Kupas Tuntas Aplikasi Unity

Unity 3D adalah sebuah software engine untuk mengembangkan game dengan genre casual, AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality).

0

Identity dan sebagainya. Bahkan bukan hanya game casual saja, dengan Unity kalian juga dapat membuat game VR.

Kalian suka main game? Biasanya ada beberapa aplikasi yang umum dipakai untuk membuat game. Salah satunya yaitu Unity.

Melalui aplikasi ini, sudah banyak beberapa game populer yang dirilis. Misalnya game layaknya Pokemon Go, Assassin Creed: Identity dan sebagainya. Bahkan bukan hanya game casual saja, dengan Unity kalian juga dapat membuat game VR.

Ingin tahu lebih lengkap sehubungan Unity? Yuk kupas tuntas tentang aplikasi Unity ini bareng. Cekidot!

Mengenal Unity 3D

Unity 3D adalah sebuah software engine untuk mengembangkan game dengan genre casual, AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality).

Hasil game dari Unity 3D ini sifatnya cross-platform. Yang artinya kalian dapat mengumumkan game ke beberapa platform. Misalnya seperti Windows, Android, Mac, iOS, PS3 dan sebagainya.

Nukan hanya membuat desain grafis untuk game, kalian dapat juga menambahkan script untuk memprogramnya. Bahkan dari sisi pengaturan telah disediakan beberapa tools bawaan.

Fitur-Fitur Unity 3D

Unity 3D mempunyai beragam fitur yang mendukung pembuatan game. Mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Di bawah ini ada beberapa fitur Unity.

Physics

Unity 3D didukung langsung oleh NVIDIA, dimana aplikasi ini memiliki built-in PhysX physics engine. Fitur ini membuat Unity punya kemampuan membuat pengaturan real-time simulation cloth di arbitaryskinned meshescollision layers dan thick ray cast.

Tapi kalian harus ingat, fitur ini hanya tersedia di Unity versi 3.0, dimana versi sebelumnya masih didukung Ageia.

Platform yang Didukung

Dengan Unity kalian dapat mengembangkan game yang mendukung banyak platform sekaligus. Mau itu web gamedesktopmobile sampai console.

Misalnya, iOS dan Android, Windows dan Mac, PS4 dan XBOX One, Steam V, dan lain sebagainya.

Render

Untuk rendering game, Unity menawarkan beberapa graphics engine tergantung dari platform yang akan kalian pilih.

Misalnya Direct3D untuk Windows dan XBOX. OpenGL untuk Windows, Linux, Mac, dan PS3. OpenGL ES untuk iOS dan Android. Proprietary APls utnuk Wii.

Di samping itu, Unity juga memiliki beberapa kemampuan rendering tambahan, misalnya screen space ambient occlusion (SSAO), reflection mapping, bump mapping dan lainnya.

 Ringan

Walaupun memiliki banyak fitur, Unity adalah aplikasi yang bisa dikatakan ringan. Kalian dapat memakainya pada PC mid-spec sekalipun.

Hal ini salah satunya disebabkan Unity didesain dengan user interface yang sederhana, dan pengaturan pemograman yang dibuat lebih sederhana.

Text Editor

Unity juga menyediakan text editor untuk menyisipkan script ke dalam game. Untuk kalian yang belum tahu, kegunaan script ini adalah untuk memprogram game. Contohnya memberikan misi, menaruh pesan, dan sebagainya.

Untuk text editor ini, kalian dapat memasukkan UnityScript dalam bentuk JavaScript dan C#. Untuk pembaruan versi 3.0 ke atas, Unity juga sudah menyediakan opsi MonoDevelop.

Kegunaan Unity 3D

Ada bebeapa kegunaan dari aplikasi Unity 3D. Berikut di antaranya.

Membuat Game

Unity adalah aplikasi yang memiliki kegunaan dasar untuk membuat dan mengembangkan game.

Jenis game yang disupport bisa dalam bentuk grafis 2D dan 3D, menyesuaikan keinginan dari developer, dan platform yang ingin dituju.

Membuat AR

Di samping game casual, sekarang ini Unity juga sudah bisa digunakan untuk membuat AR (Augmented Reality).

AR ini singkatnya adalah teknologi yang diprogram secara real time untuk menggabungkan dunia nyata dan digital dengan sensor.

Sederhananya, kalian dapat mencoba game Pokemon Go. Game ini mengharuskan kalian untuk melangkah di dunia nyata agar dapat menggerakan karakternya.

 VR

Unity juga berguna untuk membuat VR (Virtual Reality), dimana secara garis besar, konsep VR ini hampir sama dengan AR.

Hanya saja kalian akan merasakan seperti masuk ke dalam dunia digital melalui alat khusus. Di console dan Android, game VR sendiri sudah jadi trending saat ini.

Salah satu ciri game yang menggunakan engine dari Unity, yaitu ada icon Unity ketika game tersebut baru dibuka (walaupun memang tidak semua).

Unity ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk kalian yang ingin coba membuat game.

Di samping ringan, interface-nya yang simpel juga membuatnya mudah digunakan untuk pemula. Kalian dapat mendesain berbagai jenis game, sampai yang kompleks sekalipun. Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.