Kolaborasi Microsoft dan Google Tingkatkan Manfaat Copy dan Paste Web Browser

Pengguna Windows bisa menyalin dokumen ke clipboard lewat File Explorer dan menempelkannya langsung ke aplikasi web Google Documents tanpa adanya masalah kompatibilitas apa pun.

0

Fitur Copy dan Paste bisa jadi tidak mempunyai manfaat yang signifikan, tapi sejatinya memainkan peran sentral dalam banyak aspek pengalaman komputasi dan penelusuran web.

Sebagai pengguna internet, pasti kalian sudah tidak asing dengan Google dan Microsoft bukan? Yaps. Mereka adalah dua raksasa teknologi yang sangat popular sampai saat ini.

Keduanya kemarin dikabarkan berkolaborasi untuk membangun sebuah set API baru. Set Api ini akan bertugas pada masing-masing browser web mereka yang mempunyai basis Chromium dimana fokus utama yaitu memperluas fungsionalitas fitur copy dan paste.

Sekarang ini, baik Chrome dan Edge hanya mempersilahkan para pengguna untuk menyalin pilihan format file umum antara aplikasi web dan desktop, termasuk jpg, png, HTML, dan beberapa lainnya.

Akan tetapi, dengan API Pickle Clipboard yang baru maka pemakaian copy dan paste dapat segera diperluas kompatibilitasnya pada sejumlah jenis file khusus misalnya .docx (digunakan di Microsoft Word) dan TIFF (format gambar yang terkenal untuk desain grafis).

Apabila diadopsi oleh pengembang, API baru ini bisa melahirkan sebuah skenario di mana pengguna bisa dengan leluasa menyalin file antara aplikasi web progresif (PWA) dan perangkat lunak yang diinstal di Windows, macOS, dan platform seluler.

Contohnya, pengguna Windows bisa menyalin dokumen ke clipboard lewat File Explorer dan menempelkannya langsung ke aplikasi web Google Documents tanpa adanya masalah kompatibilitas apa pun.

Dari dokumen desain yang ditinjau oleh WindowsLatest, API Pickle Clipboard juga akan memungkinkan pengembang untuk membuat format clipboard khusus dan menyediakan tawaran kontrol yang halus atas manfaat copy dan paste.

Menurut Microsoft dan Google seperti dikutips WindowsLatest, di bawah ini adalah kegunaan utama dari clipboard API yang akan datang.

Pertama, izinkan salin atau tempel antara web dan aplikasi asli. Ini tidak akan diatasi oleh browser, yang artinya akan bergantung pada clipboard sistem operasi.

Kedua, pengembang bisa membuat format clipboard khusus. Bsia juga menjaga keamanan atau privasi. Memberikan kontrol halus atas clipboard. Dan dibangun di atas API Clipboard Async yang ada.

Dari ahli Microsoft menyatakan bahwa perubahan ini akan dipakai pada (proyek API Pickle Clipboard) untuk membantu operasi penulisan format khusus.

API baru ini sangat membantu untuk pengembang dan pasti akan manambah pengalaman menjelajah web pengguna.

Contohnya, apabila pengguna memakai aplikasi web seperti SketchUp akan mempunyai akses ke fitur clipboard yang lebih spesifik atau canggih, yang akan manambah keseluruhan pengalaman copy dan paste bagi mereka.

Fitur Copy dan Paste bisa jadi tidak mempunyai manfaat yang signifikan, tapi sejatinya memainkan peran sentral dalam banyak aspek pengalaman komputasi dan penelusuran web.

Sebab itulah  Microsoft sudah lama berusaha untuk memudahkan fitur dalam beberapa bulan terakhir, terutama di Windows 10 dan Edge.

Di bulan Agustus tahun lalu, Microsoft merilis clipboard Windows 10 yang baru dengan panel khusus untuk pemakaian konten multimedia, misalnya emoji dan GIF.

Peningkatan ini juga memperluas kegunaan riwayat clipboard untuk menyertakan gambar dan konten HTML, dan juga teks.

Lalu di akhir tahun, Microsoft mengenalkan peningkatan pada pemakaian Cloud Clipboard, ini akan membuat pengguna untuk menyalin dan menempel item di beberapa perangkat.

Karena itu, pengguna tidak harus lagi menyinkronkan konten clipboard di seluruh perangkat Windows 10 secara eksklusif.

Dengan peningkatan tersebut, pengguna SwiftKey Keyboard untuk Android besutan Microsoft saat ini juga bisa menggunakan manfaat ini.

Di sisi lain, Microsoft Edge baru-baru ini menambahkan opsi Format Tautan yang membuat kalian para pengguna menempelkan konten web sebagai teks biasa.

Hal ini mengabaikan pemformatan yang tidak diinginkan. Sebuah fitur baru yang dikenal dengan nama Shared Links juga sedang mengalami pengujian.

Sesudah aktif, fitur ini akan memberi pengguna akses ke halaman riwayat yang bisa dicari, sehingga lebih mudah untuk mencari kembali konten yang sudah kalian salin dan bagikan.

Itu tadi artikel mengenai kolaborasi Microsoft dan Google untuk meningkatkan manfaat copy dan paste web browser. Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.