepada siapa klaian akan menjualnya. Hanya saja para wirausahawan pemula tidak terlalu memikirkan ceruk pasar mereka sementara sebuah niche bisa mempengaruhi banyak hal. 

Ini meliputi angka penjualan kalian, seberapa besar usaha yang harus kalian lakukan untuk dukungan pelanggan. Dan juga apakah kalian akan mempunyai pelanggan tetap atau tidak.

Memilih produk yang tepat

Mungkin terdengar sepele untuk kalian, hanya saja memilih produk yang tepat untuk dijual sangat penting untuk kesuksesan toko kalian. 

Bukan hanya kualitas produk atau jasa. Ini  hal yang tidak bisa kalian singkirkan, tapi juga bagaimana kalian dapat menarik pembeli dengan tampilan unik dan berbeda di produk atau jasa kalian di antara banyaknya pesaing lain.

Ini disebabkan ketika kalian mendirikan toko online, kalian bersaing dengan sejumlah besar situs yang sangat terkenal yang menjual segala sesuatu misalnya Shopee, Lazada, Zalora dan sebagainya.

Biasanya, kalian akan kesulitan memindahkan produk apabila kalian hanya menjual barang yang sudah banyak ditawarkan di situs seperti itu.

Menggunakan pencarian kata kunci

Memakai penelitian kata kunci untuk membantu kalian menemukan ceruk pasar kalian menjadi cara paling sederhana untuk mengidentifikasi ceruk yaitu dengan memakai alat penelitian kata kunci seperti Semrush untuk menemukan ceruk pasar dan melihat jenis persaingan apa yang beroperasi di pasar tersebut.

Alat penelitian kata kunci memungkinkan kalian tahu berapa banyak pencarian per bulan yang dilakukan untuk berbagai kata kunci.

Hanya saja untuk memperoleh kata kunci kalian sendiri cari tahu apakah sudah ada banyak pengecer yang menjual produk khusus sebagaimana yang kalian jual juga. Bisa jadi orang mungkin sudah mengalahkan kalian dalam niche ini. 

Untuk mengetahuinya, kalian sekarang harus melihat pada kesulitan kata kunci. Ini merupakan skor yang diberikan dalam satu format atau lainnya oleh alat penelitian kata kunci. 

Semakin tinggi skor kesulitan kata kunci, semakin sulit untuk melihat peringkat pencarian untuk nama produk tersebut yang dengan demikian menghasilkan penjualan.

Memilih sumber stok produk jualan

Ada dua pilihan utama yang ditawarkan untuk kalian dalam hal sumber stok yaitu membelinya dari pemasok, menyimpan dan menjualnya kembali, atau pengiriman dropshipping. 

Keuntungan dari opsi pertama yaitu kalian bisa melihat kualitas stok secara langsung, memastikannya diproduksi secara etis, dan membangun hubungan yang baik dengan pemasok.
Pilihan kedua, dropshipping, yaitu metode pemenuhan di mana kalian tidak menyimpan apa yang kalian jual dalam persediaan. Kalian bisa mengambil pesanan, mengirimkannya ke pemasok, dan mereka mengirimkan barang ke klien kalian yang membuat toko kalian berlaku orang tengah. 

Kalian mungkin tidak pernah bertemu atau berhubungan langsung dengan pemasok, dan kalian mungkin tidak akan pernah melihat sebagian besar barang yang kalian jual. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.